Harga Ethereum Tembus Rekor Rp 30 Juta
Logo BeritaSatu

Harga Ethereum Tembus Rekor Rp 30 Juta

Minggu, 4 April 2021 | 17:52 WIB
Oleh : Lona Olavia / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ethereum mencatatkan rekor harga tertingginya sepanjang sejarah yaitu Rp30 juta atau sekitar US$ 2.074. Meski sudah di harga tertinggi, kenaikan ini masih diprediksi akan terus berlanjut pada beberapa bulan ke depan.

Kenaikan ethereum mencapai tiga kali lipat di awal 2021 ini. Pada awal tahun 2021 lalu, Ethereum hanya dijual sekitar Rp10 juta saja. Namun, jika dibandingkan pada awal April 2020 atau secara year to year, kenaikannya sekitar 15 kali lipat. Karena pada April tahun lalu, harga Ethereum hanya Rp2 juta.

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengtakan, kenaikan ini diprediksi akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Pasalnya, ethereum akan melakukan upgrade besar-besaran di pertengahan tahun mendatang.

"Ethereum bisa berpotensi terus naik sampai beberapa bulan kedepan. Karena ada upgrade besar di jaringan ethereum,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (4/42021).

Oscar menjelaskan, ethereum akan melakukan upgrade EIP-1559 dimana akan ada beberapa jumlah ethereum yang akan burn atau dimusnahkan. Ini untuk mengurangi pasokan maksimal ethereum pada tahun-tahun mendatang.

"Ethereum terus berbenah mengatasi masalah pasokannya yang unlimited atau tidak terbatas. Ethereum akan melakukan upgrade dengan burn sehingga nantinya akan banyak ethereum yang dimusnahkan. Jika, pasokan ethereum berkurang, maka kemungkinan besar harganya akan meningkat drastis,” jelasnya.

Oscar juga menjelaskan, beberapa faktor kenaikan harga ethereum yang tembus Rp30 juta. Salah satunya, keputusan bank terbesar di dunia Visa yang memfasilitasi fitur berbasis blockchain dan crypto di dalam jaringan ethereum.

Perusahaan raksasa pembayaran tersebut sedang mengerjakan program untuk menyelesaikan transaksi dalam stablecoin USD Coin (USDC) melalui jaringan ethereum dan mitranya Crypto.com.

“Ethereum juga merupakan penyedia jaringan untuk lahirnya crypto baru. Ethereum adalah jaringan blockchain yang paling populer. Visa yang membangun jaringan membuat harga ethereum meningkat dan menembus rekor tertingginya Rp30 juta,” kata Oscar.

Selain itu, kenaikan ethereum ini juga terjadi karena maraknya pelelangan berbasis non-fungible token (NFT) yang merupakan pelelangan tercatat dengan skema blockchain. NFT belakangan ramai diperbincangkan dan digandrungi oleh penggemar seni dan teknologi di seluruh dunia.

"NFT adalah sistem pelelangan karya seni dan penemuan teknologi dimana barang biasanya dijual atau ditukarkan dengan ethereum. Ini juga menambah kenaikan harga Ethereum karena permintaannya yang meningkat,” ungkapnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Segera Terbit Aturan Larangan Mudik Lebaran dari Menhub

Peraturan ini merupakan dukungan sekaligus tindak lanjut terhadap larangan mudik Lebaran yang sudah diumumkan pemerintah.

EKONOMI | 4 April 2021

Kemhub Kembalikan Sebagian Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati

Tujuannya adalah untuk menata kembali rute penerbangan di kedua bandara tersebut.

EKONOMI | 4 April 2021

Dubes Djauhari Oratmangun Tindak Lanjuti Kesepakatan 3 Menteri dengan Tiongkok

Tiga menteri dari Indonesia, yakni Menlu Retno Marsudi, Mendag M Lutfi, dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Provinsi Fujian, Tiongkok.

EKONOMI | 4 April 2021

OJK: Ini 2 Langkah Mudah Kenali Investasi Bodong

Pertama, cek apakah suatu investasi terdaftar di OJK. Kedua, jika keuntungan yang ditawarkan lebih dari 10% patut dicurigasi.

EKONOMI | 4 April 2021

Penuhi Free Float, Maybank Indonesia Jual Saham di WOM Finance

Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) menjual 37 juta unit saham atau 1,06% dari total sahamnya di WOM Finance untuk memenuhi aturan free float 7,5%.

EKONOMI | 4 April 2021

Kempupera Bedah 7.200 Rumah di Sumsel

Menpupera Basuki Hadimuljono pembangunan infrastruktur padat karya bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya beli, mengurangi pengangguran.

EKONOMI | 4 April 2021

Bayan Resources Catat Kenaikan Laba 47,15%

Laba Bayan Resources Tbk (BYAN) tumbuh mencapai 47,15% menjadi US$ 328,73 juta pada 2020.

EKONOMI | 4 April 2021

KKP Kejar Pendataan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan

1). Data pelaku usaha penting untuk penetapan kerangka sampling survei produksi perikanan, penyaluran bantuan pemerintah.

EKONOMI | 4 April 2021

Menristek Dorong Riset Inovasi Produk dengan Komponen Dalam Negeri

Tujuan akhirnya menciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera dan percepatan penearapan teknologi 4.0.

EKONOMI | 4 April 2021

Menpupera Targetkan Tol Cisumdawu Tuntas Akhir 2021

Jika tidak terjadi kesepakatan harga yang telah ditetapkan penilai independen, dilakukan konsinyasi atau titip uang ganti rugi di pengadilan.

EKONOMI | 4 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS