Logo BeritaSatu

Sandiaga: Dangdut dan Angklung Bisa Menjadi Branding Kuat Ekonomi Kreatif Indonesia

Minggu, 21 Maret 2021 | 18:37 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / JEM

Bandung, Beritasatu.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Indonesia harus mengembangkan suatu branding atau pencitraan kuat untuk menumbuhkan industri ekonomi kreatif di dalam negeri. Sandiaga menilai dua kekhasan Indonesia yaitu dangdut dan angklung sangat potensial menarik minat wisatawan asing, sehingga tidak hanya membantu sektor ekonomi kreatif tapi juga mendorong pemulihan pariwisata nasional.

Advertisement

“Amerika di posisi pertama punya Hollywood, Korea juga ada K-Pop dan drama Korea. Kita ada angklung dan dangdut sebagai keunggulan, jika kita punya branding yang kuat maka ekonomi kreatif kita bisa menyaingi dua (negara) itu,” kata Sandiaga saat peluncuran Jawa Barat Culture and Tourism Festival atau JaFest 2021 yang digelar secara hybrid yaitu daring dan luring dari Bandung, Minggu (21/3/2021).

Menparekraf mengatakan Indonesia bisa bersaing dengan Amerika Serikat (AS) dan Korea Sealtan. Pasalnya, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp 1,105 trilun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia berdasarkan Opus Creative Economy Outlook 2019.

“Hal ini menjadikan Indonesia berada di urutan ketiga setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan dalam jumlah kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap PDB negara,” katanya.

Sandiaga mengatakan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif harus dimulai dengan menekan angka pandemi yaitu penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Menurutnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah merancang enam strategi untuk meningkatkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Pertama, konsep pariwisata nasional yang mengedepankan protokol kesehatan bertajuk CHSE, yaitu Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability. Kedua, penyelenggaraan calender of event. Ketiga, efisiensi parekraf. Keempat, efisiensi dan pengembangan ekowisata. Kelima, pengembangan agrowisata, dan keenam, kolaborasi lintas sektoral.

“Langkah yang diambil adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Inovasi artinya pembaruan karya-karya anak bangsa. Adaptasi artinya destinasi wisata menerapkan standar CHSE, dan kolaborasi artinya kita tidak bisa kerja sendiri, harus bareng-bareng,” kata Sandiaga.

Menparekraf mengatakan Indonesia harus terlebih dulu mendapatkan kepercayaan (gaining confidence) baik dari dalam maupun luar negeri untuk pariwisata yang aman. Sandiaga mencontohkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus mengutamakan kebersihan (hygiene). Dalam konteks acara, jika dulu pelaksaannya digelar secara berdesak-desakan, kini harus mulai beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19.

“Penyelenggaraan acara bisa full online atau hybrid. Ini menarik dalam adaptasi event, dengan arahan kapolri, kita punya fleksibilitas dalam mendorong event ini,” kata Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BUMN Buka Akses Pasar Berkelanjutan UMKM

Kementerian BUMN akan terus membuka akses pasar bekelanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Bank Indonesia: Penguatan Rupiah Ditopang Fundamental Ekonomi yang Baik

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, penguatan nilai tukar rupiah ditopang oleh prospek ekonomi Indonesia yang semakin membaik

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituntut 2 Tahun Penjara, Ini Hal yang Memberatkan Chuck Putranto

Dituntut 2 Tahun Penjara, Ini Hal yang Memberatkan Chuck Putranto

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE