Ketahanan Energi Terjaga Seiring Produksi Kilang Pertamina
Logo BeritaSatu

Ketahanan Energi Terjaga Seiring Produksi Kilang Pertamina

Senin, 1 Maret 2021 | 13:35 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – PT Pertamina (Persero) sepanjang 2020 melakukan berbagai upaya untuk mencapai target operasional termasuk kinerja kilang. PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) berhasil merealisasikan target penyerapan crude & produk intermediate untuk diolah di kilang Pertamina lebih tinggi 7,3% dari target tahun 2020. Termasuk produk kilang yang dihasilkan untuk dikonsumsi naik sebesar 11,5%.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, keberhasilan PT Pertamina melalui anak usaha PT KPI merupakan hasil kerja keras manajemen. "Pencapaian PT KPI sebagai keberhasilan manajemen KPI, beserta dengan jajarannya," kata Mamit dalam keterangan yang diterima Senin (1/3/2021).

Apalagi jajaran di bawah manajamen PT KPI memahami untuk meningkatkan produksi kilang, sehingga target yang dipatok bisa terealisasi. "Hal ini didukung dengan mulai berjalannya program-progran kilang yang sudah direncanakan seperti kilang Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Refinery Unit (RU) IV Cilacap," jelas Mamit.

Selain itu, dengan kondisi pandemi Covid-19 di 2020, manajemen dan jajaran tetap bisa mengoptimalkan produksi dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang diterapkan PT KPI. Padahal, tantangan mengelola kilang di tengah pandemi cukup sulit. "Kilang sebagai aset besar Pertamina sekaligus penunjang keuangan harus bisa lebih efisien dalam operasional," ungkapnya.

Mamit mengatakan pencapaian kinerja kilang berdampak positif dalam mendukung ketahanan energi nasionak, karena adanya kepastian penyediaan BBM dalam negeri.

"Ke depan, saya kira program Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina merupakan upaya menjaga ketahanan energi nasional kita. Melalui program ini, kemampuan kilang akan semakin besar dalam memproduksi bahan bakar minyak dengan berbagai macam crude oil," ujar Mamit.

PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) sepanjang tahun 2020 berhasil merealisasikan target penyerapan crude & produk intermediate untuk diolah di kilang Pertamina lebih tinggi 7,3% dari target tahun 2020. Dari total pengolahan crude dan intermediate di Kilang, PT KPI dapat menghasilkan persentase hasil produk utama kilang yang dapat dikonsumsi masyarakat lebih tinggi hingga hampir 4% di atas target. Produk Kilang Pertamina di antaranya Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Kerosene, Avtur, Solar & Biosolar, Dexlite, Pertadex, Polypropylene, Paraxylene dan Benzene.

Kinerja operasi positif ini merupakan konsolidasi kinerja dari enam refinery unit yang ada di Dumai, Plaju, Balongan, Cilacap Balikpapan, dan Kasim serta 1 Petrokimia Plant TPPI yang ada di Tuban dengan didukung oleh lebih dari 5.300 pekerja Kilang yang senantiasa beroperasi 24 jam setiap hari.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Panca Mitra Multiperdana Raih Kontrak Penjualan Senilai US$ 90 Juta

Tahun ini, perseroan menargetkan peningkatan volume penjualan sebesar 11% menjadi sekitar 20.000 ton.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Infomedia Raih Penghargaan Contact Center Berskala Global

Penghargaan ini menunjukkan bahwa Infomedia mampu memberikan digital customer experience yang berkualitas global.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Dampak Setahun Covid-19, Indonesia Masih Terbelenggu Resesi

Indonesia masih mengalami resesi, rupiah sempat menembus Rp 16.500, daya beli dan inflasi lemah, pengangguran dan kemiskinan meningkat.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Setahun Covid-19, BPS Sebut Permintaan Domestik Masih Lemah

BPS menilai, dampak pandemi Covid-19 masih belum reda. Hal itu terlihat dari permintaan domestik juga masih lemah.

EKONOMI | 1 Maret 2021

KBRI Abu Dhabi Fasilitasi Kerja Sama Dubai Islamic Bank dan BSI

Pertemuan digelar di sela penyelenggaraan Indonesia Emirates Amazing Week 2021 (IEAW) di Solo, Jawa Tengah, pada 1-7 Maret 2021.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Tugu Insurance Raih Sertifikasi ISO Sistem Manajemen Anti Suap

Tugu Insurance telah resmi meraih Sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

EKONOMI | 1 Maret 2021

Setahun Covid-19, Sektor Pariwisata Masih Jauh dari Pemulihan

"Semuanya sangat tergantung kepada penanganan Covid-19, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara,” kata Suhariyanto.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Kunjungan Wisman di Januari 2021 Kembali Turun

Wisman yang datang ke Indonesia pada bulan Januari 2021 paling banyak berasal dari Timor Leste.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Kempupera Ajak Investor Indonesia Aktif di Prakualifikasi Pelelangan Tol Gilimanuk

BPJT Kempupera mulai membuka pendaftaran Prakualifikasi Pelelangan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi senilai Rp 19,7 triliun pada hari ini.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Kurs Rupiah Terdepresiasi ke Rp 14.290

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan siang hari ini, Senin (1/3/2021), terpantau melemah ke kisaran Rp 14.290.

EKONOMI | 1 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS