Logo BeritaSatu

Tekad Putri Papua Kembangkan Kreativitas di Negeri Cenderawasih

Kamis, 25 Maret 2021 | 12:48 WIB
Oleh : RIX

Jakarta, Beritasatu.com - Disiplin, pekerja keras, humble, dan religius. Begitu kesan dan image yang sangat melekat pada sosok Venusiana, putri Papua yang kini menjadi nakhoda Direktorat Consumer Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Bagi Ka Ve, begitu sapaan akrabnya, berprinsip bahwa lawan utama diri manusia tidak terletak pada diri yang lain, tapi pada diri sendiri. Melawan berbagai sifat negatif yang kadang melekat dalam diri,salah satunya kemalasan. Obat dari kemalasan, bagi Ka Ve adalah fokus pada tujuan dengan bekerja keras, pay attention to detail, menjaga keharmonisan dan keseimbangan antara pekerjaan dengan keluarga.

Sikap tersebut yang mengantarkan keberhasilan Ka Ve sejak pertama kali mengawali karir di TelkomGroup hingga berhasil menempati posisi top level management sebagai Direktur Network di anak usaha TelkomGroup, yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sejak Januari 2020 - Juni 2020.

Setiap tugas dan amanah yang diberikan kepadanya senantiasa dikerjakan dengan maksimal. Selama 20 tahun bersama TelkomGroup, Ka Ve berhasil menyelesaikan berbagai tugas berat seperti membangun infrastruktur jaringan Base Transceiver Station (BTS) telekomunikasi di daerah terpencil dan terluar di Indonesia, khususnya di Indonesia Timur.

Jaringan telekomunikasi yang merata hingga wilayah Indonesia Timur adalah bagian dari buah karya kepemimpinan Ka Ve selama mengemban amanah di TelkomGroup. Atas dedikasinya, pada tahun 2015, Putri kelahiran Papua tersebut mendapat penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik. Sebuah apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia atas kiprahnya memajukan industri pos dan telekomunikasi yang memberi dampak pada kemajuan bangsa.

Success journey selama di TelkomGroup menjadi salah satu pertimbangan dipilihnya wanita kelahiran Manokwari 8 Juli 1966 tersebut, menempati posisi Direktur Consumer Service Telkom sejak Juni 2020. Kini, putri kebanggaan “Bumi Cenderawasih” itu menjadi pemimpin wanita Telkom pertama dari Papua yang menahkodai IndiHome, layanan fixed broadband Telkom dengan jumlah pelanggan terbesar di Indonesia

Bukan hanya itu saja, jangkauan fiber optic fixed broadband IndiHome telah membentang sepanjang 166.343 KM dari Sabang sampai Merauke bahkan sampai di pulau terluar di Indonesia. Jumlah tersebut setara dengan 4 kali keliling bumi.

Alumni jurusan Teknik Elektronik Universitas Diponegoro tahun 1992 itu, terus mengawal dan memastikan agar layanan fixed broadband IndiHome menjadi the best customer experience provider di Indonesia. Bukan hanya di kota-kota tertentu saja, tetapi akses internetnya bisa dirasakan hingga pelosok-pelosok desa dari Aceh sampai Papua. Sehingga setiap masyarakat dapat tetap beraktivitas tanpa batas bersama IndiHome.

Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19, pemerataan akses internet adalah kebutuhan dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia agar tetap bisa produktif. Tidak mau tinggal diam, di kuartal pertama 2021, sosok wanita tangguh dan cerdas itu, langsung tancap gas mengunjungi tanah

kelahirannya di Papua. Ka Ve kembali ke Papua untuk membangun Papua, membangun impian dan harapan masyarakat Papua melalui pemerataan akses internet di Papua.

Bagi wanita peraih gelar Master of Management dari Universitas Hasanuddin 2004 itu, sudah menjadi bagian dari komitmennya bahwa Telkom akan terus membangun negeri secara adil dan merata sampai Papua. Oleh karena itu, di bawah komando Ka Ve, Telkom dengan akses internet jaringan Wifi Corner (WiCo) IndiHome nya, ikut berkontribusi menyiapkan generasi emas untuk menyongsong Indonesia Maju dari Papua.

Salah satu langkah nyatanya, menggerakkan kreativitas tanpa batas masyarakat Papua melalui program IndiHome Wonderful Papua, yang melibatkan komunitas kreatif Papua, diketuai oleh Yakoba Womsimor.

Bagi Yakoba Womsimor, pegiat sosial dan budaya Papua. Kehadiran Ka Ve di tanah kelahirannya bukan sebatas reunian dan temu kangen semata. Lebih dari itu, Ka Ve adalah salah satu icon sukses wanita perantauan dari Papua yang sangat peduli pada kemajuan Indonesia.

Di mata Ka Koba, begitu ia biasa disapa, Ka Ve adalah bukti nyata bahwa Putri Papua juga mampu menjadi pemimpin perusahaan telekomunikasi kelas dunia. Sebuah pencapaian yang menjadi motivasi bagi generasi penerus bangsa dari Papua bahwa cita-cita dan impian mereka tidak terbatas. Sementara menurut Ibu Ibo, pendiri Pondok Putri Dobonsolo, salah satu sentral produksi batik di Papua, menganggap bahwa Ka Ve adalah Putri Papua yang tetap peduli pada perkembangan tanah kelahirannya Papua. Ibu Ibo meyakini bahwa dukungan IndiHome pada UKM Papua khususnya batik Papua dapat mengenalkan potensi masyarakat Papua di mata dunia.

“Jangan takut bermimpi, aku yakin suatu hari nanti ada di antara kalian yang bisa menggapai mimpi dan bisa berkeliling Papua, Indonesia bahkan dunia,” ungkap Ka Ve saat hadir memberikan semangat pada anak asuh di Panti Asuhan Sayap Kasih Baracheil pimpinan Ibu Syulla Tokoro Manoach, di Sentani Papua. Semua anak didik generasi masa depan emas Indonesia dari Papua pun tersenyum bahagia melihat contoh nyata kesuksesan Putri Papua di depan mereka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Telkom Dukung Digitalisasi Pendidikan di Daerah 3T

Telkom menyerahkan bantuan berupa perangkat device, network, application ke 321 sekolah di seluruh Indonesia terutama yang berada di wilayah 3T.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Survei Indikator: 80% Masyarakat Indonesia Belum Punya NPWP

Mayoritas responden dari survei Indikator Politik Indonesia menyatakan belum mempunyai nomor pajak wajib pajak (NPWP), yakni sekitar 80%.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

TransNusa Mulai Terbang Jakarta-Bali-Yogyakarta

TransNusa lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 WIB pagi dari Soekarno-Hatta dan mendarat di Yogyakarta pukul 09.25 WIB.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bos LPS Yakin Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh di 2023

Purbaya menegaskan, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan menentukan arah pengembangan dan penguatan sektor keuangan di tengah kekhawatiran resesi.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Right Issue, Victoria Investama Bidik Dana Segar Rp 1,79 T

PT Victoria Investama Tbk (VICO) berencana melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) I atau rights issue.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Pelindo Optimistis Pelabuhan Garongkong Rampung Akhir 2022

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 optimistis target program quick win atau percepatan Pelabuhan Garongkong rampung akhir tahun 2022.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kadin Gaungkan Inclusive Closed Loop di Rantai Pasok Jagung

Kadin mengatakan skema inclusive closed loop dapat menempatkan petani jagung di tengah ekosistem bisnis, sehingga lebih mudah mengakses permodalan.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan <em>Buyback</em>

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings