Lewat Hipmi, CEO ModalSaham Akan Kembangkan UKM di Jabar
Logo BeritaSatu

Lewat Hipmi, CEO ModalSaham Akan Kembangkan UKM di Jabar

Jumat, 5 Maret 2021 | 13:08 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat (Jabar) baru saja menggelar pelantikan anggota kepengurusan masa bakti 2020-2023. CEO PT ModalSaham Asia Investama, perusahaan yang fokus pada investasi di industri usaha kecil menengah (UKM) dan startup, Muhammad Reza Alkhawarismi ditunjuk sebagai ketua kompartemen investasi UKM.

Reza bertekad menghadirkan program terbaik guna mempercepat pemulihan ekonomi dan kemajuan UKM di Jawa Barat. Hipmi akan mendorong program yang berhubungan dengan investasi secara langsung kepada UKM dan peningkatan kualitas. Caranya memberikan bimbingan serta bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, serta investor dalam dan luar negeri. "Diharapkan program ini dapat membuka banyak lapangan pekerjaan di Jawa Barat,” ujar Reza yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris umum Hipmi Jawa Barat.

Reza mengungkapkan, 2020 sebagai tahun menantang karena pandemi Covid-19, Jawa Barat mencatatkan prestasi dengan mendapatkan investasi Rp 120,4 Triliun dan menjadi penyumbang investasi terbesar di Indonesia. Hal ini menandakan Jawa Barat merupakan tempat investasi terbaik bagi investor. "Ini peluang bagus dan seharusnya berdampak pada perkembangan UKM itu sendiri di Jawa Barat," kata dia.

Reza mengatakan guna mendukung UKM di Jawa Barat agar survive dan scale up di masa pandemi, dengan mendapatkan akses investasi dan permodalan. “Saya sudah menerapkan ekosistem dan platform ini di ModalSaham beberapa tahun terakhir, dan saya rasa hal-hal yang positif bisa diduplikasi untuk program di Kompartemen Investasi UKM,' kata dia.

Reza mengatakan pihaknya juga akan membuat inkubator bisnis khusus UKM yang memberikan materi dan pendampingan bisnis, seperti memberikan bimbingan keuangan yakni pembukuan dan perpajakan, serta lingkup keuangan teknis lainnya, yang selama ini menjadi masalah UKM. "Memberikan bimbingan legalitas usaha, yang mana banyak UKM masih bersifat perseorangan untuk dapat segera berbadan usaha dan berbadan hukum, serta teknis hukum bisnis lainnya. Melek keuangan dan hukum sangat penting untuk UKM saat ini,” katanya.

Reza menambahkan, rencananya inkubator tersebut juga akan memberikan pelatihan serta pengenalan teknologi kepada UKM untuk Go Digital. Untuk dapat bersaing di level nasional bahkan global, UKM harus move ke cara baru, yaitu dengan digital. Selain itu, membantu UKM promosi sehingga produknya diketahui masyarakat luas. "Terakhir membantu UKM di Jawa Barat untuk go public dan listing di Bursa Efek Indonesia sehingga bisa mendapatkan investasi langsung dari publik," kata President Director di holding Alkhawarismi Venture Capital Investment.

Sementara Ketua Umum BPD Hipmi Jawa Barat, Surya Batara Kartika berharap Kompartemen Investasi UKM dapat lebih memberdayakan peningkatan kuantitas dan kualitas UKM se-Jawa Barat. Dia ingin ke depan dengan model bisnis pasca-Covid-19 ini, UKM bukan hanya sekedar pulih, tapi bisa bangkit dan beradaptasi dengan berbagai peluang dan teknologi serta berkompetisi dengan produk-produk di provinsi lain. "Kita juga berharap ModalSaham dapat mencari dan membantu UKM yang berpotensi di Jawa Barat untuk IPO (initial public offering)," harapnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Arwana Ceramics Resmikan Pabrik Baru di Ogan Ilir

PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics) meresmikan pabrik Plant 4B berkapasitas 4 juta m2 di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, pada Kamis (4/3/2021). Keramik produksi Arwana ini untuk memenuhi kebutuhan di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Rupiah Belum Beranjak dari Zona Merah Siang Ini

Transaksi rupiah siang ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.280-Rp 14.340 per dolar AS.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Jeda Siang, IHSG Melemah 13 Poin ke 6.277

Sebanyak 180 saham naik, 289 saham melemah dan 137 saham stagnan.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Hipmi Optimistis Penerapan Teknologi Mampu Tingkatkan Produktivitas

"Pengalaman kami selama ini, hanya dengan penerapan teknologi, kita dapat menjadi pemain global,” tuturnya dalam Rakernas Hipmi.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Etta Indotama Pusatkan Seluruh Kegiatan Manajemen SuperGoat di Yogyakarta

Kebijakan pengembalian manajemen pemasaran ke pusat bertujuan agar distribusi produk SuperGoat lebih terintegrasi dan efisien.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Cadangan Devisa Februari Naik Tipis Jadi US$ 138,8 Miliar

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Jokowi: Bahlil Pegang Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Investasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi nasional. Kunci itu dipegang Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Jokowi Sebut Kabinet Indonesia Maju Sebagai Kabinet Hipmi

Presiden Jokowi mengatakan, tantangan yang dihadapi pengusaha dalam setahun terakhir sangat berat.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Emas Antam Turun ke Rp 918.000 Per Gram

Harga emas per 25 gram Rp 43,045 juta.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Awali Sesi, Rupiah dan Mata Uang Asia di Zona Merah

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.280-Rp 14.325 per dolar AS.

EKONOMI | 5 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS