Logo BeritaSatu

52 Pembangkit PLN Ditargetkan Implementasikan Cofiring 10,6 GW di 2025

Jumat, 7 Mei 2021 | 13:34 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT PLN (Persero) menargetkan implementasi cofiring pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) eksisting milik perseroan mencapai 10,6 gigawatt hours (GWh) pada 2025 yang tersebar di 52 pembangkit. Langkah ini sebagai bentuk kontribusi PLN untuk pemenuhan bauran 23% energi baru terbarukan (EBT) 4 tahun mendatang.

"Program cofiring akan dilaksanakan pada daerah yang telah surplus energi," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, saat media briefing secara virtual, Jumat (7/5/2021).

Cofiring PLTU yang dilaksanakan PLN adalah upaya alternatif mengurangi pemakaian batu bara dengan mengganti dengan bahan bakar biomassa dengan tetap memperhatikan kualitas bahan bakar sesuai kebutuhan. Cofiring biomassa dilaksanakan melalui substitusi sebagian bahan bakar batu bara (1%-5%) dengan biomasa hutan tanaman energi dan sampah. "Program cofiring minim penambahan investasi dan dapat dilakukan lebih cepat," kata Zulkifli.

Dia mengatakan, total kebutuhan biomassa untuk program cofiring PLTU milik PLN diperkirakan mencapai 9 juta ton per tahun. "Perinciannya biomassa THE 8 juta ton per tahun dan biomassa sampah 1 juta ton per tahun," kata Zulkifli.

Hingga saat ini sebanyak 11 pembangkit PLN telah mengimplementasikan cofiring dari target 52 PLTU. Pembangkit yang telah menerapkan cofiring adalah PLTU Paiton, Suralaya, Kelapang Sanggau, Pacitan, dan Rembang. Selain itu, Jaranjang, Anggrek, Labuan, Lontar, dan Suralaya Unit 5-7.

Dia mengatakan, program cofiring merupakan bagian dari ekosistem listrik kerakyatan karena menggerakkan masyarakat untuk menyiapkan feedstock biomassa dan pellet sampah. Menurutnya, program cofiring PLN berbasis landbase melalui pemanfaatan hutan tanaman industri. Lahan kering yang termanfaatkan sehingga tidak merusak vegetasi dan ekonsistem eksisiting. Program ini akan menyerap tenaga kerja dan UMKM untuk berpartisipasi dalam tanaman industri. “Diperlukan dukungan pemerintah untuk keberlanjutan pasokan biomassa, baik aspek ketersediaan maupun keekonomian,” katanya.

Di sisi lain dalam rangka mempercepat bauran EBT, PLN gencar melakukan program konversi energi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan target 2.000 megawatt (MW). Adapun saat ini PLTD milik PLN mencapai 5.200 unit mesin tersebar di 2.130 lokasi.

Pada tahap I, PLN akan mengkonversi PLTD sebesar 225 (MW) pada 2021 yang tersebar di 200 lokasi. "Saat ini sedang dalam tahap perencanaan dan pengadaan, kami berharap beroperasi (commercial operation date/COD) pada 2023-2024," kata Zulkifli.

Sementara tahap II konversi sebanyak 500 MW. Saat ini dalam tahap identifikasi lokasi dan kajian hydbrid. PLN berharap konstruksi dilakukan 2022 dan beroperasi pada 2024-2025. Sementara tahap III konnversi PLTD ditargetkan sebanyak 1.300 MW, dan diharapkan beroperasi pada 2025-2026.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peneliti LPEM: Hiburan Sepakbola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepakbola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pemerintah Diminta Hapus Pembayaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap Eks BLBI

Hardjuno Wiwoho meminta pemerintah fokus pada upaya penghapusan pos pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Penunjukkan Mantan Petinggi Google dan Tokopedia untuk Rebranding Fazz

Fazz kini punya dua eksekutif senior yang ditunjuk untuk melaksanakan rebranding perusahaan.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Mendesak

Burhanuddin Muhtadi mengatakan, responden yang menginginkan pengendalian harga-harga kebutuhan pokok dalam survei betul-betul dominan mencapai 42,9%.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Terapkan Praktik Tambang Baik, PPA Diapresiasi ESDM

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) mendapatkan penghargaan pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) terbaik dari Kementerian ESDM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Tidak Hanya MBR, Kelas Menengah Butuh Stimulus Perumahan

Kebijakan dan stimulus perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dinilai perlu diperluas untuk kelas menengah.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kantor Polisi Iran Diserang Separatis, 19 Orang Tewas

Kantor Polisi Iran Diserang Separatis, 19 Orang Tewas

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings