Bendungan Sindang Heula Dorong Produktivitas Pertanian di Banten
Logo BeritaSatu

Bendungan Sindang Heula Dorong Produktivitas Pertanian di Banten

Jumat, 5 Maret 2021 | 20:25 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, berhasil menuntaskan pembangunan konstruksi proyek Bendungan Sindang Heula yang berlokasi di Provinsi Banten.

Proyek pembangunan bendungan tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditandai secara simbolis dengan prosesi penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti, di lokasi Bendungan Sindang Heula, yang berlokasi di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Kamis (4/3/2021).

"Alhamdulillah, Bendungan Sindangheula yang dibangun tahun 2015 sudah selesai dan siap difungsikan. Kita harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi pertanian di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup sehingga semakin produktif dan bisa menjaga ketahanan pangan," ujar Presiden Jokowi dalam sambutan peresmian.

PTPP bersama dengan PT Hutama Karya (Persero) yang tergabung dalam konsorsium dipercaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) untuk mengerjakan pembangunan Bendungan Sindang Heula yang memiliki nilai kontrak Rp 427 miliar. Proyek pembangunan Bendungan Sindang Heula ini didanai oleh APBN.

Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad menjelaskan, pembangunan Bendungan Sindang Heula ini dikerjakan dengan masa pelaksanaan selama 38 bulan secara multiyears yang dimulai sejak tahun 2015 dan memiliki masa pemeliharaan selama 12 bulan.

"Proyek pembangunan bendungan ini memiliki lingkup pekerjaan konstruksi, antara lain pembangunan main dam, saddle dam, jalan akses, jembatan pelayanan, akses operasional dan pemeliharaan, spillway, serta akses mercu spillway,” jelas Novel Arsyad, dalam keterangan resminya, Jumat (5/3/2021).

Novel mengatakan, kehadiran Bendungan Sindang Heula juga memiliki dampak positif bagi masyarakat di Provinsi Banten khususnya yang berada di Kabupaten Serang. Dengan dibangunnya bendungan tersebut tentunya dapat memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare sawah yang terdapat di Kabupaten Serang.

"Tidak hanya itu, bendungan Sindang Heula ini juga akan menyediakan kebutuhan air baku bagi daerah industri yang sedang berkembang di beberapa Kota dan Kabupaten di Provinsi Banten dimana bendungan ini mampu menyediakan kebutuhan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik," imbuhnya.

Menurut Novel, kehadiran bendungan ini juga bermanfaat bagi pengendalian banjir dan juga berfungsi sebagai pembangkit listrik. Selain itu, dengan dibangunnya Bendungan Sindang Heula dapat memberikan nilai tambah sebagai kawasan wisata air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal terutama masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan.

"Perseroan bangga dapat menyelesaikan pembangunan proyek bendungan tersebut tepat waktu sesuai dengan target yang ditetapkan dan kualitas terbaik," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pandemi, Bisnis Modern Trade Independent Tumbuh

Tidak semua brand dan peritel mengalami penurunan omzet usaha di saat pandemi.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Produk Baru Dorong Penjualan Garudafood di Awal Tahun 2021

Peningkatan daya beli masyarakat mendorong pertumbuhan penjualan produk Garudafood di awal tahun 2021.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Pupuk Indonesia Gandeng Bareskrim Polri Awasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi

Menurut Bakir, pupuk bersubsidi merupakan salah satu elemen penting dalam sektor pertanian dan ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Kemkop dan UKM Akan Perjuangkan Penurunan Tarif Ekspor Buah Segar UKM

Ekspor buah segar Indonesia ke Jepang, Korea, Pakistan, dan Eropa dikenakan tarif yang lebih tinggi dibandingkan negara pesaing seperti Vietnam, Malaysia, dll.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Jangka Pendek, Volatilitas Saham Dinilai Masih Tetap Ada

Vaksinasi serta dukungan pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi, diharapkan dapat memberikan sentimen positif bagi pasar saham dalam jangka panjang.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Lewat Layanan Gomed, Gojek Kolaborasi dengan Halodoc Layani Vaksinasi Drive ThruLayan

Gojek ikut terlibat langsung dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Meski IHSG Melemah, 5 Saham Ini Paling Aktif Ditransaksikan

Saham ANTM, BBCA, INCO, TLKM, dan TINS, tercatat paling aktif ditransaksikan pada perdagangan JUmat (5/3/2021).

EKONOMI | 5 Maret 2021

Investor Asing Buru Saham BBCA dan Jual INCO

Harga saham BBCA tercatat meningkat 1,19% pada perdagangan Jumat (5/3/2021).

EKONOMI | 5 Maret 2021

Lewat Aplikasi, Wakaf Uang Makin Mudah

Solusi berwakaf mudah ditawarkan Bank Danamon Syariah lewat aplikasi dan jaringan kantor cabang.

EKONOMI | 5 Maret 2021

Kemperin Gandeng Pemda dan BI Untuk Dorong Hilirisasi Karet di Jambi

Kemperin berkomitmen untuk terus memacu program hilirisasi produk karet melalui diversifikasi produk yang memiliki daya saing tinggi.

EKONOMI | 5 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS