Ini 6 Sektor Prioritas Pengembangan Koperasi dan UMKM
Logo BeritaSatu

Ini 6 Sektor Prioritas Pengembangan Koperasi dan UMKM

Jumat, 26 Februari 2021 | 15:51 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Agus Santoso mengungkapkan, Kementerian Koperasi dan UKM telah menetapkan sektor-sektor yang menjadi prioritas dalam pengembangan koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan menggunakan pendekatan klaster atau komoditas unggulan.

Adapun sektor-sektor yang menjadi prioritas dalam pengembangan kemitraan koperasi dan UMKM yaitu bidang makanan dan minuman, pertanian, perkebunan dan peternakan, tekstil dan produk fashion, pariwisata berbasis wisata alam, perikanan, dan industri (ekonomi kreatif, jasa dan alat kesehatan/APD).

"Pendekatan yang kita bangun adalah klaster atau komoditas unggulan dengan lima rencana kegiatan aksi,” kata Agus Santoso dalam webinar Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Peningkatan Daya Tahan UMKM, Jumat (26/2/2021).

Rencana aksi yang akan dilakukan yaitu digitalisasi koperasi dan UMKM, pembangunan koperasi yang terintegrasi dengan perhutanan sosial, pembangunan trading house, pembangunan sentra pemasaran produk UMKM di daerah, dan juga pengembangan database UMKM.

Mengutip ucapan Menkop UKM Teten Masduki, Agus menegaskan, kebangkitan koperasi dan UMKM merupakan kunci pemulihan ekonomi. Untuk menghubungkan sisi hulu dan hilir, pemerintah memberikan pendampingan dan pelatihan UMKM, serta perbaikan proses bisnis UMKM untuk terhubung dalam rantai pasok dan transformasi ke formal.

"Ini yang sebetulnya kita ingin garis bawahi, agar semua ekosistem UMKM itu harus dibangun dengan klaster, produknya masuk ke rantai pasok global, sehingga Indonesia ini membangun pembiayaan walaupun kecil-kecil, tetapi masuk dalam satu global value chain financing. UMKM ini kita kita dampingi untuk dapat perizinan supaya mereka bisa masuk ke formal. Mereka yang bersatu padu kemudian kita masukan dalam satu wadah koperasi, sehingga mempunyai wadah yang merupakan legal formal untuk bisa bersaing dengan perusahaan badan hukum lainnya,” kata Agus.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IHSG Ditutup Melemah 0,76%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,76% ke 6.241,8 pada akhir perdagangan hari ini, Jumat (26/2/2021).

EKONOMI | 26 Februari 2021

Siloam Clinic Akan Beroperasi di Jakarta Garden City

Layanan dan fasilitas kesehatan Siloam Clinic, akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah tersedia di Jakarta Garden City (JGC).

EKONOMI | 26 Februari 2021

Modernland Cilejit Targetkan Serah Terima Unit Kuartal II 2021

Sejak mulai dikembangkan pada tahun 2019 lalu, hingga saat ini sudah banyak progres pembangunan yang terlihat di lokasi proyek Modernland Cilejit.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Telkomsel Tuntaskan Pengalihan 6.050 Menara ke Mitratel

Secara keseluruhan, terdapat 6.050 menara telekomunikasi senilai Rp 10,3 triliun yang secara resmi telah dialihkan dari Telkomsel ke Mitratel.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Avana Gandeng Wiranesia Genjot Daya Saing Produk UMKM Lokal

Avana Indonesia mengadakan inkubasi kewirausahaan digital bersama Wiranesia dalam rangka mengembangkan kemampuan pengusaha lokal.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Tol Cinere-Serpong Seksi I Siap Operasional Triwulan II 2021

Hingga 23 Februari 2021 secara keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere telah mencapai 93,932%

EKONOMI | 26 Februari 2021

Tiga Pilar Lakukan Pembenahan Internal Manajemen

Perdagangan saham perseroan kembali dibuka oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada September 2020.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Grant Thornton Sarankan Investor Pemula Banyak Belajar soal Investasi

Grant Thornton Indonesia melihat banyaknya investor baru ini patut menjadi perhatian, terlebih lagi dengan munculnya fenomena pom-pom dimana saham dipompa.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Kemdes PDTT Gandeng Ekosis Dorong Kesejahteraan Pelaku Agribisnis

Kolaborasi Kemdes PDTT dengan Ekosis akan dilakukan dari berbagai aspek, mulai dari akses pasar, standarisasi produk, hingga logistik.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Kompetisi MOFP untuk Wadah Berkarya Desainer Muda

Kemenperin RI melihat peluang pasar bagi pelaku industri fesyen Muslim nasional untuk mampu mengisi pasar domestik maupun global.

EKONOMI | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS