Logo BeritaSatu

Talenta Muda Dorong Pertumbuhan Startup Berbasis Teknologi di Indonesia

Kamis, 8 April 2021 | 13:38 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan rintisan (startup) anak bangsa terus menjamur sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Ribuan perusahaan terbentuk oleh anak-anak muda setiap tahunnya, dan tak sedikit yang berambisi untuk merambah hingga ke pasar internasional dan sebagian terbukti bisa menjangkaunya.

Berdasarkan laporan Mapping & Database Startup Indonesia 2018 yang dirilis oleh Indonesia Digital Creative Industry Society, hampir 70% startup tersebut dibangun oleh para founder atau perintis anak muda berusia 25-38 tahun. Hal itu membuktikan talenta muda Indonesia di bidang teknologi tidak kalah dibandingkan negara lain.

Perkembangan teknologi digital di Indonesia juga turut membuat Pendiri Bukalapak Achmad Zaky berambisi mendorong perusahaan-perusahaan rintisan dalam negeri untuk bertumbuh menjadi pemain-pemain kaliber di tingkat regional. Melalui perusahaan investasi yang dibangun Zaky, yakni Init 6, telah meneliti sekitar 3.000 startup dalam negeri yang digawangi oleh talenta-talenta muda dan unggul Indonesia. Dari 3.000 perusahaan rintisan tersebut, Init 6 telah menyalurkan investasi ke 10 startup.

"Kami yakin potensi anak-anak muda, talenta-talenta digital di Indonesia harusnya mampu menciptakan perusahaan-perusahaan unicorn yang jauh lebih banyak daripada yang generasi saya bisa ciptakan," kata Zaky dalam keterangan resmi, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, Indonesia yang merupakan negara terbesar keempat di dunia, sudah seharusnya terjun menjadi pemain di skala global dan bukan lagi sekedar menjadi pasar bagi produk-produk dari negara-negara lainnya. Terbukti Init 6 baru saja menyuntikkan dana sekitar US$5 juta kepada IDCloudHost, sebuah perusahaan rintisan penyedia layanan infrastruktur cloud dari Bandung, untuk membantu perusahaan tersebut agar bisa bertumbuh dan memperluas layanannya ke pasar regional di Asia.

"Analisa kami, pasar small medium enterprise atau usaha kecil menengah (UKM) yang menjadi sasaran IDCloludHost merupakan pasar yang cocok untuk negara-negara berkembang karena tidak banyak dilirik oleh para kompetitor, yang lebih banyak bermain di segmen perusahaan skala besar. Sehingga akan menjadi jauh lebih masif adopsi (cloud)-nya. Kalau sekarang banyak dikatakan cloud computing, secara publik sudah melampaui on prime, tetapi di Indonesia itu masih jauh, kebanyakan masih on prime," ucap Zaky.

Selain itu, perusahaan berbasis teknologi yang dirintis oleh talenta muda lainnya di antaranya adalah Ultra Voucher, aggregator voucher digital terbesar di Indonesia yang bisnisnya terinspirasi untuk memenuhi gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar menggunakan promosi, diskon, dan juga kemudahan penggunaan voucher dalam gaya hidup sehari-hari.

Co-Founder dan COO PT Trimegah Karya Pratama atau Ultra Voucher, Riky Boy Permata mengatakan bisnis Ultra Voucher datang dari ide tentang bagaimana membuat berbelanja dengan voucher menjadi lebih mudah, lebih sederhana dan membantu konsumen agar tidak perlu membawa voucher fisik yang mudah robek, tertinggal, hilang ataupun lupa digunakan sampai lewat masa kedaluarsa.

"Dengan pemanfaatan teknologi, akhirnya lahirlah voucher digital bernama Ultra Voucher, di mana dalam satu platform orang bisa mencari berbagai macam voucher. Itulah mengapa Ultra Voucher disebut sebagai one platform, one voucher for all," kata Riky.

Selain memberikan kemudahan bagi konsumen, Ultra Voucher bisa disebut juga menjadi technology enabler bagi para partnernya dengan 3 faktor utama yang dimiliki, yaitu voucher issuance, voucher distribution dan voucher redemption. Ketiga pilar ini lah yang dimiliki oleh Ultra Voucher secara teknologi dan diberikan kepada para partner.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022

Ini 10 Perusahaan Teknologi dengan Jumlah PHK Terbesar

Menurut data layoffs.fyi, terdapat 137.492 karyawan dari 859 perusahaan teknologi di seluruh dunia yang di-PHK pada 2022.

EKONOMI | 26 November 2022

Wall Street Menguat dalam Sepekan di Tengah Minimnya Sentimen

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik pada hari Jumat (25/11/2022). Indeks-indeks acuan Wall Street mencatat kinerja positif selama minggu ini.

EKONOMI | 26 November 2022

BEI Targetkan 57 Perusahaan Melantai di Bursa pada 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaram umum saham perdana (IPO) pada 2023 sebanyak 57 perusahaan

EKONOMI | 26 November 2022

Perluas Pasar Bank Digital, MNC Bank Gandeng Taspen

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank dipercaya PT Taspen (Persero) (TASPEN) menjadi mitra bayar digital pertama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE