Logo BeritaSatu

Barata Indonesia Tambah Portofolio Proyek Hidromekanikal

Kamis, 18 Februari 2021 | 20:11 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FMB

Surabaya, Beritasatu.com - PT Barata Indonesia (Persero) menambah daftar portofolio proyek hidromekanikal dengan rampungnya proyek Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang hari ini (18/2/2021) diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama Barata Indonesia, Fajar Harry Sampurno, mengatakan bahwa Barata Indonesia akan terus mendukung upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional. Hal ini sejalan dengan filosofi bisinis perseroan FEW+ (Food, Energy, Water), di mana pengelolaan sumber daya air merupakan hal penting dalam rangka mendukung produksi pangan yang berkelanjutan.

Rampungnya Bendungan Tapin di Kalsel tersebut akan menambah daftar panjang portofolio Barata Indonesia di bidang hidromekanikal. Selain proyek bendungan itu, ada sejumlah proyek hidromekanikal yang telah dan sedang dikerjakan Barata Indonesia. Di antaranya adalah Rehabilitasi Bendung Pasar Baru di Tangerang, Rehabilitasi Pintu Air Kedung Semat (Jepara), Bendungan Ubrug (Jatiluhur), Bendungan Gerak Sembayat (Gresik), Bendungan Kuningan (Jawa Barat), Bendungan Tanju dan Mila (NTB), Bendungan Passaloreng (Sulsel), Bendungan Gerak Bojonegoro (Jatim) Bendungan Jabung (Waysekampung) dan Margatiga (Lampung), Bendungan Tigadihaji Martapura (Sumsel) dan Bendungan Karian (Lebak) dengan produksi radial gate terbesar di Indonesia.

"Barata melalui kompetensi Divisi Sumber Daya Air akan terus mendukung penuh proyek pekerjaan hidromekanikal tanah air, bahkan hingga sisi tersiernya dalam upaya mengembangkan PLTA,” kata Harry, Kamis (18/2/2021).

Harry menjelaskan, proyek Bendungan Tapin merupakan proyek sinergi BUMN yang melibatkan KSO Brantas Abipraya-Waskita Karya dan Barata Indonesia. Dalam proyek Hidromekanikal itu, Barata berperan menyelesaikan beberapa pekerjaan mulai engineering, fabrikasi mekanikal, elektrikal, erection hingga commisioning.

Bendungan Tapin memiliki kapasitas 70,52 juta meter kubik (m3) dan akan mengairi lahan seluas 5.472 hektar di Kabupaten Tapin. Keberadaan bendungan ini diharapkan dapat menyediakan air baku untuk wilayah rantai sebesar 500 liter per detik, mereduksi banjir hingga 107 m3 per detik.

Selain itu, Bendungan Tapin juga memiliki manfaat yang tak kalah penting lainnya, yakni sebagai fasilitas untuk konservasi air (ground water recharge), destinasi wisata di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin, dan sumber air untuk PLTA sebesar 3,30 MW.

”Kami mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam proyek ini dan berharap Bendungan Tapin ini dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” tutur Harry.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022

Penyesuaian Tarif Penyeberangan Tingkatkan Kualitas Layanan

Dirjen Hendro berharap, dengan adanya penyesuaian tarif penyeberangan operator kapal lebih meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

EKONOMI | 29 September 2022

Blended Finance Tingkatkan Akses Pembiayaan infrastruktur

Pendanaan campuran (blended finance) efektif meningkatkan akses pembiayaan infrastruktur karena memobilisasi pendanaan sektor swasta dan pemerintah.

EKONOMI | 29 September 2022

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Kebijakan pembangunan infrastruktur era Presiden Jokowi merupakan solusi meningkatkan daya saing ekonomi.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Perluas Akses Keuangan di Daerah Melalui TPAKD

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperluas akses keuangan masyarakat di daerah, melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

EKONOMI | 29 September 2022

Ini Asumsi Makro APBN 2023 yang Disepakati Pemerintah dan DPR

Defisit APBN 2023 disepakati sebesar Rp 598,2 triliun atau 2,84% dari total PDB 2023 yang mencapai Rp 21.037 triliun.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Beberkan Bukti APBN Sudah Dikelola Efektif

Sri Mulyani menegaskan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menjaga defisit APBN relatif rendah dan menurun secara cepat.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Resesi Makin Rumit, Seperti Apa?

Menurut Sri Mulyani, inflasi yang sangat tinggi telah mendorong respons kebijakan moneter terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Tangani Sampah Makanan, NFA Dorong Kolaborasi Lintas Sektor

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menyerukan kolaborasi lintas sektoral untuk penanganan sampah makanan atau food waste di Indonesia.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Minta Multifinance Lebih Hati-hati Menyongsong 2023

Hampir semua indikator perekonomian global dan domestik berpotensi menurun, sehingga berdampak pada stabilitas dan pertumbuhan industri multifinance.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings