Logo BeritaSatu

Memanfaatkan Literasi Keuangan dan Teknologi untuk Penagihan Utang yang Etis

Kamis, 29 April 2021 | 08:11 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak masyarakat yang memiliki stigma buruk terhadap penagih utang lantaran mereka tidak jarang menggunakan ancaman kekerasan dan penagihan lapangan. Para penagih utang ini juga cenderung kurang fokus dalam memberikan edukasi keuangan. Padahal, meningkatkan literasi keuangan debitur penting agar mereka bisa mengelola utangnya dengan lebih baik.

Saat ini, lembaga keuangan telah berjuang mengurangi angka peningkatan kredit bermasalah (NPL) yang ditimbulkan oleh pandemi. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat NPL perbankan sebesar 3,21% (gross) per Februari 2021. Angka ini naik sekitar 0,04% dari Januari 2021.

Advertisement

Meningkatnya NPL mendorong perlunya lembaga keuangan untuk memahami kasus peminjam serta mengaitkannya dengan perubahan perilaku pembayaran mereka dan untuk memandu mereka dalam pengelolaan utang. Sementara itu, stigma buruk terhadap debt collector juga memperlihatkan betapa pentingnya layanan penagihan utang yang etis.

Menempatkan nasabah di tengah proses penagihan utang juga mendorong lembaga keuangan untuk beradaptasi dalam mengelola risikonya. Untuk itu, diperlukan strategi penagihan utang yang mencakup pelanggan individu dan pilihan keterlibatan, secara digital dan omnichannel, untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan positif.

Menanggapi hal tersebut, Flow mengembangkan layanan penagihan utang yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan memanfaatkan untuk proses penagihan yang efisien dan menekankan pendidikan keuangan.

“Kami yakin dengan hadirnya Flow di Indonesia, selain dapat membantu perusahaan menurunkan angka NPL, juga dapat membantu memberikan edukasi yang baik mengenai dunia collection maupun P2P lending serta ekonomi bisnis saat ini”, ujar Hashim Hassan, Country Director Flow Indonesia. Sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kamis (29/4/2021).

Dilansir dari website resminya, berbeda dengan perusahaan penagih utang lainnya, Flow memanfaatkan sejumlah teknologi canggih seperti collection scoring, voice to text, pengenalan emosi, waktu terbaik untuk menghubungi, sentiment analysis model, dan psychological profiling untuk proses penagihan utang yang efisien yang berpusat pada pelanggan.

Flow meyakini bahwa meningkatkan literasi keuangan adalah kunci untuk mempercepat inklusi keuangan di Indonesia, terutama di tengah krisis Covid-19. Maka berinvestasi pada teknologi yang tepat serta berfokus memberikan pengalaman pelanggan yang baik, penagihan utang yang juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemberi pinjaman dan peminjam dengan membuat prosesnya digital, mudah diakses, memberikan solusi positif, dan melayani dengan baik.

“Dengan mendukung edukasi / literasi keuangan penuh bagi masyarakat Indonesia seperti edukasi publik mengenai penagihan utang, peminjaman, kalkulasi keuangan, dan solusi untuk penyelesaian utang. Dan kedepannya kami akan memulai proyek Literasi Keuangan yang disebut FlowCares, yang akan diluncurkan pada Mei 2021,” ujar Hashim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bundamedik dan FKUI Berkolaborasi Bangun SDM Kesehatan

Bundamedik Healthcare System (BMHS) menjalin kerja sama strategis dengan FKUI dalam inisiatif pengembangan SDM kesehatan yang kompeten.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Restoran McDonald's Akan Buka Gerai Lagi di Ukraina

McDonald's akan mulai membuka kembali beberapa gerai di Ukraina dalam beberapa bulan mendatang.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Indonesia Diharapkan Mampu Berperan Jadi Produsen Kendaraan Listrik

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia bukan hanya menjadi pangsa pasar kendaraan listrik yang besar.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

PTPP Luncurkan Inovasi Pengolahan Sampah di Pulau Dewata

PTPP turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah di Pulau Dewata, dengan memberikan solusi berupa teknologi untuk melakukan pengolahan semua jenis sampah.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Anggota DEN Bicara soal Perlunya Sharing the Pain BBM, Simak

Sharing the pain BBM harus dilakukan dari dua sisi, yakni sisi penawaran (supply side) dan sisi permintaan (demand side).

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Pemerintah Minta Pertamina Batasi Penjualan BBM Bersubsidi

Pemerintah Indonesia telah meminta PT Pertamina (Persero) membatasi penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Pertalite dan Solar subsidi.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Program Mangga Petrokimia Gresik Pulihkan Ekonomi Rakyat

Program Mangga atau akronim dari Mitra Kebanggaan Petrokimia Gresik memulihkan ekonomi rakyat sejak Agustus 2021.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Tarif Ojek Online Naik, Sektor UMKM Akan Ikut Terdampak

Kenaikan tarif ojek online (ojol) diperkirakan akan ikut berdampak pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Perkuat Ekosistem Pembayaran Nontunai, BNI Gandeng Indomaret

BNI dan Indomaret menghadirkan pembayaran nontunai dengan menggunakan QRIS BNI Mobile Banking.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Ini Skenario Pemerintah jika Harga BBM Naik, Apa Saja?

Jika harga BBM tidak bisa tertahan, pemeritah akan memberikan suatu bantalan sosial tambahan berupa perlindungan sosial.

EKONOMI | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Deolipa: Saya Akan Laporkan Ronny Talapessy ke Peradi

Deolipa: Saya Akan Laporkan Ronny Talapessy ke Peradi

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings