Dirut BPJamsostek: Siap Lindungi Pasar Kerja di Era Industri 4.0
Logo BeritaSatu

Dirut BPJamsostek: Siap Lindungi Pasar Kerja di Era Industri 4.0

Selasa, 2 Maret 2021 | 14:29 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek), Anggoro Eko Cahyo menyampaikan dirinya beserta jajaran direksi siap melaksanakan amanah Presiden, dengan menjunjung tinggi integritas, profesionalitas, dengan tata kelola yang baik, dan tetap mengedepankan inovasi.

“Secara umum ada empat tantangan yang siap kami hadapi ke depan, yang pertama yaitu perlindungan bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia, kemudian perlindungan pada pasar tenaga kerja di era industri 4.0, peningkatan manfaat, kemudahan dan kecepatan layanan kami dan selanjutnya peningkatan IT Agility (kemampuan IT),” ungkap Anggoro dalam acara konferensi pers virtual Selasa (2/3/2021).

Anggoro menjelaskan, dari kondisi jaminan sosial sekarang, pihaknya memiliki startegi besar dalam 100 hari pertama yang disebut Same Day Service. Dirinya dan Direksi BPJamsostek ingin memberikan dampak nyata yang langsung berdampak bagi tenaga kerja.

Dalam menjalankan tugasnya, Anggoro telah menetapkan jajaran direktur teknis yang membidangi masing-masing direktorat.

Adapun nama-nama tersebut yaitu :


Direktur Perencanaan Strategis

dan Teknologi Informasi : Pramudya Iriawan Buntoro


Direktur Keuangan : Asep Rahmat Suwandha
Direktur Umum dan SDM : Abdur Rahman Irsyadi
Direktur Kepesertaan : Zainudin
Direktur Pelayanan : Roswita Nilakurnia
Direktur Pengembangan Investasi : Edwin Michael Ridwan

Anggoro juga berharap sinergi positif yang terjalin dengan DJSN mampu meningkatkan kinerja BPJamsostek, untuk mewujudkan visi dan misi dalam memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik kepada peserta.

“Dari sisi kepesertaan, kami akan memberikan dan memastikan kemudahan pendaftaran dan pembayaran bagi peserta. Dari sisi layanan, kami akan rebranding layanan mobile dan mengembangkan layanan fully digital yang memanfaatkan teknologi biometric, kami juga sangat concern dengan data dan kolaborasi,” ungkapnya.

Dengan disahkannya UU Cipta Kerja, BPJamsostek dipastikan akan menyelenggarakan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. “Ya, fokus utama tahun ini adalah implementasi program baru yang diamanhkan kepada kami, yakni Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), kami akan persiapkan segala sesuatunya agar JKP ini segera bisa terimplementasi dengan baik dan menjadi penyempurna jaminan sosial yang sudah ada,” tambah Anggoro.

Selanjutnya Ketua Dewan Pengawas BPJamsostek, Muhammad Zuhri, juga menyatakan siap bekerja sama dengan jajaran direksi untuk memastikan kinerja BPJamsostek dan kesejahteraan pekerja di masa yang akan datang.

“Kami membutuhkan partisipasi dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat, terutama para pekerja agar kami mampu menjalankan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya,” tambah Zuhri.

Zuhri mengungkapkan enam lompatan besar yang akan dilakukan Dewas BPJamsostek dalam melaksanakan perencanaan pengawasan antara lain peningkatan kepesertaan yang berbasis sinkronisasi data kepesertaan, mendorong perbaikan pelayanan dengan pendekatan strategis, memperhatikan risiko operasional dan investasi, memenuhi standar operasional BPJamsostek, menindaklanjuti rekomendasi DJSN dan pemeriksaan khusus BPK, menyelesaikan GAP antara regulasi dengan implementasi operasional.
Sementara itu Ketua DJSN, Tubagus Achmad Choesni yang diwakili oleh Iene Muliati menyampaikan, melalui penetapan Dewan Pengawas dan Direksi BPJamsostek yang baru, DJSN optimistis BPJamsostek mampu mengukir banyak prestasi dan mewujudkan jaminan sosial nasional yang berkualitas bagi pekerja Indonesia.

“Kami berharap hal ini dapat lebih ditingkatkan hingga mencapai titik maksimal bagi kesejahteraan pekerja Indonesia, terutama dalam aspek manajemen kepesertaan, manajemen risiko dan investasi serta manajemen layanan manfaat,” tutup Iene.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jangkau Pasar Lebih Luas, LRT City Ciracas Gandeng Travelio

Indra Syahruzza mengakui, PT Adhi Commuter Properti tengah gencar mengakselerasi bisnis properti dengan pembangunan proyek LRT City.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Erick Thohir: 83% Perusahaan BUMN Terapkan Manajemen Antisuap

Erick mengatakan, masih harus mengejar 17% perusahaan pelat merah untuk menerapkan manajemen antisuap.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Pelita Samudera Bidik Kenaikan Pendapatan Hingga 15%

Target akan dikejar dengan strategi optimalisasi aset, diversifikasi bisnis, dan ekspansi aset.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Warren Buffett Miliki Lebih Banyak Saham di Mobil Listrik Tiongkok Dibanding GM

Berkshire Hathaway memegang 8,2% saham di BYD yang terdaftar di bursa Hong Kong.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Sesi I IHSG Menghijau, Ini Daftar Saham Top Gainers

Harga BKSW menguat 34,62%, BGTG naik 29,95%, IKAN meningkat 25,58%.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Grab Financial Group Luncurkan Produk Asuransi Penyakit Kritis

Grab Financial Group (GFG) meluncurkan Sobat Proteksi.

EKONOMI | 2 Maret 2021

KPK Usut Penunjukan PT RPI sebagai Vendor Proyek Bansos

KPK mengusut penunjukkan PT Rajawali Parama Indonesia (PT RPI) sebagai vendor proyek pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Begini Respon Adhi Commuter Properti Sambut Kebijakan DP 0%

Adhi Commuter Properti mengembangkan kawasan hunian dan komersial baru LRT City Cibubur yang berlokasi 0 km dari Stasiun LRT Harjamukti.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Erick Thohir Ungkap Korupsi di Kementerian BUMN Capai 159 Kasus

Erick Tohir banyak kasus di Kementerian yang dipimpinnya.

EKONOMI | 2 Maret 2021

Perpres Investasi Miras Dinilai Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Perpres Miras akan membuka peluang adanya sumber-sumber ekonomi baru, dan juga lahan pekerjaan baru.

EKONOMI | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS