Talenta Muda Dorong Pertumbuhan Startup Berbasis Teknologi di Indonesia
Logo BeritaSatu

Talenta Muda Dorong Pertumbuhan Startup Berbasis Teknologi di Indonesia

Kamis, 8 April 2021 | 13:38 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan rintisan (startup) anak bangsa terus menjamur sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Ribuan perusahaan terbentuk oleh anak-anak muda setiap tahunnya, dan tak sedikit yang berambisi untuk merambah hingga ke pasar internasional dan sebagian terbukti bisa menjangkaunya.

Berdasarkan laporan Mapping & Database Startup Indonesia 2018 yang dirilis oleh Indonesia Digital Creative Industry Society, hampir 70% startup tersebut dibangun oleh para founder atau perintis anak muda berusia 25-38 tahun. Hal itu membuktikan talenta muda Indonesia di bidang teknologi tidak kalah dibandingkan negara lain.

Perkembangan teknologi digital di Indonesia juga turut membuat Pendiri Bukalapak Achmad Zaky berambisi mendorong perusahaan-perusahaan rintisan dalam negeri untuk bertumbuh menjadi pemain-pemain kaliber di tingkat regional. Melalui perusahaan investasi yang dibangun Zaky, yakni Init 6, telah meneliti sekitar 3.000 startup dalam negeri yang digawangi oleh talenta-talenta muda dan unggul Indonesia. Dari 3.000 perusahaan rintisan tersebut, Init 6 telah menyalurkan investasi ke 10 startup.

"Kami yakin potensi anak-anak muda, talenta-talenta digital di Indonesia harusnya mampu menciptakan perusahaan-perusahaan unicorn yang jauh lebih banyak daripada yang generasi saya bisa ciptakan," kata Zaky dalam keterangan resmi, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, Indonesia yang merupakan negara terbesar keempat di dunia, sudah seharusnya terjun menjadi pemain di skala global dan bukan lagi sekedar menjadi pasar bagi produk-produk dari negara-negara lainnya. Terbukti Init 6 baru saja menyuntikkan dana sekitar US$5 juta kepada IDCloudHost, sebuah perusahaan rintisan penyedia layanan infrastruktur cloud dari Bandung, untuk membantu perusahaan tersebut agar bisa bertumbuh dan memperluas layanannya ke pasar regional di Asia.

"Analisa kami, pasar small medium enterprise atau usaha kecil menengah (UKM) yang menjadi sasaran IDCloludHost merupakan pasar yang cocok untuk negara-negara berkembang karena tidak banyak dilirik oleh para kompetitor, yang lebih banyak bermain di segmen perusahaan skala besar. Sehingga akan menjadi jauh lebih masif adopsi (cloud)-nya. Kalau sekarang banyak dikatakan cloud computing, secara publik sudah melampaui on prime, tetapi di Indonesia itu masih jauh, kebanyakan masih on prime," ucap Zaky.

Selain itu, perusahaan berbasis teknologi yang dirintis oleh talenta muda lainnya di antaranya adalah Ultra Voucher, aggregator voucher digital terbesar di Indonesia yang bisnisnya terinspirasi untuk memenuhi gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar menggunakan promosi, diskon, dan juga kemudahan penggunaan voucher dalam gaya hidup sehari-hari.

Co-Founder dan COO PT Trimegah Karya Pratama atau Ultra Voucher, Riky Boy Permata mengatakan bisnis Ultra Voucher datang dari ide tentang bagaimana membuat berbelanja dengan voucher menjadi lebih mudah, lebih sederhana dan membantu konsumen agar tidak perlu membawa voucher fisik yang mudah robek, tertinggal, hilang ataupun lupa digunakan sampai lewat masa kedaluarsa.

"Dengan pemanfaatan teknologi, akhirnya lahirlah voucher digital bernama Ultra Voucher, di mana dalam satu platform orang bisa mencari berbagai macam voucher. Itulah mengapa Ultra Voucher disebut sebagai one platform, one voucher for all," kata Riky.

Selain memberikan kemudahan bagi konsumen, Ultra Voucher bisa disebut juga menjadi technology enabler bagi para partnernya dengan 3 faktor utama yang dimiliki, yaitu voucher issuance, voucher distribution dan voucher redemption. Ketiga pilar ini lah yang dimiliki oleh Ultra Voucher secara teknologi dan diberikan kepada para partner.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Subsidi Listrik Tepat Sasaran Bisa Hemat Rp 22 Triliun

Pemerintah juga tengah mempertimbangkan penerapan kembali tariff adjustment yang dihentikan sejak 2017 lalu.

EKONOMI | 8 April 2021

Peningkatan Produksi Minyak OPEC+ Dongkrak Tarif Sewa Kapal Tanker

Lonjakan tarif sewa kapal tanker akan membantu kapal-kapal berukuran besar akibat pemotongan produksi minyak beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 8 April 2021

MS Hidayat: Arsjad Rasjid Sosok Pengusaha Sukses yang Inspiratif

MS Hidayat mendukung Arsjad Rasjid menjadi Ketua Umum Kadin periode 2021-2026.

EKONOMI | 8 April 2021

Jika Risiko Bisnis Dianggap Kerugian Negara, Investor Institusi Bisa Takut Berinvestasi

Perlu ada pemahaman tafsir terkait definisi kerugian risiko bisnis dan kerugian negara.

EKONOMI | 8 April 2021

NCSR Indonesia: Adopsi Prinsip Sustainability ke Dalam Aktivitas Bisnis Perusahaan

Pemahaman dan harapan dari pemangku kepentingan yang sudah sangat berbeda turut mendorong komunitas bisnis ke arah sustainability.

EKONOMI | 8 April 2021

IHSG Sesi Siang Naik, Ini Daftar Saham Top Gainers

Level tertinggi indeks pada level 6.062,37, sedangkan terendah 6.030,28.

EKONOMI | 8 April 2021

Risiko Investasi Tidak Boleh Dianggap Kerugian Negara

Pernyataan ini disampaikan untuk menanggapi kasus yang tengah membelit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) atau BP Jamsostek.

EKONOMI | 8 April 2021

SKK Migas dan KKKS Sepakat Tambah Produksi Minyak 3.500 BOPD

SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) akan menambah produksi minyak rerata tahunan sebesar 3.500 BOPD.

EKONOMI | 8 April 2021

Pandemi Covid-19, Permintaan Kemasan Eksklusif Hardbox Meningkat

Permintaan terhadap kemasan hardbox (Rigid) Eksklusif meningkat secara tajam selama masa pandemi Covid-19.

EKONOMI | 8 April 2021

IHSG Menguat di Tengah Aksi Jual Investor Asing

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,29% ke 6.054,17 pada akhir sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (8/4/2021).

EKONOMI | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS