Logo BeritaSatu

Wika Gedung Garap 5 Proyek di Wilayah Timur

Kamis, 25 Februari 2021 | 13:58 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FMB

Surabaya, Beritasatu.com - PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) tahun ini tengah mengerjakan lima proyek, baik swasta maupun pemerintah, di wilayah Indonesia timur.

Project Manager Operasi II Wika Gedung, Gito Susanggoro mengatakan, pihaknya cukup optimistis dengan sektor jasa konstruksi gedung tahun ini terutama di wilayah Operasi II yang meliputi Jawa Timur, Bali, Sulawesi dan wilayah timur lainnya, karena penerapan protokol kesehatan yang ketat serta dukungan aturan pemerintah.

Dampak pandemi pada sektor jasa konstruksi diakuinya sangat terasa saat awal pandemi berlangsung, karena banyak proyek harus berhenti.

“Nah, di 2021 ini kondisinya mulai meningkat, karena dengan protokol kesehatan yang sudah terbiasa dan aturan pemerintah juga mendukungnya, sedikit demi sedikit sudah mulai berangsur ada peningkatan. Berbeda dengan tahun 2020 seperti ada semacam shock teraphy,” kata Gito di sela acara pengalihan proyek apartemen Kyo Society di Surabaya, Rabu (24/2/2021).

Gito mengungkapkan, selama pandemi ada sesuatu yang baru di lingkungan pekerjaan proyek konstruksi yang telah mengubah karakter pekerja. Sebab, dengan protokol kesehatan mereka harus melakukan kebiasaan yang sebelumnya tidak diterapkan secara ketat, seperti pengetesan suhu badan, jaga jarak atau physical distancing, mencuci tangan, dan menggunakan masker saat melakukan pekerjaan konstruksi.

“Namun, secara keseluruhan pandemi tidak terlalu berpengaruh terutama dalam hal perlambatan proses pengerjaan proyek, karena kita juga sudah mengatur waktu dan shift para pekerja pada malam dan siang hari,” ujarnya.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Wika Gedung tetap mengerjakan beberapa proyek saat awal pandemi 2020 lalu. Di antaranya adalah proyek sekolah Universitas Ciputra, RS untuk Covid-19 di Lamongan, dan renovasi RS untuk kebutuhan Covid-10 milik Universitas Airlangga.

Wika Gedung yakin tahun ini akan mampu melaksanakan lima proyek swasta dan pemerintah, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN. Salah satu proyek swasta adalah proyek apartemen Kyo Society yang nilai proyeknya mencapai Rp 139 miliar. “Kita punya waktu 30 bulan akan mengerjakan struktur bangunan dan arsitekturnya,” terang Gito.

Selain apartemen Kyo Society milik Tanrise Property di Surabaya tersebut, ada juga beberapa proyek gedung lainnya, yakni milik Univeristas Islam Negeri (UIN) Makasar, Tanggap Darurat di Mamuju, gedung di Malang dan proyek rumah tinggal untuk TNI yang ada di Jatim dan beberapa wilayah di Indonesia timur.

“Kami juga sedang punya rencana, sudah ada MoU untuk pekerjaan rumah tinggal TNI, merata di Jatim, ada tim yang sudah melakukan persiapan seperti di Manado dan Malang. Kita mulai kerjakan Maret atau April nanti,” terang Gito.

Tahun ini Wika Gedung untuk wilayah timur menargetkan nilai kontrak bisa mencapai Rp 3 triliun atau lebih tinggi dari target tahun 2020 lalu sebesar Ro 2 triliun dan terealisasi Rp 1,8 triliun.

“Kami cukup optimistis dengan sektor jasa konstruksi gedung tahun ini,” tandas Gito.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hey Coco Ajak Pelanggan Jadi Mitra

Hey Coco, produsen air minum dengan bahan dasar air kelapa dari Thailand, mengajak pelanggan menjadi mitra bisnis.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit usaha rakyat (KUR) diharapkan menyentuh petani kecil. Pasalnya, selama ini KUR dinilai tidak menyentuh petani kecil.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

KHE Gandeng Sumitomo Garap Proyek PLTA Rp 270 T di Kaltara

PT Kayan Hydro Energy (KHE) menggandeng Sumitomo Corporation, pada proyek pembangunan PLTA di Kalimantan Utara (Kaltara) senilai US$ 17,8 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

OJK Perkuat Tiga Aspek Perlindungan Konsumen di Era Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau pelaku usaha terus menjaga dan meningkatkan aspek perlindungan konsumen di era digital.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Telkom Dukung Digitalisasi Pendidikan di Daerah 3T

Telkom menyerahkan bantuan berupa perangkat device, network, application ke 321 sekolah di seluruh Indonesia terutama yang berada di wilayah 3T.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Survei Indikator: 80% Masyarakat Indonesia Belum Punya NPWP

Mayoritas responden dari survei Indikator Politik Indonesia menyatakan belum mempunyai nomor pajak wajib pajak (NPWP), yakni sekitar 80%.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

TransNusa Mulai Terbang Jakarta-Bali-Yogyakarta

TransNusa lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 WIB pagi dari Soekarno-Hatta dan mendarat di Yogyakarta pukul 09.25 WIB.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lesti Kejora Diisukan Akan Umrah untuk Tenangkan Diri

Lesti Kejora Diisukan Akan Umrah untuk Tenangkan Diri

NEWS | 57 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings