Logo BeritaSatu

Digitalisasi Layanan Fintech Percepat Inklusi Keuangan

Rabu, 28 April 2021 | 11:39 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Pemerintah terus mendorong digitalisasi layanan keuangan financial technology (fintech) agar mampu mencapai inklusi keuangan. Langkah ini diharapkan menjangkau 46,6 juta UMKM dan 132 juta orang yang saat ini belum memiliki akses ke rekening maupun kredit.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hingga Februari 2021 terdapat 148 fintech yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kehadiran regulasi OJK sangat penting agar industri ini bisa bersaing pada level playing field dan tingkat suku bunga yang ditetapkan. “Jumlah aset dari fintech mencapai Rp 4 triliun dan penyaluran pinjaman hingga Februari 2021 mencapai Rp 169,5 triliun atau meningkat sebesar 6,23% secara yoy(year on year),” ucap Airlangga dalam acara webinar "Percepatan Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia di Masa Pandemi" pada Rabu (28/4/2021). Webinar ini merupakan kerja sama antara Majalah Investor dengan PT BCA Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pembiayaan Digital Indonesia. Didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, OJK dan Bank Indonesia

Airlangga mengatakan hingga Februari terjadi kenaikan rekening baik peminjam (borrower) maupun pemberi pinjaman (lender) Jumlah rekening lender telah meningkat 2,65% year to date menjadi 594.000 rekening. Sementara rekening borrower meningkat 5,2% year to date mencapai 49,2 juta rekening.

Dia mengatakan, digitalisasi juga akan diterapkan di sektor pemerintah melalui kebijakan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah. Kebijakan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dengan menerapkan prinsip transparansi, akuntabel, tata kelola yang baik, dan integrasi sistem pengelolaan keuangan daerah.

“Guna mengakselerasi kebijakan ini Presiden telah membentuk Satgas Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD)melalui Keppres Nomor 3 tahun 2021. Keterlibatan pemerintah daerah menjadi penting,” ucap Airlangga.

Ia menuturkan hingga 26 April 2021 telah terbentuk 42% percepatan dan perluasan digitalisasi daerah dari 542 pemda dan menjadi 24 P2DD provinsi dan 155 P2DD kabupaten serta 50 P2DD kota. Keberadaan satgas digitalisasi daerah ini diharapkan dapat mendukung pengembangan ekosistem digital di lingkungan pemerintah daerah. Selain itu, mendorong optimalisasi keuangan digital.

“Pemerintah terus memberikan dukungan terhadap pengembangan ekonomi digital. Kolaborasi serta sinergi dari seluruh stakeholder sangat diperlukan untuk merumuskan kebijakan atau regulasi yang adaptif serta forward looking terhadap ekonomi digital,” ucap Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prudential Syariah Luncurkan Kanal Sharia Knowledge Centre

Prudential Syariah meluncurkan Sharia Knowledge Centre (SKC) sebagai inisiatif perseroan untuk membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah.

EKONOMI | 27 September 2022

OJK Tegaskan Batas Maksimal Bunga Fintech 0,4% Per Hari

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan, tingkat bunga pinjaman fintech lending sebesar 0,4% per hari digunakan untuk pinjaman konsumtif dengan tenor pendek.

EKONOMI | 27 September 2022

Bank Ganesha Gandeng Rupiah Cepat Salurkan Kredit Rp 100 Miliar

Bank Ganesha menggandeng PT Kredit Utama Fintech Indonesia dengan produk peer to peer lending pada aplikasi Rupiah Cepat.

EKONOMI | 27 September 2022

Luncurkan Versi Pro, Saham Rakyat Targetkan 1 Juta Investor di 2023

Aplikasi Saham Rakyat sudah diunduh oleh total lebih dari 100.000 pengguna di Play Store dan App Store.

EKONOMI | 27 September 2022

Kaesang Pangarep: 70% Uang Saya Diinvestasikan di Saham

Kaesang Pangarep rupaya lebih mempercayakan uang yang dimilikinya untuk diinvestasikan di saham ketimbang ditabung. 

EKONOMI | 27 September 2022

Startup Ingin Dapat Modal dari Merah Putih Fund? Ini 4 Syaratnya

Untuk bisa mendapatkan pendanaan dari Merah Putih Fund. Pertama, startup tersebut pendirinya 100% atau seluruhnya harus orang Indonesia.

EKONOMI | 27 September 2022

Ekosistem BUMN Bisa Bantu Startup Berkembang Secara Sustainable

Wamen  BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, tantangan utama yang dihadapi dunia startup adalah ketika ingin masuk ke tahap scalability.

EKONOMI | 27 September 2022

Mandala Finance Lirik Pembiayaan Motor Listrik

PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) siap membuka ruang kerja sama kepada calon mitra terkait untuk dapat menyalurkan pembiayaan motor listrik.

EKONOMI | 27 September 2022

Digagas Kaesang Pangarep dan Kevin, Saham Rakyat Luncurkan Versi Pro

Saham Rakyat, yang diinisiasi oleh Kaesang Pangarep dan Kevin Hendrawan, menghadirkan Saham Rakyat versi Pro.

EKONOMI | 27 September 2022

SIG Gandeng Cloud Amazon Percepat Transformasi Digital

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) mempercepat transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi cloud.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings