XL Axiata Gandeng Bakti Dukung Layanan Internet untuk Bumdes
Logo BeritaSatu

XL Axiata Gandeng Bakti Dukung Layanan Internet untuk Bumdes

Senin, 22 Februari 2021 | 15:47 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjalin kerja sama fasilitas layanan internet bagi Bumdes (Badan Usaha Milik Desa).

Melalui kerja sama ini, XL Axiata akan memberikan layanan ISP (Internet Service Provider) kepada dua Bumdes yaitu Bumdes Gerbang Lentera di Semarang dan Bumdes Bumi Dipasena Jaya di Tulang Bawang, Lampung.

Chief Enterprise dan SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, melalui kerja sama ini, XL Axiata turut mendorong percepatan pembangunan ekonomi digital dengan melakukan berbagai macam pelatihan guna memasarkan produk secara digital sehingga bisnis dapat menyasar kepada pasar yang lebih luas lagi. Selain itu pihaknya juga berharap ke depannya kerjasama ini akan menyasar lebih banyak Bumdes di Indonesia.

"Kedua Bumdes akan menerima layanan internet dari XL Axiata sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Penyaluran dan pemanfaatan layanannya pun sepenuhnya akan digunakan masing-masing Bumdes baik untuk mendukung proses usaha, bisnis dan pendidikan,” kata Feby, Senin (22/2/2021).

Direktur Layanan Telekomunikasi Informasi untuk Badan Usaha Bakti Kemkominfo, Dhia Anugrah Febriansa menambahkan, dampak dari pandemi Covid-19 telah dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk di pedesaan.

Minimnya akses internet yang memadai, kata dia, berdampak terhadap lambatnya daya serap masyarakat baik dari sisi perekonomian, pendidikan, hingga sektor lainnya.

“Kerja sama ini hadir dalam bentuk layanan internet dari XL Axiata bagi Bumdes melalui ISP (Internet Service Provider). Untuk itu, kami senantiasa memfasilitasi dan memberikan peluang bagi semua pihak yang ingin bekerja sama mendukung percepatan pertumbuhan berbagai sektor di pedesaan,” ujar Febriansa.

Sementara, Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Nugroho Setyo menjelaskan, kerja sama Bumdes dengan ISP akan menjamin keberlanjutan keberadaan infrastruktur dan jaringan internet.

Selain itu pada saat yang bersamaan Bumdes dapat berperan sebagai centre of digital learning bagi masyarakat desa yang akan mempercepat terbentuknya ekosistem digital di desa secara umum dan secara khusus mendorong proses produksi hingga pemasaran yang lebih efisien.

“Selama tiga tahun ke depan, XL Axiata akan menyediakan layanan internet yang secara khusus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh kedua Bumdes dan masyarakat setempat dalam mengembangkan usahanya,” jelas Setyo.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sambut Relaksasi KPR, Apersi Targetkan Bangun 150.000 Rumah

Suku bunga perbankan yang rendah dan kebijakan pemerintah, akan memudahkan pengembang membangun rumah lebih banyak lagi.

EKONOMI | 22 Februari 2021

BI Minta Perbankan Segera Turunkan Suku Bunga Kredit

Juda menegaskan, seharusnya penurunan suku bunga acuan yang dilakukan BI, segera diikuti oleh suku bunga kredit perbankan.

EKONOMI | 22 Februari 2021

Kempupera Bangun Rusun ASN di Bengkulu

Menurut Khalawi, masih banyak ASN di daerah yang belum memiliki hunian layak.

EKONOMI | 22 Februari 2021

Harga Bitcoin Meroket, Tesla dan Microstrategy Raup Cuan Triliunan

Sampai dengan Senin (22/2/2021), harga bitcoin sudah mencapai Rp 851 juta.

EKONOMI | 22 Februari 2021

Punya RPA Baru, WMU Siap Genjot Produksi 10 Kali Lipat

Rumah potong Ayam (RPA) yang terletak di Wonogiri, diproyeksikan mampu memotong 50,4 juta ekor per tahun.

EKONOMI | 22 Februari 2021

Relaksasi Kredit Mobil dan Rumah Bisa Tingkatkan Konsumsi 0,5%

Konsumsi di sektor kendaraan bermotor dan properti bisa kembali meningkat untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

EKONOMI | 22 Februari 2021

PLN Pulihkan 99% Listrik Pelanggan di Jakarta

Adapun wilayah yang saat ini masih terdampak yaitu di sebagian wilayah Kemang, Kantor LIPI, Warung Buncit, Kalimalang dan sekitarnya.

EKONOMI | 22 Februari 2021

Sandiaga: I Gede Ardika Punya Sumbangsih Besar terhadap Pariwisata Indonesia

Sandiaga mengungkapkan mendiang Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gede Ardika telah memberikan sumbangsih bagi perkembangan pariwisata.

EKONOMI | 22 Februari 2021

Pecahkan Rekor, Penjualan ORI019 Capai Rp 26 Triliun

Hasil penjualan ORI019 memecahkan rekor penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online.

EKONOMI | 22 Februari 2021

Presiden Jokowi Lantik Pejabat BPJS Kesehatan-Ketenagakerjaan

Presiden melantik Direktur dan Dewas dua BPJS.

EKONOMI | 22 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS