Logo BeritaSatu

Kawasan Industri Halal Dorong Pembangunan Industri Tematik

Sabtu, 8 Mei 2021 | 06:54 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perindustrian (Kemperin) menyebut target pembangunan tiga kawasan industri halal dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pada 2020-2024 telah tercapai pada 2021. Hal ini momentum unttuk mendorong pembangunan kawasan industri tematik.

“Dalam 5 tahun akan ada tiga kawasan industri halal yang akan beroperasi, tahun ini sudah tercapai,” kata Direktur Perwilayahan Industri Kemperin Ignatius Warsito dalam diskusi diskusi "Pengembangan Kawasan Industri" secara virtual di Jakarta, Jumat (7/5/2021).

Ketiga kawasan industri halal tersebut yakni Modern Cikande Industrial Estate di Serang (Banten), Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo (Jawa Timur) serta kawasan industri halal Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan (Kepulauan Riau).

Menurut Warsito, rampungnya pembangunan kawasan industri halal menyusul keluarnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 17 Tahu 2020 tentang Tata Cara memperoleh Surat Keterangan dalam rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal. “Ini juga menjadi concern bahwa ini menjadi momentum yang baik untuk mendorong pembangunan kawasan industri tematik. Tujuannya memenangkan investasi,” ujar Warsito.

Di dalam kawasan industri halal, lanjut Warsito, juga dapat dikembangkan investasi halal terkait, di antaranya industri kosmetika, dan fesyen.

Diketahui, Kemperin mengembangkan potensi produk dan jasa industri halal di Tanah Air. Hal itu bertujuan memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Demi mengakselerasi pengembangan sektor riil ekonomi syariah atau yang dikenal dengan industri halal, Kemperin memandang perlu memperkuat seluruh rantai nilai industri halal (halal value chain) dari sektor hulu sampai hilir.

Di antaranya membangun kawasan industri halal dan halal hub di berbagai daerah sesuai keunggulan komparatif masing-masing daerah unggulan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Coinweb Perluas Ekspansi Bisnis ke Uni Emirat Arab

Coinweb melebarkan ekspansi bisnis dengan rencana untuk memasuki pasar Uni Emirat Arab (UEA) pada kuartal pertama tahun depan.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Ini Pemenang Sayembara Istana Wapres di IKN Nusantara

Hasil sayembara perancangan komplek Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusnatara telah menetapkan ada 3 pemenang, tanpa ada pemenang utama.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

PTPP Gaet LG CNS Kembangkan Proyek Smart City di IKN

PTPP menjalin kolaborasi dengan LG CNS Company Limited (LG CNS), untuk mengembangkan proyek smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Grab Bantah Klaim Yusuf Mansur Jabat Posisi Komisaris

Grab Indonesia membantah pernyataan Ustaz Yusuf Mansur yang mengatakan dirinya merupakan salah satu Dewan Komisaris Grab Holdings Limited.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Transaksi Kripto di Indonesia Menurun, Apa yang Terjadi?

Total nilai transaksi kripto pada Januari-Agustus 2022 tercatat sebesar Rp 249,3 triliun atau turun 56,35% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Kehadiran Bendungan Tapin Dongkrak Panen Petani Jadi 8 Ton

Bendungan Tapin selain berfungsi memperkuat ketahanan pangan dan mereduksi banjir, juga menjadi sumber air untuk pembangkit listrik serta obyek wisata.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Mungkinkah Oktober Jadi Bulan yang Baik untuk Pasar Kripto?

Pergerakan pasar kripto, terutama aset kripto berkapitalisasi besar seperti Bitcoin, kembali turun, membuat kalangan investor kripto sedikit muram.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Asuransi Aspan dan Pelni Kolaborasi Pengembangan Bisnis

Asuransi Aspan dan PT Pelni (Persero) menjalin kerja sama pemanfaatan jasa dan pengembangan potensi bisnis di antara kedua perusahan.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Tips Membuat Unit Apartemen Tampak Luas, Simak Langkahnya

Ukuran unit apartemen yang minimalis terkadang menjadi batu sandungan bagi mereka yang ingin membeli apartemen.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

OJK Optimistis Capai Target Inklusi Keuangan 90% di 2024

Friderica menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memasang target inklusi keuangan sebesar 90% di akhir 2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lawan Palestina, Timnas U-17 Indonesia Tak Rotasi 8 Pemain

Lawan Palestina, Timnas U-17 Indonesia Tak Rotasi 8 Pemain

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings