Untuk Modal Usaha, Alumni Kartu Prakerja Bisa Dapatkan KUR
Logo BeritaSatu

Untuk Modal Usaha, Alumni Kartu Prakerja Bisa Dapatkan KUR

Jumat, 9 April 2021 | 08:07 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah akan memberikan fasilitasi pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro bagi wirausaha alumni peserta Program Kartu Prakerja. Langkah ini diambil demi mencapai target rasio kewirausahaan nasional 3,9% dan pertumbuhan wirausaha baru 4% pada tahun 2024.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR Platform Perbankan Mitra Program Kartu Prakerja, Kamis (8/4/2021).

Airlangga mengatakan, berdasarkan data statistik Manajemen Kartu Prakerja, ada sekitar 35% penerima Kartu Prakerja yang awalnya sedang tidak bekerja lalu menjadi bekerja. Dari angka itu, sekitar 17% di antaranya menjadi wirausaha. Oleh karena itu, insentif KUR yang berikan oleh pemerintah diharapkan mampu mendorong para pengusaha mengembangkan kegiatan usahanya dan nantinya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami harap para alumni Program Kartu Prakerja dapat memperoleh informasi yang bernilai dan bermanfaat untuk membantu pengembangan kegiatan usahanya melalui dukungan program KUR. Selanjutnya, mendorong para alumni Kartu Prakerja untuk menjadi wirausaha yang sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,”
ujar Airlangga.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin, menegaskan kepada para Alumni Program Kartu Prakerja bahwa KUR merupakan produk pembiayaan/kredit, bukan program bantuan sosial.

“Meskipun Alumni Program Prakerja HM.4.6/72/SET.M.EKON.3/04/2021 telah memperoleh pelatihan, tidak secara otomatis pasti mendapatkan fasilitasi KUR. Tetap melalui prosedur dan prinsip-prinsip yang harus dipenuhi perbankan dalam penyaluran kredit,” ujar Rudy.

Di dalam sosialisasi ini dijelaskan bahwa proses pengajuan KUR dilakukan secara online sehingga wirasaha alumni Prakerja dapat mengakses permodalan dengan cepat, mudah, dan murah. Proses pengajuan dapat dilaksanakan dengan alur: (1) peserta alumni Program Kartu Prakerja mengajukan surat permohonan kredit ke Bank BNI melalui E-Form KUR Prakerja; (2) Bank BNI melakukan evaluasi kelayakan usaha; (3) jika dinilai layak, peserta alumni Program Kartu Prakerja terpilih melakukan penandatanganan perjanjian kredit di Bank BNI; (4) peserta alumni Program Kartu Prakerja terpilih wajib melakukan pembayaran kewajiban sampai dengan kredit lunas.

Saat ini, Program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang ke 16. Pada tahun 2020 (batch 1-11), jumlah penerima program tersebut mencapai 5,5 juta orang dengan sekitar 5,3 juta orang di antaranya telah mendapatkan insentif dari total dana yang disalurkan Rp 13,36 triliun. Sedangkan untuk periode tahun 2021 (batch 12-16) jumlah penerima mencapai 2,7 juta orang dengan 2,6 juta orang di antaranya telah membeli pelatihan. Total dana insentif yang telah disalurkan sebesar Rp 1,68 triliun kepada 2,02 juta orang penerima. Selain itu, Program Kartu Prakerja telah menjangkau peserta yang tersebar di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia dan membangun ekosistem yang kolaboratif.

Program KUR bagi Alumni Program Prakerja telah dibahas dalam Komite Kebijakan KUR yang diketuai oleh Menko Perekonomian dan dikoordinasikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Sekretaris Komite. Untuk tahap selanjutnya, Program KUR bagi Alumni Program Prakerja akan terus bertambah dengan melibatkan perbankan lain di luar Mitra Program Prakerja seiring dengan meningkatnya penilaian perbankan terhadap calon debitur alumni Program Prakerja.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jakarta Industrial Estate Raih Gelar BUMN Terbaik dalam Transformasi Bisnis & Organisasi

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung meraih gelar sebagai BUMN Terbaik Dalam Transformasi Bisnis & Organisasi di ajang Anugerah BUMN 2021, Kamis (8/4/2021).

EKONOMI | 9 April 2021

Gandeng Bank Sumut, Generali Jangkau Pasar Sumatera Utara

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) dan PT Bank Sumut secara resmi mengumumkan kerja sama strategis untuk kanal bancassurance.

EKONOMI | 9 April 2021

Stok Melimpah, Harga Minyak Mentah Turun

Harga minyak mentah Brent turun 0,7% ke US$ 62,7 per barel, sementara West Texas Intermediate (WTI) turun 0,28% ke US$ 59,6 per barel.

EKONOMI | 9 April 2021

Maybank Indonesia Resmikan Tiga Kantor Cabang Syariah

Tiga kantor cabang syariah baru ini berada di Jambi, Malang, dan Banda Aceh.

EKONOMI | 9 April 2021

Ikuti Wall Street, Bursa Eropa Ditutup Menguat

Stoxx600 Eropa naik 0,58%, DAX Jerman naik 0,17%, FTSE Inggris naik 0,83%, CAC Prancis naik 0,57%, FTSE MIB Italia turun 0,66%.

EKONOMI | 9 April 2021

Sektor Teknologi Dorong Wall Street, S&P 500 Kembali Tembus Rekor

Dow Jones Industrial Average naik 0,17% ke 33.503,6. S&P 500 naik 0,42% ke 4.097,2. Nasdaq naik 1,03% ke 13.829,3.

EKONOMI | 9 April 2021

Ekonom Indef: Larangan Mudik Lebaran Tak Berdampak Signifikan terhadap Ekonomi

Ekonom Indef Enny Sri Hartati menyatakan keputusan pemerintah melarang mudik Lebaran 2021 tak akan berdampak signifikan terhadap ekonomi.

EKONOMI | 8 April 2021

Casio EMI Perluas Pemasaran Digital

Casio EMI di Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan Blibli.com dengan menghadirkan Casio Music Indonesia Official Store".

EKONOMI | 8 April 2021

Pertamina Salurkan 606.308 KL Solar ke Segmen VVIP

Porsi penyaluran BBM solar yang ditangani Pertamina Industrial Marine Fuel mayoritas berupa solar nonsubsidi, yaitu mencapai 95%.

EKONOMI | 8 April 2021

Program Kotaku Hapus Kekumuhan Kota Malang

Kempupera implementasikan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Kauman, Kota Malang, Jawa Timur.

EKONOMI | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS