Logo BeritaSatu

Kemdagri Minta Pemda Tingkatkan Alokasi Belanja Modal

Selasa, 4 Mei 2021 | 20:20 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) mendorong pemerintah daerah (pemda) agar proporsi belanja modal bisa ditingkatkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sebab penggunaan belanja modal akan dirasakan langsung masyarakat.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengatakan dari kunjungan yang dilakukan ke sejumlah daerah ditemukan bahwa banyak pemerintah daerah yang mengalokasikan belanja modal dalam jumlah kecil dan lebih banyak menggunakan alokasi dana untuk belanja pegawai.

“Sebagian besar, hampir 70% bahkan ada yang 80% untuk belanja operasional dan belanja pegawai. Belanja modal tinggal 12%, itu pun masih digunakan untuk rapat pegawai sekitar 3-4%, jadi yang sampai ke masyarakat sekitar 7-8%,” ucap Tito dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 pada Selasa (4/5/2021).

Tito menekankan agar kepala daerah membuat tim khusus yang bertugas mengawasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan APBD. Pemerintah akan menjalankan model penganggaran money follow yakni kebutuhan dana mengikuti program yang ada. “Eksekusi tahun depan (2022) prinsipnya programnya mengikuti uang, berapa uang yang ada itu yan dikerjakan. Jadi porsi belanja modal ini ditambah kalau bisa 30% sampai 40% dari total alokasi belanja,” ucap Tito.

Saat ini pemerintah terus melakukan pembenahan sistem informasi pemerintah daerah agar meningkatkan transparansi penggunaan anggaran. Kemdagri juga terus memberikan bimbingan teknis terhadap aparatur di daerah. Dengan sistem informasi pemerintah daerah yang baik, maka akan terlihat besarnya penggunaan anggaran hingga jumlah dana yang masih ada di pemerintah daerah. Kami tidak ingin membuat repot teman-teman di daerah, tetapi inilah tanggung jawab kita dalam membuat sistem yang bisa meminimalisir penyimpangan moral hazard,” ucap Tito.

Menurut Tito sistem ini akan mempermudah kepala daerah untuk menyampaikan penggunaan anggaran kepada masyarakat. Pemerintah daerah juga bisa terus melakukan monitoring anggaran. Dalam era otonomi daerah ini, mesin pemerintah pusat bekerja saja hanya 50%. Oleh karena itu 548 kepala daerah harus bekerja sama secara paralel termasuk dalam rangka membuat perencanaan dan eksekusi anggaran tepat sasaran. “Insyaallah dengan kebersamaan pusat dan daerah sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah kita bisa betul betul melompat jadi lebih makmur dan sejahtera,” ucap Tito.

Genjot Belanja di Kuartal II
Tito juga mendorong pemerintah daerah untuk merealisasikan anggaran dengan cepat pada kuartal II 2021 ini. Hal ini tidak lain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemerintah pusat tidak bisa bergerak sendiri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik. “Tolong di kuartal II ini digenjot, diatur ritme belanja di daerah. Jangan seperti business as usual seperti saat sebelum pandemi yang belanjanya banyak di akhir tahun untuk membayar proyek-proyek. Dimana proyeknya selesai baru dibayar,” ucap Tito.

Ia menyarankan agar pemerintah daerah membuat target belanja per kuartal. Kemdagri akan meminta ke Kementerian Keuangan untuk menggunakan sistem transfer berbasis kinerja. Dalam hal ini pemerintah pusat akan melihat dulu kemampuan belanja daerah baru melakukan transfer dana daerah. “Jadi kalau kinerja belanja gak bergerak lebih baik transfernya ditahan dulu. Supaya dia belanja dulu. Kalau dana belanja daerah sudah berkurang baru pemerintah pusat transfer,” pungkas Tito.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gandeng Influencer, Hermesien Closet Perluas Jangkauan Market Digital

Hermesien Closet memperluas jangkauan market digital dengan menggandeng influencer. Hal itu seiring dengan majunya era digital.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Kemenhub Tetapkan BPLJSKB sebagai Badan Layanan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) sebagai Badan Layanan Umum (BLU).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dolan-dolan, Cara Springhill Group Bangkitkan Semangat Kerja

Perusahaan pengembang properti, Springhill Group bersiap kembali bangkit untuk melanjutkan berbagai aktivitas bisnis.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Airlangga: Delapan Investor Tanamkan Investasi Pusat Data di Batam

Airlangga Hartarto mengatakan, sudah lebih dari delapan investor yang berinvestasi dalam pengembangan pembangunan pusat data di Batam.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi UMKM Bali yang Menembus Pasar Luar Negeri

Presiden Jokowi mengapresiasi UMKM Bali yang dapat menembus pasar luar negeri usai membuka Konferensi ke-3 WCCE Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Emil Dardak Terpilih sebagai Presiden EAROPH 2022-2024

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak dipercaya sebagai Presiden Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) periode 2022-2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi Pengembangan Industri Bioteknologi

Presiden Jokowi mengapresiasi pengembangan industri bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di tanah air.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Lintasarta dan PPA Dukung Artajasa untuk Perkuat Layanan Transaksi Digital

Lintasarta melakukan kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mendukung Artajasa untuk memperkuat layanan transaksi digital

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Menhub Dapat Surat Cinta dari Driver Ojol, Begini Isinya

Isi surat cinta driver ojek online (ojol) kepada Menteri Perhubungan (Menhub), sampaikan terima kasih dan makin semangat cari orderan karena tarif naik.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Penggerak Ekonomi Perempuan, Pendiri PT Infinitie Diapresiasi

Pendiri sekaligus COO PT Infinitie Berkah Energi Rinawati Prihatiningsih aktif memperjuangkan kesetaraan gender.

EKONOMI | 8 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Tips Agar Jejak Digital di Internet Tidak Negatif

Ini Tips Agar Jejak Digital di Internet Tidak Negatif

LIFESTYLE | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings