Logo BeritaSatu

Jasa Raharja Tidak Tanggung Asuransi Penumpang Travel Gelap

Kamis, 6 Mei 2021 | 21:11 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - PT Jasa Raharja selaku perusahaan asuransi pemerintah memastikan bahwa tidak akan menanggung asuransi pemudik yang menggunakan jasa travel gelap bila terjadi kecelakaan saat dalam perjalanan mereka. Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo mengatakan hal ini dikarenakan Jasa Raharja hanya akan mengutip iuran wajib atau premi penumpang travel yang berbadan hukum resmi.

"Mereka (travel gelap) tidak membayar iuran seperti yang disyaratkan pemerintah, jadi penumpang travel gelap pun kita tidak menanggung asuransinya kalau terjadi kecelakaan dalam perjalanan mereka," tutur Budi saat menggelar jumpa pers virtual, Kamis (6/5/2021).

Budi menegaskan, perjalanan travel gelap atau ilegal tidak masuk dalam sistem Jasa Raharja. Berbeda dengan travel resmi yang dapat dipantau Jasa Raharja mulai dari nama hingga pelat nomor kendaraan yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Terlebih perjalanan travel gelap juga tidak diizinkan untuk mengangkut penumpang.

"Tidak semua kecelakaan dalam perjalanan akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Jaminan tidak akan diberikan oleh Jasa Raharja terhadap korban jika mengalami kecelakaan tunggal. Kalau terjadi kecelakaan tabrakan dua kendaraan bermotor, masing-masing menimbulkan korban baik luka dan meninggal dunia, Jasa Raharja pasti menjamin. Nah untuk kasus ini (pengguna travel gelap) bila terjadi kecelakaan juga kita tidak akan tanggung," tegasnya.

Budi meyakinkan personel Jasa Raharja untuk memantau arus lalu lintas melalui sistem yang sudah terintegrasi antara DASI JR dengan IRSMS Polri, Dukcapil, RS. Sehingga apabila terjadi musibah kecelakaan akan terpantau dan proses pelayanan kepada para korban kecelakaan dapat tetap berjalan.

"Sejauh ini kami terus berupaya melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentang keselamatan berkendara dan himbauan tidak mudik secara terus menerus melalui kanal media sosial. Selain itu, melalui channel youtube official Jasa Raharja dengan pesan-pesan tentang pencegahan kecelakaan atau keselamatan lalu lintas dan kampanye tidak mudik," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gaet MongoDB, Amar Bank Akselerasi Pengelolaan Data

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) bekerja sama dengan MongoDB untuk mengelola data non-relasional dalam jumlah besar.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perangi Kejahatan Kripto, Binance Gelar Pelatihan Penegakan Hukum

Inisiatif ini membantu memerangi kejahatan kripto dan merupakan bagian dari upaya konsisten Binance untuk membantu penegak hukum dan regulator.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Terapkan Tambang Berkelanjutan, Kinerja SIG Menuai Hasil

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih tiga penghargaan dari Kementerian ESDM pada ajang Good Mining Practices Award 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Harga Pertamax Turun Mengikuti Harga Minyak Mentah Dunia

Minyak mentah Brent dan WTI menyelesaikan kuartal ketiga dengan penurunan 23% dan 25%. Hal ini diikuti dengan turunnya harga pertamax.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gara-gara Inflasi, Investor Cari Aman di Investasi Emas

Harga emas merangkak naik pada akhir perdagangan Jumat, setelah angka inflasi AS Agustus secara mengejutkan lebih tinggi dari perkiraan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Di Bawah Tekanan Jual, IHSG Melemah 1,9% dalam Sepekan

IHSG terkoreksi sebesar 1,92% sepanjang pekan ini (26-30/9/2022) menjadi 7.040,798 dari posisi 7.178,583.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

Wall Street jatuh dalam perdagangan bergejolak pada hari Jumat (30/9/2022). Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah baru 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Bahan Baku Jadi Tantangan Target Ekspor Mebel US$ 5 Miliar

Target ekspor industri mebel dan kerajinan di Indonesia sebesar US$ 5 miliar pada 2024 membutuhkan pasokan bahan baku.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

NEWS | 44 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings