SCI Apresiasi ASDP Buka Rute Pelayaran LDF Melalui Patimban
Logo BeritaSatu

SCI Apresiasi ASDP Buka Rute Pelayaran LDF Melalui Patimban

Selasa, 16 Februari 2021 | 16:32 WIB
Oleh : Theresa Desfika / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi pembukaan jalur pelayaran baru, seperti yang dilakukan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang membuka tiga rute pelayaran ferry jarak jauh (long distance ferry/LDF) pada Januari 2021. Ketiga rute itu adalah Patimban-Panjang, Patimban-Pontianak, dan Patimban-Banjarmasin.

"Dari sisi angkutan logistik, pembukaan jalur-jalur pelayaran baru itu diharapkan menjadi alternatif pengiriman barang antar wilayah di Indonesia yang dapat lebih menjamin ketersediaan stok dan mengurangi disparitas harga barang/komoditas serta efisiensi pengiriman bahan baku dan produk industri," kata Chairman SCI dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Selain oleh perusahaan BUMN, lanjut dia, jalur pelayaran baru juga dibuka oleh perusahaan swasta yaitu SPIL (PT Salam Pacific Indonesia Lines) yang membuka rute langsung Jakarta-Bangka mulai 4 Februari 2021. Bangka menjadi cabang ke-42 perusahaan itu.

Namun, Setijadi menyatakan, perlunya integrasi transportasi laut, proses kepelabuhanan, dan transportasi hinterland. Para pengguna akan mempertimbangkan efisiensi transportasi secara end-to-end.

"Berdasarkan data dari Pelni dan INSA (Indonesian National Shipowners Association), transportasi laut hanya berkontribusi sekitar 19%. Sementara biaya kepelabuhanan sekitar 31% dan transportasi hinterland sekitar 50%," ungkap Setijadi.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, penetapan lintas LDF, khususnya Patimban-Panjang, melalui Pelabuhan Patimban yang dilayani ASDP bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar serta dimensi dan volume muatan kendaraan yang menyalahi ketentuan. Selain itu, layanan LDG ini diharapkan mengurangi tingkat polusi udara dari emisi gas buang angkutan jalan.

“Hal ini juga untuk memperlancar distribusi logistik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sekitarnya karena Pelabuhan Patimban memiliki peran strategis dalam pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Barat juga secara nasional,” jelas Budi.

Selain itu, Budi berharap pada operator pelabuhan untuk memberikan pelayanan prima dengan menjaga ketepatan jadwal keberangkatan dan sandar kapal serta kecepatan pelayaran untuk menumbuhkan demand angkutan.

“Dengan kehadiran lintas penyeberangan Patimban- Panjang semoga dapat mendorong pertumbuhan dan pelayanan sektor lainnya seperti industri dan perdagangan di wilayah Provinsi Jawa Barat, Lampung, dan sekitarnya serta memberikan multiplier effect pada perekonomian di Jawa Barat dan Lampung,” ucap Budi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemdes PDTT Tingkatkan Kompetensi Pendamping Desa

Kemdes PDTT terus meningkatkan kompetensi para pendamping desa.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Per 16 Februari, Dana Desa Sudah Tersalur Rp 1,6 Triliun

Pemerintah terus mempercepat penyaluran Dana Desa untuk mendorong pembangunan dari desa.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Menkeu: Capital Inflow Mengalir ke Indonesia

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini capital inflow mulai balik ke negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Kendaraan di Atas 1.500 cc Juga Berpeluang Dapat Relaksasi PPnBM

Pemerintah akan memberikan insentif fiskal berupa penurunan tarif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPNBM) untuk kendaraan bermotor.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Backdoor Listing Dinilai Jangan Rugikan Investor dan Negara

Tender wajib (tender offer) sebenarnya merupakan mekanisme yang bagus untuk melindungi kepentingan investor yang tidak setuju dengan backdoor listing.

EKONOMI | 16 Februari 2021

INA Bakal Dipercaya Investor Asing dan Domestik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Indonesia Investment Authority (INA) akan memperoleh kepercayaan investor baik domestik maupun asing.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Integrasi BUMN untuk Ultra Mikro Dorong Daya Saing Korporasi

Integrasi usaha BUMN untuk Ultra Mikro (UMi) dan UMKM diyakini bakal mendorong korporasi peserta integrasi memiliki daya saing lebih tinggi.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Kempupera Pastikan Huntap di Palu Siap Dihuni

Warga terdampak gempa Palu sudah bisa menikmati hunian tetap (Huntap) yang dibangun Kempupera.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Hadir dalam Enam Varian, Ini Harga Pajero Sport Terbaru

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya meluncurkan Mitsubishi New Pajero Sport untuk pasar Indonesia.

EKONOMI | 16 Februari 2021

Rupiah Ditutup Melemah Capai Rp 13.930 Per Dolar AS

Rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 13.872- Rp 13.936 per dolar AS.

EKONOMI | 16 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS