Kempupera Gandeng Bank Mandiri Salurkan Dana Program BSPS di Gorontalo
Logo BeritaSatu

Kempupera Gandeng Bank Mandiri Salurkan Dana Program BSPS di Gorontalo

Minggu, 21 Februari 2021 | 22:17 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Gorontalo, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (kempupera) tahun 2021 kembali menggandeng Bank Mandiri sebagai penyalur dana Program Bantuan Stimukan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Gorontalo. Jumlah dana yang akan disalurkan untuk masyarakat penerima Program BSPS di Gorontalo totalnya sebesar Rp 22,5 miliar.

Direktur Jenderal Perumahan Kempupera, Khalawi Abdul Hamid, mengatakan, program BSPS merupakan bagian dari pelaksanaan Program Sejuta Rumah yang dilaksanakan oleh Kempupera. Program Sejuta Rumah sebagai salah satu program strategis nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015 lalu perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari masyarakat, asosasi pengembang, pihak swasta, perbankan, dan industri terkait lainnya.

“Kami berharap Program BSPS ini akan dampak yang lebih besar kepada masyarakat terutama kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan kualitas rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni. Selain itu, kami juga berharap dengan Program BSPS, jumlah rumah tidak layak huni di berbagai provinsi di Indonesia dapat berkurang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Sulawesi I, Hujurat menyatakan, untuk pelaksanaan Program BSPS Tahun Anggaran 2021 Provinsi Gorontalo mendapat alokasi tahap pertama berjumlah 1.260 unit yang terbagi di lima Kabupaten/Kota.

“Total anggaran yang dikucurkan untuk Program BSPS di Provinsi Gorontalo senilai Rp 22,5 miliar,” ujar Hujurat beberapa waktu lalu.

Penunjukkan Bank Mandiri sebagai bank penyalur dana Program BSPS, imbuhnya, dikarenakan pada tahun lalu bank tersebut dinilai memiliki hasil evaluasi kinerja yang baik di lapangan.

Tahun ini Bank Mandiri kembali di tunjuk sebagai bank penyalur Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Gorontalo, ini berdasarkan evaluasi kinerja dari Satker yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2020.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilaksanakan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Elvira R. Monayo, dengan perwakilan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Gorontalo, Tony Yudha Wibowo. Tampak hadir dalam kegiatan penandatanganan kerja sama tersebut Kepala Seksi Wilayah II Nur Ali dan Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Alwi Mahdali.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 tahun 2018 tentang BSPS diperlukan mekanisme penyaluran dana bantuan melalui bank penyalur, jadi setiap tahunnya diadakan pemilihan untuk Bank penyalur BSPS.

“Kami berharap pelaksanaan program BSPS di Gorontalo bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga target untuk membantu masyarakat meningkatkan kualitas rumahnya bisa terselenggara dengan baik,” harapnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Penjualan Mobil Diperkirakan Kembali Normal Pertengahan 2021

Pertengahan 2021, pertumbuhan penjualan mobil diperkirakan mencapai titik normal 80.000 unit per bulan dari saat ini sekitar 50.000 unit.

EKONOMI | 21 Februari 2021

Jadi Ikon Ekspor Baru, Kementan Fokus Pacu Ekspor Sarang Burung Walet

Saat ini baru ada 23 pelaku usaha yang dapat mengekspor ke Tiongkok dan sebanyak 13 lagi tengah didampingi agar volume dan nilai ekspornya meningkat.

EKONOMI | 21 Februari 2021

Konsumen Sambut Positif Relaksasi PPnBM Mobil Baru

Dari 3.000 pembicaraan yang dijadikan analisa tersebut 72% yang menyambut positif kebijakan tersebut memiliki pandangan yang beragam.

EKONOMI | 21 Februari 2021

Telkom Siagakan Petugas Guna Pastikan Layanan Tetap Berjalan Normal serta Siapkan Posko Bantuan untuk Masyarakat

Terkait dengan curah hujan yang sangat tinggi yang menyebabkan terjadi banjir di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya

EKONOMI | 21 Februari 2021

Penuhi Ekspektasi Tinggi Konsumen, YLKI Minta ASDP Selalu Inovatif

YLKI meminta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan penyeberangan dan pelabuhan yang terintegrasi.

EKONOMI | 21 Februari 2021

Usai Akuisisi IFL, Kinerja ICBP Masih Punya Potensi Meningkat

Saham di sektor barang konsumen yang berada di bawah naungan Grup Salim.

EKONOMI | 21 Februari 2021

49 Peraturan Pelaksana UU Cipta Kerja Diterbitkan

Secara keseluruhan aturan turunan yang menjadi implementasi UU Cipta Kerja akan ditetapkan sebanyak 49 PP dan 5 Perpres.

EKONOMI | 21 Februari 2021

Ekonom: 6 Faktor Ini Akan Membantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

PPKM tidak menjadi halangan bagi pelaku ekonomi untuk tidak melakukan aktivitas ekonomi.

EKONOMI | 21 Februari 2021

UU Cipta Kerja Diharapkan Tingkatkan Upah Layak Awak Kapal Perikanan

Jumlah nelayan berkurang dari 2,7 juta orang pada tahun 2019 menjadi 2,2 juta orang pada tahun 2020.

EKONOMI | 21 Februari 2021

Siapkan Capex Rp 300 M, Lautan Luas Pasang Target Moderat

Capex digunakan perseroan untuk memperkuat bisnis industri bahan kimia dasar yang digunakan pada water treatment dan industri makanan.

EKONOMI | 21 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS