Dorong Edukasi Perdagangan Berjangka Kopi, Kemdag Dukung Kolaborasi JFX dan AEKI
Logo BeritaSatu

Dorong Edukasi Perdagangan Berjangka Kopi, Kemdag Dukung Kolaborasi JFX dan AEKI

Kamis, 8 April 2021 | 20:51 WIB
Oleh : Lona Olavia / EHD

Medan, Beritasatu.com - Kementerian Perdagangan (Kemdag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyambut baik kolaborasi antara PT Bursa Berjangka Jakarta (Jakarta Futures Exchange/JFX) dan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Kolaborasi JFX dan AEKI diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam rangka sosialisasi dan edukasi tentang perdagangan pasar fisik dan kontrak berjangka komoditi kopi yang disaksikan secara langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Stephanus Paulus Lumintang dan Ketua Umum AEKI Irfan Anwar, Kamis (8/4/2021) di Kantor AEKI Sumatra Utara, Medan, Sumatra Utara.

“Pemerintah menyambut terbuka dan mendukung berbagai pihak yang berniat baik dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama petani kopi. Diharapkan penandatanganan MoU antara JFX dan AEKI dapat diimplementasikan dengan baik dan memberi manfaat yang besar bagi para pemangku kepentingan, yaitu eksportir dan industri kopi Indonesia,“ ujar Wamendag Jerry.

Kepala Bappebti Sidharta Utama yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan, tingkat pertumbuhan transaksi kopi cukup signifikan. Berdasarkan data transaksi di BBJ, hingga kuartal-III 2020, volume transaksi kopi naik 63,06% (YoY) dengan kontribusi kopi terhadap total volume transaksi mencapai 33,4%.

Total transaksi kontrak komoditi di kuartal III-2020 lalu tercatat sebesar 1,24 juta lot, dengan kontrak size kopi jenis Robusta sebesar 5 ton dan Arabika sebesar 2 ton.

Dengan tingkat harga saat ini yaitu Robusta di kisaran harga Rp19.700-Rp20.800/kg dan Arabica Rp68.000-Rp71.000/kg, kopi akan tetap menarik untuk diperjualbelikan di JFX.

Sidharta juga menyampaikan, industri kopi memiliki karakteristik backward lingkage yang cukup besar. “Majunya industri ini akan mendorong berkembangnya sektor pendukung seperti perkebunan kopi, baik perkebunan kopi rakyat maupun perkebunan skala besar milik BUMN dan swasta nasional,” imbuhnya.

Dirut JFX Stephanus menjelaskan, penandatangan MoU dengan AEKI ini merupakan terobosan baru JFX sebagai perwujudan kolaborasi antara institusi dan asosiasi dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan edukasi guna meningkatkan pemahaman, fungsi dan peran dari perdagangan berjangka khususnya kontrak komoditi kopi.

Sementara itu, Ketua AEKI Irfan menegaskan, kopi dapat menjadi alternatif pembiayaan untuk menjaga ketersediaan kopi, memanfaatkan sarana lindung nilai (hedging), dan pembentukan harga. Selain itu juga dalam bidang edukasi untuk menciptakan pelatihan profesi kopi seperti barista.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Larangan Mudik, Layanan KA Antar-Kota Ditiadakan

Namun untuk layanan KA di perkotaan masih tetap beroperasi dengan adanya pembatasan jam operasional

EKONOMI | 8 April 2021

BRI Disarankan Akuisisi Bank Komersial

Kementerian BUMN terus mendorong terwujudnya rencana holding BUMN Ultra Mikro.

EKONOMI | 8 April 2021

Kempupera Targetkan 75 Bendungan pada 2024, Ini Fungsinya

Kempupera dalam kurun waktu enam tahun terakhir telah membangun 61 bendungan. Kemudian pada tahun 2024, pemerintah menargetkan membangun 75 bendungan.

EKONOMI | 8 April 2021

Enam Tahap MNC Bank Jadi Bank Digital

MNC Bank tengah mengajukan izin untuk digital onboarding aplikasi Motion untuk menjadi bank digital ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 8 April 2021

Trafik Jaringan XL Axiata Selama Ramadan Diproyeksikan Naik 10%

Pada periode Ramadan tahun ini, XL Axiata memproyeksikan trafik jaringannya akan meningkat hingga 10% dibandingkan trafik di hari biasa.

EKONOMI | 8 April 2021

Garuda Operasikan Penerbangan Kemanusiaan di NTT

Maskapai nasional Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan kemanusiaan untuk bantu masyarakat NTT.

EKONOMI | 8 April 2021

PLN Siap Kelola Pasokan Listrik di Blok Rokan

PLN telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dan Uap (PJBTLU) dengan PT Pertamina (Persero).

EKONOMI | 8 April 2021

Mudik Dilarang, Kemhub Masih Operasikan Kereta Api Luar Biasa

Ditjen Perkeretaapian telah memutuskan untuk meniadakan angkutan mudik Lebaran menggunakan moda kereta api antar kota.

EKONOMI | 8 April 2021

Petrosea Teken Kerja Sama Jasa Pertambangan Rp 2,7 Triliun

Perjanjian kerja sama jasa pertambangan ini untuk durasi tujuh tahun sampai dengan 31 Desember 2027.

EKONOMI | 8 April 2021

Mudahkan Pelanggan, PLN Hadirkan Paket Ramadan Peduli dan Ramadan Berkah

PLN kembali memberikan penawaran spesial tambah daya bagi pelanggan melalui program “Ramadan Peduli“ dan “Ramadan Berkah”.

EKONOMI | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS