Logo BeritaSatu

Tugu Insurance Dukung Pencapaian SDGs Lewat Bakti Tugu

Senin, 19 April 2021 | 19:36 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah tidak dapat bergerak sendiri dalam mendukung pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Realisasi 17 poin SDGs yang digagas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini membutuhkan keterlibatan seluruh pihak, termasuk pihak swasta. Sebagai salah satu anak perusahaan BUMN PT Pertamina (Persero), PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) turut mendukung pencapaian SDGs Agenda 2030, yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan.

Melalui “Bersatu Aksi Kepedulian Tugu Insurance” atau Bakti Tugu, yang baru saja diluncurkan pada 1 April 2021 lalu, diharapkan dapat menjadi wadah yang menaungi seluruh kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Tugu Insurance. Aksi ini bertujuan untuk memperkuat kontribusi Perusahaan dalam mendorong terciptanya kehidupan dan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat. Bakti Tugu ini terdiri dari empat pilar, yaitu Bakti untuk Kesehatan dan Keselamatan, Bakti untuk Lingkungan Hidup Bakti untuk, Pendidikan, dan Bakti untuk Pemberdayaan Ekonomi, Setiap Pilar Bakti Tugu berkaitan dengan SDGs tertentu serta dikembangkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek permasalahan yang terjadi di masyarakat serta dikaitkan dengan beberapa kebijakan dan strategi perusahaan ke depan.

Salah satu contoh aksi yang dilakukan oleh Bakti Tugu untuk mendukung pencapaian SDGs, tercermin pada pelaksanaan aksi SDGs Nomor 3 (Kehidupan sehat dan sejahtera) berupa dikembangkannya aplikasi keselamatan berkendara t drive sebagai edukasi defensive driving dengan harapan dapat berkontribusi menekan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Selain itu, baru-baru ini Tugu Insurance telah menggandeng Rumah Zakat untuk bantuan pelayanan kesehatan dengan menyediakan ambulans gratis di wilayah Jabodetabek.

Indra Baruna selaku Presiden Direktur Tugu Insurance menuturkan bahwa nantinya ambulans ini dapat digunakan oleh masyarakat secara cuma-cuma dan semoga dapat mengurangi beban masyarakat yang membutuhkan akses transportasi ke fasilitas kesehatan terdekat.

Tugu Insurance juga berupaya menjadi perusahaan yang ramah lingkungan. Misalnya dengan Waste Management Program. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengurangi pemakaian kertas (paperless) yang nantinya diharapkan dapat menekan pemborosan penggunaan kertas di kantor hingga 20%. Usaha yang dilakukan untuk mengurangi sampah kertas di kantor adalah dengan melakukan berbagai inovasi digitalisasi proses bisnis dan operasional, sehingga aktivitas dokumentasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan kertas. Aksi ini diharapkan dapat mendukung pencapaian SDGs Nomor 12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan, Tugu Insurance juga telah berkomitmen dalam hal pendidikan dan literasi keuangan sesuai dengan SDGs 4 (“Pendidikan Bermutu”). Nantinya Tugu Insurance akan membidik pasar milenial dengan harapan dapat meningkatkan literasi keuangan guna memastikan pendidikan keuangan yang inklusif. Tidak hanya itu, perusahaan juga akan menghadirkan program beasiswa dalam bidang perasuransian.

Dukungan pada pencapaian Tujuan SDGs 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, diwujudkan Tugu Insurance melalui Program Kemitraan (UMKM). Program ini merupakan sarana bagi perusahaan untuk berdayakan UMKM, dalam objektif yang sama dengan negara terkait penciptaan lapangan dan kesempatan kerja, yang akan berdampak signifikan bagi upaya mengentaskan kemiskinan. Melalui program ini, perusahaan dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dan penyediaan lapangan pekerjaan yang layak bagi semua.

Sebagaimana data yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, di mana UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar 60% dan UMKM juga selama ini menyerap sekitar 97% total tenaga kerja di Indonesia. Sejalan dengan program pemerintah, Tugu Insurance akan mendukung transformasi digital penggiat UMKM. Apalagi mengingat digitalisasi ini penting bagi UMKM agar dapat kembali bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

“Nantinya kami juga akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam program Bakti Tugu. Jadi ini tidak hanya internal manajemen dan karyawan Tugu Insurance saja, tetapi juga akan melibatkan pelanggan, mitra bisnis, serta masyarakat," tutur Indra Baruna.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keren, Penjualan Rumah Tidak Terpengaruh Kenaikan Harga BBM

Kenaikan harga BBM tidak berpengaruh banyak terhadap sektor properti. Buktinya, 300 unit rumah di Kartika Residence, ludes terjual dalam kurun waktu sehari.

EKONOMI | 26 September 2022

Transaksi Aset Kripto Agustus Kecil Banget, Cuma Rp 16,9 T

Jumlah transaksi aset kripto bulan Agustus 2022 hanya mencapai Rp 16,9 triliun, atau ambles hingga 80% dibandingkan Agustus 2021.

EKONOMI | 26 September 2022

IHSG Sesi I Babak Belur, Sektor Energi Anjlok Hampir 4%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 1,22% ke kisaran 7.090,99 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (26/9/2022).

EKONOMI | 26 September 2022

Praktis, Ini Cara Temukan Peluang Trading dengan Mudah

Sinyal trading yang andal dapat mengurangi risiko karena diperbarui secara real time berdasarkan fluktuasi market.

EKONOMI | 26 September 2022

Viral Beda Warna Pertalite Lama dan Baru, Ini Kata Pertamina

Corsec Pertamina Patra Niaga mengatakan warna asli Pertalite adalah bening. Pewarna yang diberikan untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros.

EKONOMI | 26 September 2022

Dukung Ekonomi Digital, BUMN Perkuat Sinergi dengan Startup

Kementerian BUMN menggelar BUMN Startup Day dalam rangka memperkuat sinergi antara BUMN dan startup.

EKONOMI | 26 September 2022

Modal Ventura di Bawah BUMN Sudah Investasi di 336 Startup

Erick Thohir mengungkapkan, lima venture capital di bawah BUMN berada di bawah Bank Mandiri, BNI, BRI, Telkom, dan Telkomsel.

EKONOMI | 26 September 2022

Ancaman Resesi Semakin Kuat, Investor Kripto Tersiksa

Pergerakan pasar aset kripto belum kembali pulih sepenuhnya. Sentimen makroekonomi lagi-lagi menjadi batu sandungan utama.

EKONOMI | 26 September 2022

Kemenkeu Buka Pemesanan ORI022, Kupon 5,95%

Pemerintah menerbitkan instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 dengan kupon 5,95% per tahun.

EKONOMI | 26 September 2022

Jokowi Sebut 90% Startup di Indonesia Gagal

Jokowi menyatakan, sebanyak 80% sampai 90% usaha rintisan bidang teknologi atau startup gagal di Indonesia saat merintis usaha

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

NEWS | 58 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings