Logo BeritaSatu

Lima Tantangan UMKM Menembus Pasar Ekspor

Selasa, 20 April 2021 | 12:35 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritaasatu.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk dapat melakukan penetrasi di pasar global. Hal ini menurutnya bukan sesuatu yang sulit dicapai. Melalui berbagai upaya, pelaku UMKM juga bisa berkompetisi di pasar ekspor.

Namun diakui Sri Mulyani, pelaku UMKM saat ini menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan kinerja dan daya saingnya, terutama untuk menembus pasar ekspor. Pertama adalah masalah legalitas, yaitu minimnya pemahaman legalitas seperti memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP,) pentingnya Nomor Induk Berusaha, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), hingga izin dan prosedur ekspor-impor.

“Ini area pemerintah yang akan terus melakukan penyederhanaan. Beberapa aturan seperti pembatasan ekspor-impor, izin berusaha, sertifikasi keamanan pangan, sertifikasi halal dan juga mahalnya biaya sertifikasi menjadi penghalang. Ini pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk terus menyederhanakan,” kata Sri Mulyani dalam acara Konferensi 500K Eksportir Baru; Memacu Ekspor UKM yang diadakan Sekolah Ekspor UKM dan Ekonomi Kreatif secara virtual, Selasa (20/4/2021).

Kedua terkait pembiayaan. Sri Mulyani mengatakan banyak UMKM yang masih sulit mengakses pembiayaan. UMKM memiliki agunan dan modal yang terbatas. Mereka juga sering dihadapkan pada suku bunga tinggi saat mengakses pendanaan dari lembaga keuangan, dan juga proses serta waktu yang lama untuk mendapatkan pinjaman, serta minimnya pemahaman tentang pembukuan.

“Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan suku bunga bagi UMKM. Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu contoh untuk mendukung UMKM yang terus ditingkatkan,” kata Sri Mulyani.

Ketiga yaitu masalah pendampingan. Menurut Sri Mulyani, pendampingan UMKM sangat penting dalam meningkatkan kualitas SDM, tata kelola perusahaan dan manajemen perusahaan, sehingga produk yang dihasilkan bisa memiliki daya saing tinggi.

Keempat adalah masalah produksi. Minimnya standarisasi produk sesuai standar global menjadi penghalang UMKM untuk bisa menembus pasar global. Dari sisi produksi juga terjadi inkonsistensi, serta tidak terjadinya kontinuitas dari produksi dan kualitas produknya.

Kelima adalah pemasaran, di mana masih terbatasnya informasi mengenai peluang pasar dan jangkauan pemasaran. Selain itu, minimnya kemampuan promosi yang memanfaatkan platform digital serta market research.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Arus Modal Keluar, Kurs Rupiah Babak Belur ke Rp 15.260

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan sore hari ini, Rabu(28/9/2022), terpantau melemah ke kisaran Rp 15.260.

EKONOMI | 28 September 2022

Mendes PDTT Dorong Perluasan Skala Ekonomi Pisang Cavendish

Perluasan skala ekonomi pisang cavendish ini dilakukan dengan mengidentifikasi desa-desa potensial yang bisa dijadikan kebun pisang cavendish skala besar.

EKONOMI | 28 September 2022

Akuisisi UUS BTN oleh BSI Percepat Penetrasi Pasar Syariah

Rencana PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) melepas unit usaha syariah (UUS) diprediksi bakal disambut positif investor pasar modal.

EKONOMI | 28 September 2022

SiCepat Dukung Ekosistem Digital Lewat BUMN Startup Day

SiCepat mendukung BUMN Startup Day 2022 yang menyatukan pertumbuhan bersama BUMN dan perusahaan startup.

EKONOMI | 28 September 2022

Global Future Fellows Dorong Sinergi untuk Transisi Energi

Global Future Fellows mendorong sinergi antara sektor publik, privat, dan komunitas dalam proses transisi energi.

EKONOMI | 28 September 2022

Astra Infra Raup Rp 9,9 M Per Hari dari Bisnis Jalan Tol

Saat ini arus lalu lintas di jalan tol yang dioperasikan Astra Infra sudah melampaui kondisi sebelum pandemi.

EKONOMI | 28 September 2022

Pemulihan Pembiayaan Multifinance Diyakini Berlanjut di 2023

Piutang pembiayaan multifinance sampai dengan Juli 2022 mencapai Rp 384,63 triliun atau tumbuh 7,12% secara year on year (yoy).

EKONOMI | 28 September 2022

PTBA Tegaskan Komitmen Jaga Ketahanan Energi Nasional

Realisasi alokasi pasokan batu bara untuk PTBA sepanjang Januari-Juni 2022 telah mencapai 9,4 juta ton.

EKONOMI | 28 September 2022

Layanan Digitalisasi dan Artificial Intelligence Jadi Keharusan buat Perbankan

Perbankan menjadi salah sektor yang melakukan adaptasi seiring perubahan perilaku nasabah dari konvensional menjadi lebih digital.

EKONOMI | 28 September 2022

Mitsubishi Sematkan Penyempurnaan di New Xpander Cross

New Xpander Cross hadir dengan berbagai penyempurnaan dengan tampilan lebih agresif, dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Update</em> Covid-19: Kasus Positif Hari Ini Naik 1.915

Update Covid-19: Kasus Positif Hari Ini Naik 1.915

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings