Logo BeritaSatu

Ini Sepak Terjang Budi Waseso Selama 3 Tahun Pegang Bulog

Jumat, 7 Mei 2021 | 19:51 WIB
Oleh : Primus Dorimulu / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Selama tiga tahun sejak menjabat sebagai Direktur Utama Perum Bulog pada 27 April 2018, Budi Waseso telah memberikan beberapa perubahan, mulai dari digitalisasi hingga modernisasi gudang.

Pada tahun 2020, digitalisasi Bulog sudah dimulai dengan membuat marketplace e-commerce dengan nama iPanganandotcom (ipanganan.com). Situs iPanganandotcom adalah toko online bahan pokok yang merupakan kolaborasi antara Perum Bulog, StoreSend Indonesia, Shopee dan JNE.

Selain itu, Bulog juga berhasil menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) untuk jutaan penerima yang disalurkan langsung. Hal ini juga tercapai berkat digitalisasi sistem.

"Pada 2020 kita sudah mulai realisasi sistem belanja online, berjalan dengan baik. Untuk penyaluran bansos rastra juga. Kita lakukan di Jabodetabek Maret lalu untuk 1,4 juta KPM (keluarga penerima manfaat), dalam 2 minggu kita selesaikan. Kita dapat nama dari Kementerian Sosial, by name by address (sesuai nama dan alamat masing-masing). Kita sampaikan langsung ke yang bersangkutan," kata pria yang akrab disapa Buwas itu dalam wawancara untuk program "Sixty Minutes with Dirut Perum Bulog" yang akan ditayangkan di Beritasatu News Channel, Senin (10/5/2021) pukul 15.30-16.30 WIB.

"Demikian juga dengan penugasan bantuan rastra untuk seluruh Indonesia, 10 juta penerima. Kita lakukan sistem by name by address hingga Wamena, Papua," tambahnya.

Buwas mengatakan saat ini Bulog memproduksi hingga 100 macam beras dengan merek-merek berbeda sesuai dan dengan varietas asli Indonesia. "Kita bina petani, kita ambil, kita jual dengan harga yang tinggi," kata mantan Kepala Bareskrim Polri tersebut.

Buwas menjamin bulog menyajikan beras dengan kualitas yang terbaik untuk menjaga kepercayaan masyarakat. "Jika ada beras yang turun mutu kita sisihkan. Beras setiap empat bulan ada penurunan kualitas, tetapi sistem Bulog bisa menjamin beras bisa disimpan satu tahun lebih dan tidak ada perubahan kualitas."

Bulog saat ini juga sedang membangun gudang penyimpanan beras yang modern atau silo di sentra-sentra produksi beras. Tujuannya untuk menjaga kualitas dan mengurangi biaya penyimpanan. Bulog sudah mulai membangun fasilitas gudang modern tersebut di sentra-sentra produksi seperti di Karawang di Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Palembang, dan Nusa Tenggara Barat. Gudang-gudang ini akan dilengkapi silo, mesin penggilingan, dan dryer (pengering).

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional itu juga mengaku di era kepemimpinannya, Bulog tidak pernah mengimpor beras.

"Bulog masih simpan beras eks impor 400.000 ton dari 3 tahun lalu (sebelum Buwas menjabat). Kualitasnya sudah menurun tetapi masalahnya ada di taste. Pelajaran yang saya ambil, beras harus diimpor sesuai kebutuhan dan taste orang Indonesia," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

NEWS | 34 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings