Transaksi Aset Kripto Akan Didaftarkan ke Bappebti, Bursa Kripto Segera Beroperasi
Logo BeritaSatu

Bursa Kripto

Transaksi Aset Kripto Akan Didaftarkan ke Bappebti, Bursa Kripto Segera Beroperasi

Rabu, 3 Maret 2021 | 15:54 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia dan Lembaga Kliring Indonesia Clearing House (ICH) telah menyelesaikan seluruh persyaratan yang harus dipenuhi ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai lembaga yang menerima pelaporan dan pendaftaran transaksi aset kripto di Indonesia. Hal ini sejalan dengan rencana strategis pemerintah terhadap pengembangan dan pengawasan perdagangan aset kripto di Indonesia melalui pembuatan bursa kripto atau Digital Futures Exchange (DFX)

Research and Development Manager ICDX Jericho Biere menyampaikan, perdagangan aset kripto Indonesia cukup besar dan berkembang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah penjaminan transaksi aset kripto. Untuk keamanan data informasi, masing-masing pedagang aset kripto diwajibkan untuk melaporkan setiap transaksi yang terjadi kepada ICDX dan ICH. Selain itu, lembaga kliring ICH akan mengawasi aset kepemilikan yang disimpan oleh pengelola tempat penyimpanan aset kripto serta perputaran dana nasabah yang tersimpan pada bank penyimpan dana aset kripto.

Untuk itu, ICDX dan ICH merencanakan mitigasi risiko terstruktur dengan mekanisme pelaporan transaksi real-time di bursa dengan beberapa lapisan verifikasi dan penjaminan transaksi dengan analisis yang komprehensif. Keterkaitan seluruh data yang ada dalam ekosistem informasi perdagangan aset kripto terpadu tersebut akan membuat perdagangan aset kripto lebih aman dan terlindungi.

“Dengan mekanisme mitigasi risiko yang sudah melalui proses riset komprehensif, dikombinasikan dengan global best practice, perdagangan aset kripto di Indonesia akan lebih aman dan terjamin untuk nasabah,” ujar Jericho dalam keterangan resmi, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya, pedagang aset kripto yang menjadi garis depan pada perdagangan aset kripto Indonesia saat ini memiliki tantangan besar, terutama dari segi teknologi dan layanan atas keamanan dana dan aset kripto nasabah. Pesatnya perkembangan nilai transaksi aset kripto, serta besarnya potensi pemanfaatan aset kripto di masa depan, telah mendorong pelaku industri untuk bergerak cepat sesuai dengan fungsi operasionalnya masing-masing.

“Bursa dan lembaga kliring akan menjadi entitas pendukung yang berperan sebagai perpanjangan tangan regulator untuk pengawasan transaksi dan katalisator industri aset kripto, ICDX dan ICH siap menjalankan mekanisme ini awal bulan depan,” tambah Jericho.

ICDX dan ICH, sambungnya tengah melaksanakan diskusi dan sosialisasi dengan para pedagang aset kripto terdaftar di Indonesia untuk dapat menyamakan visi terkait pengembangan perdagangan aset kripto serta keamanan transaksi dan penyimpanan aset kripto. Diskusi dan sosialisasi ini akan dilakukan secara berkala agar ekosistem perdagangan aset kripto yang terpadu dapat menjadi sarana transaksi yang kredibel dan aman. Pedagang aset kripto akan berperan penting sebagai penyedia informasi atas operasional yang terjadi di lapangan, sehingga pengawas dan pedagang aset kripto dapat menghasilkan solusi berdasarkan fakta dan secara cepat bertindak untuk meminimalisasi risiko yang terjadi di masa mendatang.

“Dengan kesiapan yang matang dari berbagai pihak yang terlibat dalam perdagangan aset kripto Indonesia ini, masa depan perdagangan aset kripto Indonesia akan lebih cerah dan bersaing di pasar global,” tutup Jericho.

PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) memastikan bursa kripto pertama di Indonesia, Digital Future Exchange (DFX), beroperasi mulai kuartal III-2021. Bursa yang akan memperdagangkan aset kripto, seperti Bitcoin, Doge, dan Litecoin itu merupakan hasil kolaborasi BBJ dengan 11 perusahaan calon pedagang fisik aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti.

BBJ berkolaborasi dengan 11 perusahaan calon pedagang fisik aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti. Dari 11 perusahaan, empat di antaranya merupakan perusahaan berstatus penanaman modal asing (PMA), yakni PT Indodax Nasional Indonesia, PT Upbit Exchange Indonesia, PT Zipmex Exchange Indonesia, dan PT Pintu Kemana Saja.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Hadirkan Digitalisasi di Sektor Hilir Untuk Pengawasan Distribusi BBM dan Gas Bumi

Sebagai salah satu wujud dukungan terhadap digitalisasi di sektor hilir minyak dan gas bumi (Migas) serta turut menyukseskan program pemerintah dalam mewujudkan

EKONOMI | 3 Maret 2021

Kurs Rupiah Sore Ini Menguat ke Kisaran Rp 14.240

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan sore hari ini, Rabu (3/3/2021), terpantau menguat ke kisaran Rp 14.240.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Asing Borong Saham, IHSG Ditutup Menguat Tipis 0,28%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,28% ke 6.376,8 pada akhir perdagangan hari ini, Senin (1/3/2021).

EKONOMI | 3 Maret 2021

Bursa Asia Menguat Dipimpin Hang Seng dan Shanghai

Nikkei 225 Tokyo naik 0,51%, Indeks Komposit Shanghai naik 1,95%, Hang Seng Hong Kong naik 2,51%, S&P/ASX 200 Australia naik 0,82%, Kospi naik 1,29%.

EKONOMI | 3 Maret 2021

AETI Menilai Masih Ada RKAB Tambang yang Belum Sesuai Aturan

AETI mengungkapkan Rencana Kerja Anggaran dan Biaya (RKAB) beberapa perusahaan tambang timah belum sesuai dengan aturan yang berlaku.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Luhut Singgung Banyak Pejabat Ogah Pakai Produk Dalam Negeri

Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Gernas Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) telah berhasil menambah 3,7 juta UMKM ke platform digital tahun lalu.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Gandeng Boy William, Bareksa Ajak Investor Pemula Investasi Cerdas

Bareksa, marketplace investasi terbesar di Indonesia, menggandeng aktor dan Youtuber ternama yang juga seorang investor, Boy William, sebagai Brand Ambassador.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Indorama Holding BV Kembali Tambah Kepemilikan di Indorama Synthetics

Indorama Holding BV (IHBV) kembali menambahkan kepemilikan sahamnya di PT Indorama Synthetics Tbk (INDR) sebesar 32,66 juta lembar saham atau Rp 100,94 miliar.

EKONOMI | 3 Maret 2021

MIND ID Prihatin atas Kondisi Industri Timah di Indonesia

Holding BUMN tambang MIND ID prihatin dengan kondisi tata niaga serta pengawasan atas laporan competent person terkait validasi neraca cadangan.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Hutama Karya Targetkan Bendungan Way Apu Selesai November 2022

PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan Bendungan Way Apu di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku selesai November 2022.

EKONOMI | 3 Maret 2021


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Pulihkan Ekonomi Jakarta, Gubernur Anies Buka Potensi Kerja Sama Antardaerah

MEGAPOLITAN | 8 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS