Logo BeritaSatu

2020, Pemerintah Tingkatkan Kompetensi 901.177 Tenaga Kerja

Kamis, 11 Februari 2021 | 13:25 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan selama 2020 telah meningkatkan kompetensi 901.177 orang melalui pelatihan vokasi, pemagangan, pelatihan produktivitas, dan sertifikasi kompetensi.

"Dari jumlah tersebut, 749.307 orang menjalankan sertifikasi kompetensi, 121.049 orang mengikuti pelatihan vokasi, 19.475 orang pemagangan di industri, dan 11.346 orang mengikuti pelatihan produktivitas," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam konferensi pers pada Rabu (10/2/2021).

Advertisement

Pengembangan kualitas tenaga kerja tidak bisa lepas dari Balai Latihan Kerja (BLK). Pada 2020 Kemnaker telah membangun 1.014 BLK komunitas di seluruh Indonesia. Sebelumnya di tahun 2019 Kemnaker melakukan pembangunan 988 BLK komunitas, bila dikumulatifkan dari tahun 2017 sampai tahun 2020 Kemnaker telah membangun 2.127 BLK komunitas. “Kalau kita lihat sebarannya merata dari Sabang sampai Merauke, tidak hanya terkonsentrasi di satu atau dua pulau, “ucap Ida.

Ia mengatakan melalui program pendirian BLK komunitas 2020, lembaga penerima bantuan BLK komunitas akan menerima bantuan pembiayaan pembangunan satu unit gedung workshop dan bantuan peralatan pelatihan vokasi untuk satu kejuruan. Kemnaker juga melakukan pembangunan BLK komunitas berbasis agama, baik Islam, Kristen, maupun agama yang lainnya. Khusus dalam agama Islam, pembangunan BLK komunitas dilakukan di pesantren agar tidak terjadi kesenjangan kompetensi.

Menurutnya, penyebaran BLK komunitas difokuskan untuk komunitas keagamaan. Namun mulai pertengahan 2020, Kemnaker memperluas cakupan melalui peran komunitas Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB). Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi para pekerja/buruh serta kesejahteraan pekerja dan keluarganya. "Melalui peran serikat pekerja ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi anggota pekerja serta keluarganya yang pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran," ucap Ida.

Ida mengatakan pemerintah terus melakukan transformasi BLK sebagai balai pelatihan vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing diharapkan di tingkat nasional dan internasional. “Kami tidak main-main dan akan bekerja keras untuk meningkatkan transformasi BLK agar bisa bersaing tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional,” ucap Ida.

Kemnaker akan menjalankan sejumlah kegiatan dalam melakukan transformasi BLK. Pertama, melakukan reformasi kelembagaan untuk meningkatkan kinerja organisasi BLK yang lebih inovatif dan transformatif. Kedua, revitalisasi sarana dan prasarana untuk meningkatkan kapasitas fasilitas dan keterjangkauan BLK. Ketiga, redesain pelatihan untuk merespons tantangan ketenagakerjaan lokal, nasional, dan internasional.

Pada tahun 2020 ini pemerintah juga melakukan dua langkah baru yaitu relationship dan rebranding. “Kami tahu persoalannya adalah link and match maka dibutuhkan relationship yang bagus Tentu saja kami akan melakukan rebranding agar masyarakat memiliki ketertarikan dan BLK akan dipercaya publik,” ucap Ida.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

ASEAN dapat menjadi episentrum atau pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar dan level global.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyak Goreng Minyakita Sudah Mulai Menghilang di Pasaran

Sejumlah pedagang pun mulai mengeluhkan hilangnya Minyakita di pasaran, lantaran minyak goreng murah program pemerintah itu laris diburu masyarakat.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Bahaya Vape Mengincar, Mendag Kendalikan Impor Alat Pendukungnya

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan pengendalian impor vape dan alat penunjang lainnya.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita dan Curah di Makassar Langka Sepekan Terakhir

Minyak goreng (migor) subsidi dengan merek Minyakita, mulai langka di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sepekan terakhir.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Jobubu Jarum Minahasa Bidik Laba & Pendapatan Naik 50%

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) optimistis pada 2023 pendapatan dan laba tumbuh hingga 50%.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Waskita Catat Kontrak Baru Rp 20 Triliun, Mayoritas dari IKN

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) membukukan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 20,23 triliun sampai akhir tahun 2022.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Sandiaga Uno Dorong UMKM Manfaatkan TikTok untuk Jualan

Menurut Sandiaga, saat ini banyak platform digital atau media sosial yang mampu mendorong produk pelaku ekraf dan UMKM naik kelas. Salah satunya TikTok

EKONOMI | 29 Januari 2023

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Simak, Tips Main Aman Investasi Kripto

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif di sepanjang Januari 2023 ini, setelah sempat turun beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita Langka, Mendag Janji Perbaiki Jalur Distribusi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berjanji akan memperbaiki sistem distribusi sehingga Minyakita tidak mahal.

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

EKONOMI | 32 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE