Logo BeritaSatu

Wapres Ma'ruf Amin Tidak Akan Campuri Upaya Menyelamatkan Bank Muamalat

Kamis, 11 Maret 2021 | 10:48 WIB
Oleh : FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin tidak akan mencampuri upaya menyelamatkan Bank Muamalat. Sebagai salah satu pendiri Bank Muamalat, Ma'ruf mempercayakan upaya tersebut kepada pihak-pihak terkait. Demikian disampaikan juru bicara wapres.

"Independensi dari penyelesaian itu kan Wapres tidak boleh mengganggu, jadi Wapres tahu mana garis batas yang harus ditangani oleh Negara dan mana perhatian khusus dari Wapres," kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (11/3/2021).

Sebagai salah satu pendiri Bank Muamalat, lanjut dia, Ma’ruf Amin memang masih mendapat masukan dari berbagai pemangku kepentingan terkait untuk menyelesaikan masalah permodalan.

"Wapres memang punya perhatian khusus terhadap Bank Muamalat dan banyak umat Islam berharap agar bank ini bisa selesai masalahnya. Wapres banyak mendapatkan aspirasi itu dari berbagai stakeholder," katanya menjelaskan.

Oleh karena itu, Wapres menyambut baik upaya Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), yang diketuai oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dalam menempatkan penyelesaian Bank Muamalat sebagai salah satu rencana program Kerja Prioritas 100 Hari MES.

"Jadi, itu dijadikan program karena ini aspirasi dari banyak pihak, stakeholder dan umat, karena itu adalah programnya MES, ya, monggo kata Wapres, silakan," katanya.

Masduki menekankan bahwa program Kerja Prioritas MES dalam menyelesaikan masalah Bank Muamalat tersebut tidak berkaitan dengan posisi Ma’ruf Amin sebagai Wapres. Ma’ruf Amin tetap mengawal penyelesaian masalah Bank Muamalat selaku pendiri bank syariah pertama di Indonesia itu.

"Tetap saja program MES itu adalah suatu program yang tidak ada hubungannya dengan negara. Maka, saya kira, itu tetap dengan aturannya, dengan independensinya, dengan kebijakan-kebijakan yang terbaik buat negara dan Bank Muamalat," ujarnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan antara Wapres dan pengurus MES di rumah dinas Wapres, Jakarta, Selasa (9/3/2021), Erick Thohir berharap akan melibatkan holding Perusahaan Pengelola Aset (PPA)-Danareksa untuk menyelamatkan Bank Muamalat.

Selain itu, Erick juga mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk membahas upaya penyelamatan Bank Muamalat.

"Kami sudah ada kesepakatan-kesepakatan bagaimana penyelamatan Bank Muamalat ini," kata Erick Thohir dalam pertemuan tersebut.

BPKH juga berencana menyuntikkan modal Rp3 triliun kepada Bank Muamalat dalam bentuk investasi tier 1 lewat penambahan saham Rp1 triliun dan investasi tier 2 bernilai Rp 2 triliun. Rencana penyuntikan modal dari BPKH tersebut masih menunggu tanggapan positif dari OJK.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Sejak diberi mandat sebagai BUMN transformasi, Danareksa bertugas menyehatkan BUMN sakit seperti Balai Pustaka hingga scaling up BUMN-BUMN lain.

EKONOMI | 29 November 2022

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meyakini produksi beras lokal mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Buwas Beberkan Hal yang Harus Dibenahi agar Polemik Beras Tidak Terulang

Dirut Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, hal yang perlu dibenahi agar polemik impor beras tidak lagi terjadi di kemudian hari.

EKONOMI | 29 November 2022

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton.

EKONOMI | 29 November 2022

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Pemprov Sumut resmi menetapkan upah minimum provinsi atau UMP Sumatera Utara 2023 naik 7,45% atau menjadi Rp 2.710.493,93. Senin (28/11/2022). 

EKONOMI | 29 November 2022

Dedi Mulyadi Beri Catatan jika Impor Beras Dilakukan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi memberi catatan khusus jika nantinya impor beras menjadi opsi yang diambil untuk memenuhi cadangan beras pemerintah 

EKONOMI | 28 November 2022

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 40 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE