PLN Siap Kelola Pasokan Listrik di Blok Rokan
Logo BeritaSatu

PLN Siap Kelola Pasokan Listrik di Blok Rokan

Kamis, 8 April 2021 | 19:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kegiatan usaha penyediaan listrik di Blok Rokan, Riau setelah berakhirnya kontrak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada Agustus 2021 sebaiknya dilakukan PT PLN (Persero). Untuk itu, CPI perlu berkomunikasi dengan PLN selaku pemegang mandat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 634 12/20/600.3/2011. Apalagi PLN telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dan Uap (PJBTLU) dengan PT Pertamina (Persero).

“Sesuai Kepmen No 634, tidak ada badan usaha selain PLN yang berhak atau berwenang untuk melakukan kegiatan usaha penyediaan listrik di Blok Rokan," ujar Direktur Niaga dan Layanan Pelanggan PLN Bob Saril, saat berbicara pada webinar bertajuk “Pengamanan Aset Negara dan Keberlanjutan Pasokan Listrik di Blok Rokan” di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Menurut Bob penyediaan tenaga listrik adalah hal penting dalam mendukung efisiensi dan kecukupan listrik secara nasional. Setiap badan usaha yang akan turut serta dalam usaha penyediaan listrik sebaiknya berdasarkan kerja sama dengan PLN sebagai penyedia tenaga listrik di seluruh Indonesia. “Bagi PLN melistriki Blok Rokan bukan tentang keuntungan, melainkan tentang menjalankan tugas nasional,” katanya.

Mayoritas pasokan listrik di Blok Rokan berasal dari PLTGU yang dikelola PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) yang mayoritas sahamnya dimiliki Chevron Standar Ltd (CSL). Perjanjian listrik dan uap Chevron dengan MCTN yang sahamnya mayoritas dimiliki CSL sebagai satu grup Holding Chevron, dituangkan dalam bentuk energy service agreement (ESA) dengan pembayaran pengembalian investasi dalam bentuk Capacity Fee. Masa kontrak mulai tahun 2000 hingga 8 Agustus 2021.

Bob menjelaskan, setelah berakhir masa kontrak pengelolaan Blok Rokan oleh CPI, ESA antara CPI dan MCTN juga berakhir. CSL sebagai pemegang saham mayoritas MCTN seyogyanya tidak melakukan bidding terbuka penjualan saham MCTN dengan menggunakan jasa konsultan keuangan JP Morgan.

Menurut Bob, seharusnya CSL melakukan komunikasi kondusif dengan penyedia listrik dan uap yang sudah ditunjuk oleh Pertamina dalam penyediaan listrik dan uap untuk jangka panjang seiring pengelolaan Blok Rokan yang beralih ke Pertamina mulai 9 Agustus 2021.

Bob menyebutkan, PLN siap menjalankan amanah penting untuk mendukung pengelolaan Blok Rokan oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), anak usaha PT Pertamina Hulu Energi. PLN juga siap secara business to business negosiasi dengan Chveron terkait pembangkit di Blok Rokan. “Masalah B2B, yes we do, tentu saja ini harus dilandasi dengan fairness. Yang ditawarkan itu harus sesuatu yang wajar,” tegas Bob.

Menurut dia, PLN sanggup mengelola pembangkit CSL di Rokan. Apalagi PLN terbiasa menggunakan teknologi apapun untuk pembangkit. “Seperti PLTGU di Tanjung Priok dan Muara Karang, itu mesinnya sama seperti di Rokan,” katanya.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fataryani Abdurahman mengatakan SKK Migas telah mengirimkan surat ke Chevron perihal pembangkit di Rokan. “Kami bilang bahwa keuntungannya sudah banyak, selama 20 tahun kalian (CPI) sudah dapat. Tapi kadang-kadang kita lupa bahwa mereka juga me-maintenance,” kata dia.

Kasubdit Kekayaan Negara Lain-Lain Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Afwan Fauzi mengatakan aset hulu migas secara keseluruhan memang cukup besar, dan CPI menguasai 20% di antaranya. Dalam penyerahan aset CPI ke pemerintah pada 2020, DJKN mulai melakukan proses administrasi dan menghimpun berbagai info untuk menjadi bahan evaluasi Kemenkeu dan SKK Migas.

Menurut Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Hulu Energi, induk usaha PT Pertamina Hulu Rokan, John Simamora, pihaknya sudah merasa tepat mempercayakan pasokan listrik Blok Rokan ke PLN. Terlebih Pertamina dan PLN telah menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dan Uap (SPJBTLU) pada tanggal 1 Februari 2021.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mudik Dilarang, Kemhub Masih Operasikan Kereta Api Luar Biasa

Ditjen Perkeretaapian telah memutuskan untuk meniadakan angkutan mudik Lebaran menggunakan moda kereta api antar kota.

EKONOMI | 8 April 2021

Petrosea Teken Kerja Sama Jasa Pertambangan Rp 2,7 Triliun

Perjanjian kerja sama jasa pertambangan ini untuk durasi tujuh tahun sampai dengan 31 Desember 2027.

EKONOMI | 8 April 2021

Mudahkan Pelanggan, PLN Hadirkan Paket Ramadan Peduli dan Ramadan Berkah

PLN kembali memberikan penawaran spesial tambah daya bagi pelanggan melalui program “Ramadan Peduli“ dan “Ramadan Berkah”.

EKONOMI | 8 April 2021

Ini Ketentuan Naik Pesawat Selama Periode Larangan Mudik

Pelarangan ini bersifat menyeluruh, tetapi masih ada pengecualian-pengecualian.

EKONOMI | 8 April 2021

Ini Perincian Larangan Mudik dan Pengecualian Transportasi Darat

Pengecualian diberikan untuk kunjungan keluarga yang sakit.

EKONOMI | 8 April 2021

IHSG Naik, Ini Jajaran Saham Paling Aktif Ditransaksikan

Nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai Rp 10,17 triliun.

EKONOMI | 8 April 2021

Sambut Ramadan, Tamasia Luncurkan Tamagold

mTamagold erupakan logam emas mulia dengan ukuran yang sangat terjangkau, yaitu 0,1 gram, 0,2 gram dan 0,5 gram dengan disertakan kemasan yang sangat menarik.

EKONOMI | 8 April 2021

Latinusa Targetkan Laba 2021 Tumbuh 10%

2020 perseroan tercatat membukukan laba bersih US$ 2,71 juta atau naik tipis 1,41% dibandingkan 2019 mencapai US$ 2,68 juta.

EKONOMI | 8 April 2021

Ini Tiga Pilar Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah

OJK sudah menyusun Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia (RP2SI) periode 2020 – 2025.

EKONOMI | 8 April 2021

Teten Tetapkan Tujuh Target Kemkop dan UKM sampai 2024

Kemkop dan UKM menggelar Rapat Koordinasi Bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2021 di Yogyakarta.

EKONOMI | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS