DP Nol Rupiah Properti Berdampak pada 170 Industri Terkait
Logo BeritaSatu

DP Nol Rupiah Properti Berdampak pada 170 Industri Terkait

Rabu, 24 Februari 2021 | 21:13 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) telah menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 3,50%. Selain itu, BI juga melonggarkan rasio loan to value/financing to value (LTV/FTV) kredit properti menjadi paling tinggi 100% untuk semua jenis properti.

"Kebijakan baru dari BI diharapkan menggairahkan pertumbuhan ekonomi nasional dan bisa menjadi angin segar untuk mendongkrak pertumbuhan properti yang sedang mengalami stagnasi di tengah pandemi," jelas Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam keterangan tertulisnya Rabu (24/2/2021).

Marine menambahkan bahwa kebijakan penurunan BI7DRR dan DP rumah nol rupiah bisa memberikan pengaruh positif terhadap sektor properti khususnya sub-sektor perumahan atau apartemen. Hal ini juga mendongkrak 170 industri terkait.

Menurutnya, yang paling penting diperhatikan dalam pelaksanaan kebijakan ini adalah perbankan harus selalu menjaga prudence, memperhatikan profil risiko debitur, dan kolateral.

Menurut Marine, keluarnya dua kebijakan baru BI tersebut sesuai hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021 dimana responden menyatakan keinginannnya agar pemerintah mengeluarkan kebijakan di tengah pandemi agar bisa menurunkan angsuran kredit kepemilikan rumah (KPR) dinyatakan oleh 85% responden, sementara 67% responden mengemukakan harapan agar pemerintah bisa menurunkan besaran uang muka."Selain itu ketidakmampuan membayar uang muka memang menjadi hambatan konsumen atau kesulitan yang dihadapi ketika mengambil KPR," ungkap Marine.

Membayar uang muka KPR memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian konsumen, oleh karena itu berbagai strategi dilakukan untuk mempersiapkan uang muka pembelian properti. Sebagaimana hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021, mayoritas atau sekitar 59% responden menyatakan mereka mulai menabung sebelum mencari rumah. Sedangkan 25% responden menyatakan mulai menabung setelah memperkirakan biaya untuk membeli rumah. Sementara 11% responden mulai menabung setelah memutuskan properti yang akan dibeli dan 5% responden meminta dana dari orangtua maupun keluarga untuk membayar uang muka.

Marine menjelaskan bahwa penurunan BI7DRR menjadi 3,75% pada Q4 2020 lalu telah mendorong turunnya suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Secara kuartalan, masing-masing suku bunga kredit mengalami penurunan sebesar tiga dan dua bps, menjadi masing-masing 8,32%.

“Penurunan suku bunga KPR dan KPA memang belum sebesar penurunan BI7DRR. Meski demikian, kita sudah melihat upaya bank yang menurunkan suku bunga KPR sebesar 15 bps pada Juli hingga Oktober, dimana pada saat itu BI7DRR stagnan di 4%. Kita berharap bank terus melakukan penyesuaian suku bunga KPR dan KPA apalagi dengan adanya penurunan BI7DRR menjadi 3,5% dan kebijakan DP Rumah Nol Persen," ujarnya.

Sementara Rumah.com sebagai portal properti ditunjuk sebagai penyedia teknologi untuk pameran properti virtual bertajuk Anniversary BTN Solusi Properti Expo. "Rumah.com menghadirkan teknologi seperti tur virtual dan sistem sales terintegrasi sehingga memungkinkan Bank BTN menghimpun 71 pengembang dan memudahkan pencari rumah memilih hunian," kata dia.

Dalam program Anniversary BTN Solusi Properti Expo yang akan berlangsung pada 27 Februari hingga 31 Maret 2021 mendatang, Bank BTN menawarkan suku bunga rendah sebesar 4,71% menyusul pengumuman penurunan suku bunga acuan BI menuju rekor terendah.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

UOB Indonesia Dorong Bauran Energi Baru Terbarukan Lewat Pembiayaan Bunga 0%

PT UOB Indonesia menjadi salah satu bank pelopor pembiayaan untuk energi baru terbarukan di sektor swasta. Dengan adanya pembiayaan untuk energi baru terbarukan hingga ke segmen rumah tangga, target pemerintah untuk menekan emisi karbon bisa tercapai sesuai tenggat waktu

EKONOMI | 24 Februari 2021

Mandiri Sekuritas Targetkan Investor Ritel Tumbuh 50%

Tren pertumbuhan investor ritel tetap berlanjut.

EKONOMI | 24 Februari 2021

Perbaikan Konsumsi Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional di 2021

Komponen konsumsi rumah tangga menyumbang 57,31% terhadap perekonomian nasional.

EKONOMI | 24 Februari 2021

Di PP 7/2021, Perizinan UMKM Hanya Butuh Waktu 2-3 Jam

Undang-undang Cipta Kerja telah memberi dukungan penuh pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 24 Februari 2021

Sistem OSS Berbasis Risiko Diimplementasikan Mulai 2 Juni

BKPM akan segera mengimplementasikan sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko yang merupakan acuan untuk proses perizinan berusaha.

EKONOMI | 24 Februari 2021

Pegadaian Gandeng LinkAja Perkuat Ekosistem Digital

Pegadaian berkomitmen untuk dapat menghadirkan ekosistem digital inklusif yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

EKONOMI | 25 Februari 2021

Anggoro Eko Cahyo: Siap Kelola Dana BPJamsostek dengan Penuh Integritas

Direksi BPJamsostek akan kelola dana BPJamsostek dengan penuh integritas.

EKONOMI | 24 Februari 2021

Kebijakan DP 0% Bawa Angin Segar untuk Sektor Properti

Tren suplai dan permintaan properti selama tahun 2020 mengalami fluktuasi yang cukup signifikan.

EKONOMI | 24 Februari 2021

Dana Kelolaan BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp 480 Triliun

BPJS Ketenagakerjaan juga berhasil membukukan hasil investasi sekitar Rp 36 triliun.

EKONOMI | 24 Februari 2021

Aspeparindo Gencarkan Digitalisasi Perparkiran

Digitalisasi perparkiran dinilai memberikan manfaat bagi pengelola.

EKONOMI | 24 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS