Logo BeritaSatu

Perusahaan Batu Bara Bisa Dapatkan Proper Emas, Ini Alasannya

Kamis, 6 Mei 2021 | 18:23 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan pertambangan batu bara sering mendapatkan predikat Proper Emas atau dianggap baik dalam pengelolaan lingkungan. Padahal stigma negatif sebagai bahan bakar kotor selalu disematkan pada produsen batu bara atau perusahaan yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakunya.

Ketua Dewan Pertimbangan Proper Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sudharto P Hadi mengatakan tidak mudah memberikan penilaian terbaik ke perusahaan tambang, terlebih batu bara. Apalagi, banyak kalangan menilai bagaimana mungkin perusahaan tambang batu bara dapat Proper Emas, padahal capaian Proper dinilai dari usaha perusahaan dalam pengelolaan lingkungan.

Advertisement

“Kalau perusahaan stigmanya sebagai pencemar, tetapi bisa kelola dengan baik ya kita berikan Proper Emas, yang penting upaya menekan risiko, sehingga kritikan itu bisa kita jawab. Bahwa memang perusahan stigmanya pencemar, tapi jika mereka baik lakukan kelola lingkungan, ya kita berikan (Proper Emas),” jelas Sudharto webinar SUKSE2S (Solusi Kebersamaan E2S) Understanding The Minister of Environment and Forestry Regulation No 1/2021 : Pursuing Gold Proper in The Midst of Covid-19 secara virtual di Jakarta Kamis (6/5/2021).

Sementara mantan Dirjen Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Karliansyah mengatakan perusahaan tidak mungkin dapat Propert Emas kalau tidak sempurna. “Untuk batu bara emisi adalah ukuran utama, alatnya perusahaan bisa gunakan bahan bagus kualitas sulfur rendah atau bermain teknologi, sepanjang memenuhi baku mutu, maka minimal biru,” jelas Karliansyah.

Dia menceritakan salah satu perusahaan yang pantas mendapatkan Proper karena mengelola lingkungan dengan baik adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Bahkan pada 2016, lanjut Karliansyah, pemerintah sudah memfasilitasi Bank Dunia dan Ghana serta India studi banding ke PTBA. “Mereka kaget tambang di Indonesia sangat asri. Jadi tidak usah khawatir sepanjang sesuai kriteria, potensi kerusakan lingkungan kami hitung ukur kami yakinkan betul kalau clear ya kita berikan jadi tidak mustahil kita berikan emas,” jelas Karliansyah.

General Manager Unit Pelabuhan Tarahan PT Bukit Asam Tbk Dadar Wismoko menuturkan perusahaan sudah benar-benar fokus dalam masalah lingkungan dengan terus berusaha melakukan efisiensi energi. “Kami sudah ada rencana dan program untuk ke bisnis yang ramah terhadap lingkungan, termasuk pembangunan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya,” kata Dadar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gandeng 4 Mitra, APR Hadirkan Viscose-Rayon Berkelanjutan

PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen serat viscose-rayon menegaskan komitmennya mendukung inovasi tekstil berkelanjutan atau ramah lingkungan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Ekonomi Pulih, Debitur Profil Risiko Tinggi Mulai Menurun

Debitur perbankan dan jasa keuangan yang memiliki profil risiko tinggi dan sangat tinggi (high risk and very high risk) mulai menurun.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sejalan Era Digitalisasi, Aviana Kelola 180 Juta Transaksi

PT Aviana Sinar Abadi berhasil mengelola 180 juta transaksi per bulan, termasuk transaksi di pelosok daerah.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Indocement Gunakan Listrik PLN di Kompleks Pabrik Tarjun

Indocement Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan, resmi menjadi konsumen tegangan tinggi PLN pertama di Kalimantan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Resesi Global, Founder Startup Perlu Lakukan Tiga Strategi Ini

Dua tahun lalu memang menjadi tahun emas bagi startup karena pandemi dan masyarakat banyak bergantung pada teknologi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Dana dan Here Technologies Perdalam Inklusi Keuangan

Here Technologies, platform data dan teknologi lokasi mengumumkan bahwa DANA sebagai platform dompet digital telah menggunakan layanan lokasi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sambut Hari Kemerdekaan, Pengembang Beri Fasilitas DP 0%

Pengembang properti Widari Agung Group memberikan kemudahkan untuk konsumen Widari Village dengan fasilitas uang muka atau DP 0%.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Penjualan Produsen Bahan Kimia Chemstar Melonjak 43%

PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM), produsen bahan kimia industri tekstil hingga kuartal pertama 2022 meraih penjualan Rp 32,4 miliar atau naik 43%.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Kemenkeu Pastikan NIK Aman Setelah Terintegrasi NPWP

Pemerintah telah mempersiapkan pengamanan NIK setelah terintegrasi dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Gobel: Rempah dan Kuliner Adalah Kekuatan Ekonomi Nasional

Rachmat Gobel, membuka pameran rempah dan kuliner nusantara bertajuk Adirasa Nusantara 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

EKONOMI | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

EKONOMI | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings