Menkeu: Capital Inflow Mengalir ke Indonesia
Logo BeritaSatu

Menkeu: Capital Inflow Mengalir ke Indonesia

Selasa, 16 Februari 2021 | 15:50 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini capital inflow mulai balik ke negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

“Dan, Indonesia termasuk salah satu destinasi yang sangat kuat. Tantangan kita adalah bagaimana capital inflow dan interest ini bisa masuk ke area yang produktif dan sustain,” kata Menkeu saat memberikan keterangan pers usai diperkenalkan Presiden Jokowi sebagai Ketua ex-officio Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) di Istana Merdeka, Selasa (16/2/2021).

Selain Menkeu, juga diperkenalkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai anggota ex officio INA beserta anggota INA, Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

Sementara itu, direksi INA terdiri atas Ridha Wirakusumah (Direktur Utama), Arief Budiman (Wakil Direktur Utama), Stefanus Ade Hadiwidjaja (Direktur Investasi), Marita Alisjahbana (Direktur Risiko), dan Eddy Purwanto (Direktur Keuangan).

Menkeu berharap capital inflow tidak masuk pada instrumen atau tempat investasi yang bersifat short term dan vulnerable, sehingga tidak menimbulkan capital outflow apabila terjadi suatu perubahan.

“Nah, komitmen jangka panjang investasi ke Indonesia butuh kerja keras kita sendiri, pemerintah atau pelaku usaha untuk menjadi local partner yang reliable. Inilah letak SWF akan didesain menjadi partner lokal yang kredibel dan reliabel sehingga investor masuk dan nyaman menghadapi kepastian,” jelas dia.

Di sisi lain, Menkeu enggan menyebutkan rate of return. “Saya tidak akan sampaikan pada hari ini. Itu nanti every transaction has their own uniqueness. Setiap transaksi memiliki keunikan. Namun ada kesamaan yang pasti, setiap transaksi harus memberikan nilai tambah,” katanya.

Ia menyebutkan, capital inflow yang masuk melalui INA pada akhirnya akan dialokasikan untuk pembangunan Indonesia.

Aset-aset yang akan dikerjasamakan baik yang selama ini dimiliki pemerintah secara langsung atau dalam bentuk kekayaan negara yang dipisahkan, rambu-rambunya sudah ada dan tertuang dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 atau PP Nomor 74 Tahun 2020.

“Dan, nilai tambah itulah yang kita ingin tingkatkan melalui management dan involvement dari SWF dan investornya. Jadi, tidak akan saya sampaikan mengenai transaction by transaction dan berapa rate of return-nya. Tapi for sure, ini adalah suatu tantangan bagaimana menciptakan value added dari aset-aset,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kendaraan di Atas 1.500 cc Juga Berpeluang Dapat Relaksasi PPnBM

Pemerintah akan memberikan insentif fiskal berupa penurunan tarif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPNBM) untuk kendaraan bermotor.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Backdoor Listing Dinilai Jangan Rugikan Investor dan Negara

Tender wajib (tender offer) sebenarnya merupakan mekanisme yang bagus untuk melindungi kepentingan investor yang tidak setuju dengan backdoor listing.

EKONOMI | 16 Februari 2021

INA Bakal Dipercaya Investor Asing dan Domestik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Indonesia Investment Authority (INA) akan memperoleh kepercayaan investor baik domestik maupun asing.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Integrasi BUMN untuk Ultra Mikro Dorong Daya Saing Korporasi

Integrasi usaha BUMN untuk Ultra Mikro (UMi) dan UMKM diyakini bakal mendorong korporasi peserta integrasi memiliki daya saing lebih tinggi.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Kempupera Pastikan Huntap di Palu Siap Dihuni

Warga terdampak gempa Palu sudah bisa menikmati hunian tetap (Huntap) yang dibangun Kempupera.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Hadir dalam Enam Varian, Ini Harga Pajero Sport Terbaru

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya meluncurkan Mitsubishi New Pajero Sport untuk pasar Indonesia.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Rupiah Ditutup Melemah Capai Rp 13.930 Per Dolar AS

Rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 13.872- Rp 13.936 per dolar AS.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Meski Asing Lepas Saham Rp 378 Miliar, IHSG Ditutup Naik ke 6.292

Investor asing mencatat jual bersih (net sell) di semua pasar sebesar Rp 378,9 miliar.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Anak Usaha J Resources Asia Pasifik Lunasi MTN Rp 300 Miliar

PT J Resources Nusantara (JRN) telah melunasi Medium Term Notes (MTN) IV Tahap I sebesar Rp 300 miliar pada 16 Februari 2021.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Potential Loss Relaksasi PPnBM Capai Rp 2,3 Triliun

Relaksasi PPnBM diharapkan akan mendorong daya beli masyarakat menengah bawah.

EKONOMI | 16 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS