Pemprov Jateng Gandeng Mbizmarket Luncurkan Jateng Blangkon
Logo BeritaSatu

Pemprov Jateng Gandeng Mbizmarket Luncurkan Jateng Blangkon

Jumat, 26 Februari 2021 | 18:25 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Semarang, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) berkolaborasi dengan Mbiz dalam memanfaatkan platform perdagangan elektonik B2B (business to business e-commerce) Mbizmarket melalui program Jateng Blankon (Jawa Tengah Belanja Toko Online) untuk pengadaan barang dan jasa, dengan nilai belanja maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi.

Pemanfaatan platform B2B e-commerce ini merupakan standar prosedur di lingkungan pemerintah, untuk memenuhi kebutuhan barang/jasa pemerintah, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Kami sangat senang dan bangga terpilih untuk mendukung Pemprov Jateng untuk melakukan transformasi digital pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah," kata CEO Mbiz, Rizal Paramarta, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/2/2021).

Rizal menjelaskan, selain menghadirkan infrastruktur teknis untuk dukungan transaksi pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa, Mbiz berharap dapat membantu pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Jawa Tengah, dengan membuka jaringan pasar secara nasional.

"Kami juga berharap juga dapat membantu mendukung penyaluran modal ke berbagai UMKM di Jawa Tengah melalui fitur layanan pinjaman yang ada di platform Mbizmarket, yang sudah dinikmati manfaatnya oleh banyak UMKM sejak tahun lalu," jelasnya.

Rizal menambahkan, selama masa pandemi, Mbiz dan Mbizmarket mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan, dan mencatat kinerja penjualan dua kali lipat dibanding tahun 2019. Kenaikan angka penjualan tersebut didorong dari keberhasilan Mbiz dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan dari berbagai perusahaan swasta dan juga pemerintah provinsi daerah.

"Tentunya, kerja sama Mbizmarket dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini diharapkan dapat direplikasi oleh pemerintah provinsi lain di tanah air," tambah Rizal.

Sementara itu, Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Jawa Tengah, Ir Yuni Astuti MA, mengungkapkan, program Jateng Blangkon merupakan internalisasi perubahan budaya kerja menuju digitalisasi pengadaan barang/jasa, dengan tujuan memberikan kemudahan dan perluasan usaha kepada usaha kecil mikro dan koperasi dalam pasar pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Jateng Blangkon juga diharapkan mendorong UMK Go Digital, menjadikan pengadaan lebih inklusif, meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, memanfaatkan marketplace dalam Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (PBJP), dan yang tidak kalah penting meningkatkan transparansi dan akuntabilitas PBJP," ungkapnya.

Menurut Yuni, kabupaten/kota di Jawa Tengah juga diharapkan dapat melakukan digitalisasi pengadaan dengan nilai sampai dengan Rp 50 juta per transaksi melalui marketplace.

"Kami mengapresiasi kerja sama pemanfaatan platform e-marketplace Mbizmarket dalam upaya mendorong pengadaan barang/jasa pemerintah ke depan melalui digitalisasi untuk mewujudkan pengadaan barang jasa yang mudah, cepat efisien dan akuntabel," imbuhnya.

Selanjutnya, tambah Yuni, platform e-marketplace Mbizmarket diharapkan dapat menjadi solusi berbagai hambatan proses pengadaan barang/jasa pemerintah selama ini. "Tujuannya, untuk mengurangi kerja adminsitratif yang kurang produktif dan mewujudkan visi Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pembangunan Empat Bendungan di Jatim Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Kempupera melalui Ditjen Sumber Daya Air ditargetkan untuk menyelesaikan pembangunan empat bendungan di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2021.

EKONOMI | 26 Februari 2021

TaniFund dan BRI Kerja Sama Salurkan Kredit Rp 200 Miliar

TaniFund, platform peer-to-peer (P2P) lending yang bergerak dalam pembiayaan sektor agrikultur dan pangan, resmi bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Forum MNC dan AGNO Diikuti Investor Global 125 Negara

MNC Group Investor Forum 2021 ini bertujuan untuk menjadi ajang pertemuan yang bermanfaat bagi emiten maupun investor.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Sebanyak 36.283 Debitur Dapat Keringanan Bayar Utang ke Negara

Untuk memulihkan ekonomi nasional pemerintah telah menggulirkan Program Keringanan Utang.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Sediakan Jasa Kebersihan, Bukalapak Gandeng KliknClean

Bukalapak, salah satu platform e-commerce di Tanah Air menjalin kerja sama dengan KliknClean dalam menyediakan jasa kebersihan bagi para pengguna di Tanah Air.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Mendag: Indonesia Siap Hadapi Gugatan Uni Eropa di WTO

Mendag Indonesia siap memperjuangkan dan menempuh berbagai upaya untuk membela posisi Indonesia terhadap gugatan Uni Eropa terkait bahan mentah.

EKONOMI | 26 Februari 2021

PLN Tambah Serapan Gas Bumi untuk Pembangkit Listrik

PLN dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersinergi menambah serapan gas bumi.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Pedagang Besar dan Eceran Paling Terdampak Pandemi

UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak pandemic Covid-19.

EKONOMI | 26 Februari 2021

13 CEO Raih Penghargaan Best CEO 2020

Pandemi telah menimbulkan krisis multidimensi yang membawa perubahan sangat cepat di berbagai tata cara kehidupan dan bisnis.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Hati-Hati Fenomena Pom-Pom dan FOMO di Kalangan Investor Pemula

Grant Thornton Indonesia melihat banyaknya investor baru patut menjadi perhatian, terlebih lagi dengan munculnya fenomena pom-pom.

EKONOMI | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS