Ini Perincian Larangan Mudik dan Pengecualian Transportasi Darat
Logo BeritaSatu

Ini Perincian Larangan Mudik dan Pengecualian Transportasi Darat

Kamis, 8 April 2021 | 18:49 WIB
Oleh : Herman, Thresa Sandra Desfika / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Menyusul adanya kebijakan larangan mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah membuat kebijakan perjalanan menggunakan transportasi darat selama periode larangan mudik mulai 6 - 17 Mei 2021.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyampaikan, penggunaan transportasi darat yang dilarang selama periode larangan mudik yaitu kendaraan bermotor umum dengan jenis bus dan mobil penumpang; kendaraan bermotor perseorangan dengan jenis mobil penumpang, mobil bus, sepeda motor, serta kapal angkutan sungai dan danau.

Kemhub juga membuat aturan pengecualian untuk masyarakat yang boleh melakukan perjalanan, antara lain bekerja atau perjalanan dinas untuk ASN, pegawai BUMN, pegawai BUMD, Polri, TNI, atau pegawai swasta yang dilengkapi surat tugas dengan tanda tangan basah dan cap basah dari pimpinannya.

“Pengecualian juga diberikan untuk kunjungan keluarga yang sakit, kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal dunia, ibu hamil dengan satu orang pendamping, kemudian kepentingan melahirkan maksimal dua orang pendamping, serta pelayanan kesehatan yang darurat,” kata Budi Setiyadi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu untuk pengecualian kendaraan yang masih diperbolehkan melakukan perjalanan, antara lain kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara RI, kendaraan dinas operasional TNI/Polri, kendaraan dinas operasional petugas jalan tol, kendaraan pemadam kebakaran, ambulance, mobil jenazah, mobil barang yang tidak membawa penumpang, kendaraan yang digunakan untuk pelayanan kesehatan darurat, kendaraan yang mengangkut repatriasi pekerja migran Indonesia, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal sesuai ketentuan yang berlaku.

“Menyangkut wilayah aglomerasi atau lingkungan perkotaan, ada beberapa daerah yang sudah kami skip di dalam peraturan Menteri Perhubungan yang masih boleh melanjutkan atau melaksanakan kegiatan pergerakan, yaitu untuk wilayah aglomerasi Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo. Berikutnya untuk wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi. Berikutnya Yogya Raya, Solo Raya, Gerbang Kertosusilo, Mojokerto, Surabaya dan Sidoarjo. Dan yang aglomerasi terakhir untuk Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan juga Maros,” papar Budi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IHSG Naik, Ini Jajaran Saham Paling Aktif Ditransaksikan

Nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai Rp 10,17 triliun.

EKONOMI | 8 April 2021

Sambut Ramadan, Tamasia Luncurkan Tamagold

mTamagold erupakan logam emas mulia dengan ukuran yang sangat terjangkau, yaitu 0,1 gram, 0,2 gram dan 0,5 gram dengan disertakan kemasan yang sangat menarik.

EKONOMI | 8 April 2021

Latinusa Targetkan Laba 2021 Tumbuh 10%

2020 perseroan tercatat membukukan laba bersih US$ 2,71 juta atau naik tipis 1,41% dibandingkan 2019 mencapai US$ 2,68 juta.

EKONOMI | 8 April 2021

Ini Tiga Pilar Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah

OJK sudah menyusun Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia (RP2SI) periode 2020 – 2025.

EKONOMI | 8 April 2021

Teten Tetapkan Tujuh Target Kemkop dan UKM sampai 2024

Kemkop dan UKM menggelar Rapat Koordinasi Bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2021 di Yogyakarta.

EKONOMI | 8 April 2021

IHSG Menguat, Asing Koleksi BBRI dan Lepas BBCA

Investor asing mencatat transaksi jual bersih (net sell) di semua pasar sebesar Rp 503,11 miliar.

EKONOMI | 8 April 2021

Bank Syariah Harus Jaga Kekhasan agar Dipilih Masyarakat

Beberapa prinsip bank syariah antara lain harus terhindar dari riba atau bunga, gharar atau ketidakjelasan dana, dan maysir atau perjudian.

EKONOMI | 8 April 2021

Covid-19 Belum Hilang, Taiwan Belum Terima PMI

Taiwan belum terima PMI karena Covid-19 belum hilang.

EKONOMI | 8 April 2021

IHSG Menguat, Ini Deretan Saham Top Gainers

Level tertinggi indeks mencapai 6.073,91, sedangkan terendah 6.030,28.

EKONOMI | 8 April 2021

PT Naga Global Perkasa Bangun RS Rahayu Sentosa Garut dan Bandara Dhoho Kediri

PT Naga Global Perkasa melebarkan sayap investasinya di proyek pengurukan tanah Bandara Dhoho Kediri dan pembangunan Rumah Sakit (RS) Rahayu Sentosa Garut.

EKONOMI | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS