Logo BeritaSatu

Hingga 2024, Pertamina Butuh Capex US$ 92 Miliar

Kamis, 4 Maret 2021 | 17:22 WIB
Oleh : Herman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk membangkitkan sektor energi nasional, PT Pertamina (Persero) sepanjang 2020-2024 membutuhkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar US$ 92 miliar. Jumlah tersebut untuk mendanai sekitar 300 proyek yang akan dikerjakan Pertamina selama lima tahun.

Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini mengungkapkan, mayoritas kebutuhan belanja tersebut untuk sektor upstream, yaitu sebesar US$ 64 miliar. Lalu untuk sektor downstream US$ 20 miliar, selanjutnya untuk gas, power dan NRE sebesar US$ 8 miliar.

“Dalam lima tahun ke depan hingga 2024, total capex kita kurang lebih US$ 92 miliar. Ini yang tentunya kalau kami melakukan sendiri tentunya balanced kami juga overstretch. Kita akan mengharapkan dari sisi capital financing apakah itu dari commercial bank, apakah dari multilateral, kemudian dari SWF dan juga tentunya dari SMI, dan juga other financier yang lain, kita sangat terbuka," kata Emma Sri Martini dalam webinar “Prespek BUMN Sebagai Lokomotif PEN dan Sovereign Wealth Fund” yang diselenggarakan Universitas Indonesia, Kamis (4/3/2021).

Emma mengungkapkan, dari kebutuhan belanja US$ 92 miliar tersebut, yang bisa dipenuhi dari internal funding sekitar 38%, sedangkan 62% akan mengandalkan partnership dan external funding.

"Jadi selebihnya kurang lebih di 62% itu tentunya kita expect dari partnership dan dari external funding, dari sisi bank loan atau dari sisi unlock value. Ini yang ke depan kita garap dan akan sangat terbuka untuk berpatner," kata Emma.

Untuk kebutuhan belanja per sektor, rinciannya untuk sektor upstream yaitu untuk merger dan akuisisi US$ 45 miliar, business development (BD) organik US$ 14 miliar, dan juga untuk infrastruktur yang sifatnya maintenance sekitar US$ 6 miliar. Lalu untuk sektor downstream, rincian adalah US$ 18 miliar untuk kilang baru dan upgrade kilang eksisting, serta distribusi dan pemasaran infrastruktur US$ 2 miliar.

Sedangkan untuk sektor gas, power dan NRE, rinciannya pipa T&D US$ 4 miliar, liquefaction & regas unit US$ 300 juta, IPP US$ 3 miliar, dan lain-lain US$ 700 juta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Dorong Pemerintah Optimalkan Peran 8 Juta Diaspora

Ketua VII Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan, besarnya jumlah diaspora harus dioptimalkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 24 September 2022

Citi Dinobatkan sebagai Bank Manajemen Kas Global Terbaik

Citi Global Instant Payments menyediakan konektivitas ke lebih dari 30 skema pembayaran instan, menjangkau lebih dari 60 negara pada kuartal II-2022.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings