Logo BeritaSatu

Arsjad Rasjid: Kadin Siap Kolaborasi dengan Pemerintah Pulihkan Ekonomi

Jumat, 30 April 2021 | 22:36 WIB
Oleh : Dani / JAS

Medan, Beritasatu.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid, menegaskan pihaknya siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk memulihkan ekonomi di era pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Arsjad Rasjid saat melakukan kunjungan ke Sumatera Utara, Jumat (30/4/2021) petang.

Dalam kunjungannya ke Sumut, Arsjad Rasjid langsung disambut oleh Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Ivan Iskandar Batubara, para ketua kadin kabupaten dan kota di Sumut serta stakeholder lainnya.

Kegiatan Safari Ramadan sekaligus silaturahmi itu juga dihadiri oleh Menteri Investasi/BKPM Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia yang baru dilantik dan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Arsjad yang juga bakal calon ketua umum Kadin Indonesia 2021-2026 mengatakan bahwa saat ini investasi sangat penting, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

"Investasi itu adalah modal yang penting sekali untuk menjalankan roda ekonomi. Makanya, industri perdagangan tidak bisa berjalan tanpa adanya investasi. Jadi, sangat terkait antara investasi, perdagangan, dan perindustrian," katanya.

Arsjad Rasjid menyatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan pemerintah karena ini sangat penting. "Sangatlah penting itu dilakukan, apalagi karena keadaan ini lagi berat sekali, pandemi harus tetap kita atasi namun kita juga harus bisa melanjutkan ekonomi," ucapnya.

Arsjad juga menjelaskan bahwa, untuk mewujudkan itu semua perlu kolaborasi antara pemerintah dengan Kadin. Kedua pihak bisa bersama-sama mendesain insentif-insentif untuk setiap industri yang berbeda-beda karena tantangannya pun berlainan.

"Begitu juga dengan daerah, setiap daerah mempunyai kekayaan alam yang berbeda. Di sinilah penting untuk mendesain suatu insentif yang berbeda-beda. Nah saya katakan, obat itu tidak bisa menyelesaikan semuanya tetapi ada obat untuk setiap permasalahan," jelasnya.

Terkait kendala para pengusaha di masa pandemi Covid-19, Arsjad mengatakan, "Pengusaha harus selalu berusaha, karena para pengusaha tidak boleh patah hati atau patah harapan. Karena seorang pengusaha harus tahu memberikan harapan kepada diri sendiri dan memberikan harapan untuk pekerjanya."

"Jadi tidak ada masalah, saya melihat semuanya tantangan, karena roda ekonomi itu setop jadi kita perlu bekerja sama dengan harapan pemerintah bisa mengerti obat apa yang cocok untuk pengusaha di industri yang berbeda-beda," ucapnya.

Arsjad juga mengungkapkan bahwa untuk mendorong UMKM ke pasar modal mereka berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menciptakan itu.

"Jadi kolaborasi ini sangat penting sekali. Jangan sampai kita tidak menyadari kita dipecah belah antara pengusaha dengan pengusaha, antara pengusaha dengan pekerja. Ini kita harus bersatu, karena kita menghadapi perang ekonomi. Jadi kita harus bersatu. Jadi kita harus bersatu antara pengusaha, pekerja, dan pemerintah untuk Indonesia lebih maju," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Ivan Iskandar Batubara mengatakan bahwa kunjungan Arsjad Rasjid sebagai dari kunjungan bakal calon ketua umum kadin untuk maju pada 23 Juni 2021 mendatang.

"Hari ini bakal calon ketua umum Arsjad Rasjid mengunjungi Sumut dan bersilaturahmi dengan pemangku kepentingan yang ada di Sumut khususnya Kadin Sumut. Tentu kami menyambut baik ini dan kegiatan ini kita lakukan secara bersama antara Kadin Sumut dan bakal calon ketua umum," katanya.

Ivan Batubara menambahkan bahwa Arsjad Rasjid merupakan bakal calon dan salah satu kader terbaik yang ada dan begitu juga dengan Anandia Bakrie. Di mana, rivalitas ini akan berlangsung hingga awal Juni.

"Nanti dan sikap kami jelas, sebagaimana yang diamanahkan bahwa Sumut memiliki tiga suara yang akan menentukan dan saya harus berkonsultasi dengan pemangku kepentingan yang ada di Sumut terkhusus Kadin di kabupaten dan kota," ungkap Ivan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presiden Jokowi Kagum Impor Jagung Menurun Tajam

Presiden Jokowi mengungkapkan kekagumannya melihat impor jagung di Tanah Air mengalami penurunan yang cukup tajam selama 7 tahun terakhir ini.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Hadapi Krisis Global, Jokowi: Kuncinya Kompak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kekompakan merupakan kunci untuk menghadapi krisis global dalam sektor keuangan, pangan maupun energi.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Resesi Mengancam, Pasar Modal Diyakini Tetap Menjanjikan

Pasar modal Indonesia dinilai tetap menjanjikan dan masih kuat meski dibayang-bayangi awan kelabu resesi ekonomi global.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings