Logo BeritaSatu

Daniel Dhakidae, Intelektual Kritis Sejak Orba Hingga Kini

Selasa, 6 April 2021 | 19:10 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Cendekiawan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Daniel Dhakidae meninggal dunia pada Selasa pagi (6/4/2021) akibat serangan jantung dan disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Ekonom Didik J Rachbini mengungkapkan kepergian Daniel merupakan kehilangan bagi semua unsur di Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) dan Majalah Prisma. "DD begitu dipanggil di LP3ES, hampir seluruh hidupnya didedikasikan ke LP3ES dan Prisma," kata Didik dalam keterangan yang diterima Selasa (6/4/2021).

Menurut Didiek, sebagai individu kata dia, sangat toleran dan intelektual egaliter. "Bahkan dia minta di antara teman-temannya tidak memanggil Bapak karena dengan panggilan Bapak merefleksikan hierarki dan itu dekat dengan feodalisme," kata dia.

Hal itu yang ditekankan Daniel kepada Didiek adalah menganjurkan memanggilnya Bung. Karena itu, fodalisme gaya Orde Baru sangat dibenci. "Dalam diskusi keseharian, dia kritis terhadap pemerintahan dan berdiri sebagai intelektual yang menjaga jarak bahkan sangat jauh dengan kekuasaan," kata dia.

Bagi Didik, kepergian Daniel adalah kehilangan besar, karena dia teman diskusi di kantor LP3ES-Prisma. "Beberapa minggu ini DD memang sakit tetapi selalu berkomunikasi dengan saya minta tidak berbicara karena suaranya parau, kami saling berkata tulis lewat whatsapp," kata Didik.

Didik mengatakan Daniel minta bersama-sama mempersiapkan 50 tahun LP3ES dan Prisma. "DD sedang mempersiapkan edisi Prisma 50 tahun 19 Agustus 2021 yaa, tapi sedikit mengeluhkan biaya kurang dan yang ada belum memadai sehingga perlu out of the box untuk merealisasikannya," kata Didik.

Didiek mengatakan, Daniel tidak bisa dilepaskan dari Prisma. Sementara Prisma, dan LP3E adalah legenda intelektualisme pada jamannya. Mengapa? Karena seluruh pemikir terbaik di negeri ini menulis di majalah itu, mulai Sumitro Djojohadikusumo, Emil Salim, Subroto, Taufik Abdullah, Frans Magnis, Dorodjatun Kuntjorojakti, hingga Yuwono Sudarsono.

"Arsip Prisma dari tahun 1971 sampai 2021 lebih dari layak untuk menjadi bahan disertai arus sejarah pemikir dan pemikiran Indonesia selama setengah abad dalam bidang sosial politik," kata dia.

Daniel menjadi besar sebagai intelektual karena bergumul dengan arus pemikiran besar tersebut di Prisma. Pergumulan intelektual Daniel tidak lain adalah pergumulan intgelektual Prisma LP3ES dimana dia menjadi motor dari kehebatan Prisma pada waktu itu selama tiga dekade 1970-an akhir, 1980-an dan 1990–an, bahkan sampai sekarang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jababeka Wujudkan Green Industrial Estate Lewat Cara Ini

PT Jababeka Tbk (KIJA) berkomitmen mewujudkan green industrial estate dengan menggelar program kolaborasi pelestarian lingkungan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini 5 Urgensi Pentingnya Beralih dari TV Analog ke Digital

Dengan beralih ke TV digital, masyarakat akan mendapatkan siaran yang lebih bagus, lebih bersih gambarnya dan lebih jernih suaranya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Sandiaga Ingatkan Konsep Tiga G dan Empat As, Apa Itu?

Sandiaga menyampaikan, dalam menjalankan setiap usaha, UMKM harus menjalankan konsep "Tiga G".

EKONOMI | 3 Juli 2022

79 Produsen Dukung Program Minyak Goreng Curah Rakyat

Kemenperin mencatat hingga 1 Juli 2022, ada 130 perusahaan mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jualan Alat Berat Moncer, Laba Hexindo Melesat di Atas 100%

PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) kuartal I 2022 mencatat laba bersih tahun berjalan US$ 55,08 juta atau melesat d iatas 100%.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi Indonesia, Apa Saja?

Spanyol menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Rambah Dubai, Bank Syariah Indonesia Raih Penghargaan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) meraih penghargaan Progressive International Market Expansion setelah berhasil membuka kantor cabang di Dubai.

EKONOMI | 3 Juli 2022

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

PMI Manufaktur di bulan Juni masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Lifepal.co.id membagikan tips memilih asuransi kesehatan anak supaya orang tua dapat merasa lebih tenang jika telah memiliki proteksi untuk buah hatinya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Mentan Syahrul Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Cabai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

NEWS | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings