Logo BeritaSatu

Bisnis Online Melesat di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 10 Februari 2021 | 21:07 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah industri besar seperti pariwisata menurun dratis. Namun di satu sisi, bisnis online justru menjamur. Contohnya saja pakaian, makanan dan minuman, gaya hidup, dan pendidikan online.

Salah satunya adalah Menhefari yang yang meraih sukses dari usahanya karena sudah cukup lama fokus pada bidang tersebut. Ia telah memiliki beberapa toko online karena menyakini bakal booming dan prediksinya sekarang terbukti.

Ia memulai dengan membangun situs web untuk pihak lain yakni jasa pembuatan website. Lelaki kelahiran Koto Anau, Sumatera Barat 39 tahun lalu itu mengakui banyak hadapi suka duka berbisnis terkait internet. Namun Menhefari tak kenal menyerah memulai bisnisnya secara online dan wajib melek dunia teknologi informasi.

Menjual website sudah ditekuninya sejak 2005 dan ia berhasil menjual 1.500-an website ke berbagai negara. Yang terbanyak dari Rusia dan Amerika. Namun, pendiri Dimensi (Digital Marketing Enthusiast Indonesia) merasa berat melakoninya karena perbedaan waktu yang membuatnya memutuskan untuk berhenti jualan website dan berjualan produk fisik untuk pasar lokal Indonesia.

Dia pun harus mulai dari awal dengan menjadi dropshipper di beberapa marketplace lalu pindah ke platform Facebook dengan berjualan produk sendiri berupa jam tangan atau arloji. Platform pertama yang ia gunakan adalah Facebook dan kini ia sudah memakai aneka platform termasuk Google dan TikTok.

“Faktor sukses saya memilih mitra ekspedisi terbaik. Pada awal pandemi, saya sempat menghentikan kegiatan toko sementara, tetapi kemudian berlanjut apalagi ada pilihan mitra ekspedisi yang sangat membantu kelancaran usaha online saya,” ujar dia.

Pilihan jatuh pada JX Indonesia yang memberikan banyak kemudahan bagi pengiriman barang-barang toko online-nya. Ada tiga hal yang bermanfaat buat lelaki yang juga dikenal sangat dermawan karena sering membantu orang lain membuka usaha atau memulai bisnis baru.

Ketiga manfaat itu adalah, JX Indonesia memberikan layanan COD (cash on delivery), pengambilan barang secara gratis (free pick up) dan tentunya mampu mengantar barang ke seluruh Indonesia.

“Saya sudah pernah pakai semua jasa pengiriman yang ada, namun saya melihat JX Indonesia mampu memberikan yang saya butuhkan dalam proses pengiriman dan pengantaran barang ke konsumen saya dan dukungannya adalah yang terbaik,” paparnya.

Dengan sistem COD juga tidak memengaruhi cash flow-nya, karena JX mampu menjaga kelancaran pembayaran. Omzet Menhefari malah menunjukkan tanda-tanda peningkatan selama menggunakan JX, karena komplain keterlambatan kirim atau antar berkurang.

“JX Indonesia bagi saya adalah mitra ekspedisi terpercaya. Pakai COD kan, tandanya kita mengandalkan asas kepercayaan, banyak detail yang harus diperhatikan, nah JX itu jelas dan sangat detail mengurus sistem COD-nya,” Menhefari menandaskan hal ini berulang kali.

Sementara CEO JX Indonesia, Junaidi berterima kasih karena Menhefari mempercayakan bisnis online pada jasa ekspedisinya. Bahkan sekarang semakin banyak pebisnis online yang bergabung dengan mereka. Diakui sangat mudah bergabung dengan melakukan registrasi di www.j-express.id/business-register.

“Selama periode Januari sampai Maret, kami melakukan promo #SERBU atau ongkos kirim serba Rp 6.000 untuk pengiriman ke seluruh Indonesia di kota-kota tertentu dan gratis pengambilan barang,” ucap Junaidi.

JX Indonesia sangat menghargai Menhefari, karena selain berbisnis, lelaki ini juga sangat peduli dengan komunitas pebisnis online. Melalui komunitas bisnis online-nya Dimensi yang sudah beranggotakan 8.000 orang, Menhefari tak pernah berhenti berbagi ilmunya. Pebisnis online pemula pasti banyak mendapat pelajaran darinya melalui webinar atau wadah lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ambisius, RHB Sekuritas Targetkan Masuk Peringkat 10 Besar

PT RHB Sekuritas Indonesia sebagai anak perusahaan dari RHB Investment Bank, memiliki misi menjadi salah satu dari 10 sekuritas terbaik di Indonesia.

EKONOMI | 26 September 2022

Heboh Minuman Berpemanis Kena Cukai? Ini Kata Kemenkeu

Askolani menyampaikan, pemerintah berencana untuk mengenakan cukai terhadap minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK).

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: Kepemilikan Asing di SBN Tinggal 14,70%

Sri Mulyani mengungkapkan, porsi kepemilikan asing terhadap surat berharga negara (SBN) per 22 September 2022 tinggal 14,70%.

EKONOMI | 26 September 2022

Bank Universal BPR Bawa Pulang Lima Penghargaan Sekaligus

Bank Universal BPR berhasil menyabet lima penghargaan sekaligus dalam ajang 13th BPR Awards 2022, di The Stone, Bali.

EKONOMI | 26 September 2022

Ekonomi Makin Kuat, Penerimaan Pajak Tercatat Tumbuh 58,1%

Sri Mulyani menegaskan, penerimaan pajak hingga Agustus 2022 mencapai Rp 1.171,8 triliun atau 78,9% dari target Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: APBN Surplus Rp 107,4 Triliun Per Agustus 2022

"APBN kita juga dalam kondisi surplus Rp 107,4 triliun dibandingkan tahun lalu yang defisit Rp 383,1 triliun," kata Sri Mulyani.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani Sebut Realisasi BLT BBM Capai Rp 6,2 Triliun

Sri Mulyani menyebutkan, realisasi BLT BBM telah disalurkan sebesar Rp 6,2 triliun kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per 16 September 2022.

EKONOMI | 26 September 2022

ABM Group Rampungkan Proses Pembelian 30 Persen Saham GEMS

ABM Group melakukan penyelesaian proses pembelian 1.764.705.900 saham atau setara 30 persen saham di PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: Dana Pemda Mengendap di Bank Rp 203,42 Triliun

Sri Mulyani menyampaikan, tingginya saldo dana pemda di perbankan disebabkan belum optimalnya realisasi belanja daerah sampai dengan Agustus 2022.

EKONOMI | 26 September 2022

PP Properti Bayar Lunas Utang Jatuh Tempo Rp 2,5 Triliun

PT PP Properti Tbk (PPRO) berhasil melunasi utang jatuh tempo di tahun 2022 sebesar Rp 2,5 triliun, yang terdiri dari obligasi, MTN, dan perbankan.

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings