Logo BeritaSatu

Ini Inovasi GrabFood Layani Lonjakan Pesanan di Ramadan

Rabu, 5 Mei 2021 | 16:37 WIB
Oleh : Herman / FER


Jakarta, Beritasatu.com – Selama bulan Ramadan, terjadi perubahan perilaku pengguna GrabFood saat melakukan pemesanan. Data GrabFood menunjukan pesanan para konsumen terkonsentrasi di waktu-waktu menjelang berbuka puasa di antara pukul 16.00 dan 17.00 waktu setempat. Di luar bulan Ramadan, jam sibuk terbagi secara merata di waktu makan siang dan makan malam.

Hal ini tentu dapat membebani mitra pengantaran, merchant dan juga platform. Karenanya, setiap tahun, tim teknologi dan operasional Grab telah bersiap selama berbulan-bulan sebelum Ramadan untuk merencanakan aspek operasional di periode ini.

Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia, Hadi Surya Koe mengatakan, GrabFood berupaya untuk memberikan layanan pesan-antar makanan yang istimewa dan pengalaman konsumen yang menyenangkan di setiap kesempatan.

"Kami tahu betapa pentingnya makanan selama Ramadan, karenanya tim kami bekerja sangat keras untuk melayani dan mendukung para pengguna dan mitra kami. Melalui fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejak awal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood, kami berharap dapat menjadi layanan yang dapat dipercaya konsumen kapan saja,” ujar Hadi Surya Koe dalam acara diskusi media secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Hadi memaparkan beberapa inisiatif yang dihadirkan GrabFood, antara lain fitur Pesanan Terjadwal yang sudah dihadirkan sejak tahun lalu untuk memfasilitasi persiapan awal para konsumen di bulan Ramadan. Pesanan terjadwal membuat konsumen dapat memesan antara 1 jam sampai 2 hari sebelum waktu pengiriman yang diinginkan. Untuk menggunakan fitur ini, ketika memilih restoran, klik di pilihan Ganti Opsi Pengantaran, lalu pilih waktu pengantaran yang diinginkan.

Berikutnya adalah fitur Ambil Sendiri. Fitur ini dirancang untuk menghemat waktu yang memungkinkan konsumen dapat memesan makanan untuk dibawa pulang ke rumah tanpa harus mengantre di restoran.

Untuk menggunakan fitur ini, langkahnya adalah pilih menu makanan yang diinginkan, pilih Ambil Sendiri ketika menyelesaikan pesanan dan membayar transaksi, lalu aplikasi akan menunjukan kapan pesanan siap untuk diambil.

Selain itu, GrabFood juga menyajikan estimasi waktu tunggu untuk pesanan makanan sebelum konsumen melakukan pemesanan di mitra merchant tertentu. Setelah pemesanan dilakukan, konsumen dapat memantau status pemesanan dan estimasi waktu kedatangan (ETA) secara real-time di dalam aplikasi Grab.

Untuk mitra merchant, selama jam sibuk, beberapa mitra merchant juga memiliki akses ke fitur yang disebut Mode Sibuk, sehingga konsumen bisa tahu mungkin ada keterlambatan pengantaran.

Selain itu, mitra merchant juga dapat memanfaatkan Sistem Manajemen Inventaris dalam aplikasi GrabMerchant untuk mengatur jumlah item yang tersedia dan memantau pasokan mereka untuk menghindari pembatalan pesanan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas Banyak Didukung

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan Presiden Jokowi mendapat dukungan dari Kadin dan Sinar Mas Group.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ekonom Apresiasi Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Pemerintah pada 2023

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada 2023.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

Komitmen aplikasi Majoo mewujudkan transformasi digital UMKM Indonesia diwujudkan dengan kolaborasi bersama BRI.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Adopsi kripto terus berkembang di Kerajaan Bahrain dan ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan lokal memfasilitasi pembayaran dalam kripto seperti Bitcoin.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Holding PTPN Bangun Pengolahan Kelapa Sawit Mini di Bogor

Rektor IPB, Prof Arif Satria, memberikan apresiasi kepada PTPN Group yang telah mendukung pembangunan unit Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Mini.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Fintech</em> Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings