Logo BeritaSatu

Pintar Kelola Uang Saat Dapat THR

Jumat, 7 Mei 2021 | 15:28 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Mengatur keuangan dengan pintar sangat penting terlebih di bulan Ramadan karena ada Tunjangan Hari Raya (THR). Pendapatan ekstra seperti THR dapat habis begitu saja apabila tidak ada kontrol. Apalagi harga-harga barang saat Ramadan melonjak sehingga pengeluaran lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya.

“Kadang ada pengeluaran-pengeluaran tak terduga seperti acara buka puasa bersama di kafe atau restoran yang cukup mahal, kirim parsel ke teman atau kolega, beli baju baru untuk dipakai saat Lebaran hingga memberi THR kepada saudara-saudara yang sudah menjadi tradisi,” kata perencana keuangan Finansia Consulting, Eko Endarto mengungkapkan dalam keterangan yang diterima Jumat (7/5/2021).

Eko menambahkan apabila seseorang tidak pintar mengelola keuangan akan menyebabkan permasalahan. Untuk itu diperlukan strategi-strategi khusus agar pengeluaran tetap terkontrol. Menurut Eko, setiap pengeluaran harus memiliki skala prioritasnya agar alokasi dana tidak digunakan untuk sesuatu yang bukan porsinya. “Dengan membuat daftar prioritas kebutuhan belanja, kita lebih terkontrol dan tidak mudah tergiur barang lain yang bukan menjadi prioritas. Ini juga akan membantu kita menyesuaikan dengan kondisi keuangan kita,” tambahnya.

Menurut Eko, berbelanja harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Untuk itu harus disiplin dengan daftar prioritas. "Jangan sampai kalap saat melihat diskon," kata Eko.

Dia mengatakan, Ramadan menjadi salah satu momen dimana banyak diskon yang diberikan oleh store. Menurut Eko, masyarakat bisa memanfaatkan promo untuk belanja kebutuhan. “Apalagi diskon saat ini sudah semakin banyak dan mudah diakses, hanya lewat internet atau aplikasi kita bisa mendapatkan diskon. Ini bisa dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan yang banyak namun pengeluaran tetap terkontrol,” jelas Eko.

Diskon ini bisa menjadi solusi berbelanja di tengah kebutuhan yang semakin banyak namun harga juga melonjak. Namun Eko juga mengingatkan bahwa diskon ini bukan memancing belanja, tetapi menjadi solusi ketika harus berbelanja kebutuhan. “Kita harus tetap ingat belanja dengan cari diskon bukan diskon membuat kita belanja,” tambahnya.

Salah satu penyedia voucer diskon yang dapat dimanfaatkan yaitu Ultra Voucher. Chief Operating Officer & Co-Founder Ultra Voucher, Riky Boy Permata mengatakan sebagai perusahaan pelopor dan agregator voucer diskon digital terbesar di Indonesia, Ultra Voucher menghadirkan diskon hingga 40% di bulan Ramadan di berbagai merchant. “Kami sadar bahwa kebutuhan masyarakat meningkat di bulan Ramadan sedangkan harga pokok juga melonjak,” ujar Riky.

Saat ini Ultra Voucher telah bermitra dengan lebih dari 300 brand ternama dan lebih dari 40.000 outlet di seluruh Indonesia, di antaranya Carrefour, Indomaret, Alfamart, Sayurbox, dan masih banyak lagi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas Banyak Didukung

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan Presiden Jokowi mendapat dukungan dari Kadin dan Sinar Mas Group.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ekonom Apresiasi Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Pemerintah pada 2023

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada 2023.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

Komitmen aplikasi Majoo mewujudkan transformasi digital UMKM Indonesia diwujudkan dengan kolaborasi bersama BRI.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Adopsi kripto terus berkembang di Kerajaan Bahrain dan ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan lokal memfasilitasi pembayaran dalam kripto seperti Bitcoin.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Holding PTPN Bangun Pengolahan Kelapa Sawit Mini di Bogor

Rektor IPB, Prof Arif Satria, memberikan apresiasi kepada PTPN Group yang telah mendukung pembangunan unit Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Mini.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Plt Dirjen Imigrasi Ungkap Biaya Paspor dengan Masa Berlaku 10 Tahun

Plt Dirjen Imigrasi Ungkap Biaya Paspor dengan Masa Berlaku 10 Tahun

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings