Logo BeritaSatu

Pekan Ini, Harga SUN Diperkirakan Menguat

Senin, 22 Februari 2021 | 10:25 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Harga Surat Utang Negara (SUN) pada pekan ini diperkirakan bergerak menguat seiring tingginya tingkat ketidakpastian pasar akibat pandemi dan obligasi negara AS (US Treasury). Adapun imbal hasil pada tenor 10 tahun diproyeksikan pada rentang 6,2% sampai 6,25%.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Indonesia Ramdhan Ario Maruto menjelaskan, dampak vaksinasi Covid-19 saat ini masih belum sesuai ekspektasi pasar. "Kondisi ini meningkatkan ketidakpastian," kata dia kepada Investor Daily, belum lama ini.

Meski demikian, lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang akan digelar dalam waktu dekat masih menjadi instrumen investasi yang menarik lantaran suku bunga acuan yang rendah dan likuiditas perbankan masih tinggi.

Untuk diketahui pada 23 Februari pemerintah Indonesia berencana menggalang dana untuk memenuhi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui surat berharga negara syariah (SBSN). Adapun target indikatif yang diincar Rp 12 triliun yang dibagi dalam enam seri yakni SPN-S bertenor 10 Agustus 2021, PBS027 15 Mei 2023, PBS017 15 oktober 2025, PBS029 15 Maret 2034, PBS004 15 februari 2037 dan PBS028 dengan jatuh tempo 15 Oktober 2046. “Dalam lelang kali ini, dana yang masuk berpotensi mencapai Rp 20 triliun, dengan seri bertenor pendek akan didominasi perbankan serta seri bertenor panjang akan diambil dana pensiun dan asuransi,” ujarnya.

Secara terpisah Head of Economics Research Pefindo Fikri C Permana mengatakan, secara fundamental imbal hasil SUN saat ini masih memberikan prospek cerah berkisar 6,5% hingga 6,7%. Menurutnya, penguatan mata uang rupiah dapat menjadi harapan meningkatkan harga surat utang dan menurunkan yield, di samping rendahnya suku bunga.

Sedangkan sentimen global yang pengaruhi pergerakan harga surat utang yakni kemampuan membayar negara-negara yang mengalami perlambatan ekonomi akibat Covid-19. Hal tersebut mempengaruhi pertimbangan investor. “Dana yang masuk bisa mencapai Rp 20 sampai Rp 25 triliun, mengingat lelang SBSN para investor konvensional juga dapat memiliki instrumen ini berkat underlying yang lebih pasti sehingga meminimalkan risiko,” kata dia.

Menurut dia, seri di bawah 5 tahun akan menjadi pilihan dari investor perbankan untuk menghindari mismatch cash flow instrument seri panjang. Selain itu, perbankan memiliki struktur pembiayaan yang sama seperti pada produk deposito dan lainya. Sedangkan dana pensiun dan asuransi akan jadi pilihan dana pensiun. “Menariknya, Bank Indonesia (BI) juga berpotensi masuk pada SBSN sebagai upaya burden sharing pada seri jangka panjang. Hal ini juga menjadi kepentingan dari BI untuk menurunkan imbal hasil pada semua tenor,” paparnya.

Sementara Associate Director of Research and Investment Pilarmas Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, imbal hasil SBSN untuk rentang 5 tahun berkisar 5,05% – 5,15% dengan potensi menurun. Kemudian 10 tahun pada rentang 6,60% hingga 6,70%, 15 tahun pada 6,20% – 6,35% dan 20 tahun berkisar 6,70% sampai 6,85%.

Dia memperkirakan, total penawaran yang masuk berkisar Rp 25 triliun sampai Rp 40 triliun. Seri obligasi jangka pendek akan lebih digemari untuk meredam volatilitas pasar. Namun, tidak menutup kemungkinan obligasi jangka panjang juga akan dipilih untuk memaksimalkan keuntungan. “Tetap berhati-hati dan lakukan strategi yang tepat ditengah volatilitas yang kian meninggi. Buy and hold merupakan sebuah pilihan,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Dorong Pemerintah Optimalkan Peran 8 Juta Diaspora

Ketua VII Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan, besarnya jumlah diaspora harus dioptimalkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 24 September 2022

Citi Dinobatkan sebagai Bank Manajemen Kas Global Terbaik

Citi Global Instant Payments menyediakan konektivitas ke lebih dari 30 skema pembayaran instan, menjangkau lebih dari 60 negara pada kuartal II-2022.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelatih Timnas Curacao Sebut Indonesia Tampil Bagus

Pelatih Timnas Curacao Sebut Indonesia Tampil Bagus

BOLA | 24 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings