Cerita Wastra Gelar Kompetisi Foto Daring Kebaya dan Kain Tradisional
Logo BeritaSatu

Cerita Wastra Gelar Kompetisi Foto Daring Kebaya dan Kain Tradisional

Sabtu, 20 Maret 2021 | 16:06 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar program Cerita Wastra Tingkat Provinsi. Program ini telah diluncurkan secara daring dengan dihadiri oleh Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Suzana Teten Masduki, dan Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata.

Cerita Wastra merupakan kegiatan dalam rangka memperkenalkan wastra (kain tradisional) yang sarat akan makna budaya nusantara, dalam bentuk kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional. Program ini juga melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, swasta, komunitas seni-budaya lainnya.

“Cerita Wastra tidak berhenti di kompetisi foto di sosial media saja, Cerita Wastra bekerja sama dengan Kemdikbud menghasilkan video dokumenter mengenai pengrajin Wastra Indonesia hingga busana nasional, pembuatan film dokumenter pengrajin Wastra khusus di destinasi pariwisata super prioritas,” kata Suzana Teten Masduki dalam jumpa pers daring, Jumat (19/3/2021).

Suzana mengajak elemen pemerintah daerah dan Dekranasda dari seluruh provinsi untuk bergerak bersama dalam program Cerita Wastra 2021 dengan harapan dapat memberi dampak positif bagi pengrajin Wastra tradisional dan berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya nusantara.

“Cerita Wastra 2021 kami hadirkan dengan semangat yang sama mempopulerkan Wastra Indonesia menjadi bagian dari busana keseharian untuk semua umur dan kalangan. Harapannya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat cerita tentang Wastra budaya lokal yang dimiliki masing-masing daerah,” katanya.

Suzana mengatakan Cerita Wastra bermula dari kompetisi foto di sosial media yang mengedepankan pendekatan kontemporer untuk kalangan anak muda mengenai Wastra Indonesia dengan tema Aku dan Kain. Cerita Wastra mengajak masyarakat Indonesia untuk berfoto dengan menceritakan kisah di balik Wastra Indonesia serta pengrajin yang menghasilkan Wastra tersebut.

“Kami laporkan kegiatan ini sudah diikuti kurang lebih dari 1600 peserta di dari seluruh Indonesia. Kami hadirkan untuk mempopulerkan, menghadirkan kebanggaan kita bersama untuk menggunakan dan mengeksplorasi Wastra tradisional Indonesia. Siapa pun bisa bergabung, justru ini menjadi daya tarik tersendiri ketika melihat banyak ibu-ibu rumah tangga, anak-anak muda hadiri menuturkan kisah tentang Wastra oleh mereka,” ucap Suzana.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menjelaskan bahwa Cerita Wastra adalah program 360 yang inklusif kolaboratif antara KemenkopUKM dan satkernya, Kemendikbud, swasta dan komunitas, dengan narasi kebudayaan dan kearifan lokal.

Tujuan digelarnya Cerita Wastra antara lain mempopulerkan kembali Wastra menjadi bagian dari busana keseharian khususnya untuk generasi muda, meningkatkan kesadaran dan kecintaan mengenai Wastra masing-masing daerah, Mempromosikan UMKM pengrajin Wastra, serta produk lokal kepada publik, maupun merayakan keberagaman Indonesia melalui Wastra.

“Kita ingin mengangkat salah satu kekayaan Indonesia yang lebih spesifik dalam hal ini adalah Wastra dan budayanya, serta menghadirkan platform Wastra yang sudah dimulai beberapa bulan yang lalu,” kata Leo.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mitigasi Bencana, Kempupera Tuntaskan Pembangunan 6 Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju

Kempupera telah menuntaskan pembangunan sumur bor di enam titik.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Aturan Pemberian THR Masih dalam Tahap Penyiapan Draf

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta agar pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini tidak dibayar secara dicicil.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Ini Plus Minusnya Jika Mudik Lebaran Diizinkan

Sebuah kajian menunjukkan potensi perputaran uang dari kegiatan mudik mencapai Rp 10 triliun.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Vaksinasi Belum Merata, Pengusaha Usulkan Mudik Tetap Dilarang

Apalagi tren kasus baru Covid-19 sudah mulai menunjukkan adanya penurunan sejak dilakukannya berbagai skema pembatasan.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Pandemi Membuat Kebutuhan Berasuransi Masyarakat Meningkat

Keinginan responden di Indonesia untuk menambah perlindungan produk asuransi jiwa tercatat sebesar 30%.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Jasa Armada Rampungkan Pembuatan 4 Kapal Tunda Rp 230 Miliar

PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) merampungkan tahap akhir pembuatan empat kapal tunda berkapasitas 2 x 2.200 horse power.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Syarat Holding BUMN Ultramikro, Rights Issue BRI Direstui DPR

Komisi VI menyatakan dukungan terhadap pembentukan holding BUMN Ultramikro dan memahami rencana right issue PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Relaksi PPnBM Diprediksi Tingkatkan Stok Mobil Bekas

Pihak Carsome memprediksi akan ada banyak orang yang menjual mobil lama mereka dan memutuskan membeli mobil baru karena harga yang lebih terjangkau.

EKONOMI | 20 Maret 2021

Anggota DPR Dorong Indonesia Kembangkan Energi Tenaga Nuklir

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto optimistis Republik Indonesia mampu go nuclear atau menerapkan sumber energi dari tenaga nuklir.

EKONOMI | 20 Maret 2021

IHSG Relatif Datar dalam Sepekan Terakhir

Kapitalisasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami peningkatan sebesar 0,53% ke Rp7.477,625 triliun selama sepekan.

EKONOMI | 20 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS