Logo BeritaSatu

Perkuat Sektor Non Distribusi, Zebra Nusantara Bidik Pertumbuhan Laba 30%

Sabtu, 8 Mei 2021 | 14:38 WIB
Oleh : Lona Olavia / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) akan mempercepat laju bisnis perusahaan setelah PT Dos Ni Roha (DNR) atau DNR Corporation masuk kedalam manajemen nantinya.

Bahkan, perseroan menargetkan pertumbuhan laba sebesar 30% pada tahun ini yang berasal dari sektor non distribusi seperti logistik dan teknologi informasi yang berada dibawah naungan DNR.

Presiden Direktur Zebra Nusantara Rudy Tanoesoedibjo menyebutkan, sepanjang tahun 2020, DNR mencetak laba komprehensif sekitar Rp 287 miliar dengan laba operasinya Rp 136 miliar lalu ekuitas Rp 1,06 miliar.

”Target naik 30% dari laba operasi, kontribusinya datang dari non distribusi, termasuk dari online,” katanya usai RUPST dan RUPSLB Perseroan, Jumat (7/5/2021).

Diketahui Zebra Nusantara mendapatkan notasi khusus (notasi E) dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI) karena memiliki ekuitas negatif. ”Setelah nantinya terkonsolidasi (DNR-ZBRA), maka sudah pasti Ekuitas ZBRA sudah tidak lagi negatif lagi,” imbuh dia.

Ditambahkannya, saat ini DNR yang nantinya akan dikelola oleh ZBRA memiliki aset yang cukup besar pada sektor distribusi. Meski demikian, tingkat profitabilitasnya belum optimal.

"Ini adalah sektor bisnis yang potensial jika kami masuk lebih cepat. Ini juga merupakan upaya kami dalam mengurangi biaya logistik di Indonesia yang kerap menjadi halangan. Apalagi, kami punya kekayaan di jaringan dan infrastruktur yang tersebar di seluruh Tanah Air, dari Aceh sampai Papua. Berbekal dengan itu, kami optimis akan menjadi perusahaan besar yang dapat menopang jaringan distribusi secara nasional serta bisnis logistik yang terintegrasi dalam satu perusahaan,” ungkapnya.

Kedepan, ZBRA, jelas Rudy ingin mengembangkan konsep bisnis integrated end-to-end supply chain solution lewat DNR bersama dengan unit usaha dibawahnya yaitu DNR Distribution, iStoreiSend Indonesia (SSI), MTG, DPORT, dan juga BIG.

"Melalui salah satu anak usaha yakni MTG, kami akan menyediakan layanan logistik yakni jasa pergudangan dan freight forwarding. Kemudian melalui Ipanganan.com, kami menyajikan serta melayani pengiriman berbagai kebutuhan sembako, ada lagi Digital Transportasi (DPORT) yang akan membantu jasa pengiriman supaya lebih efisien, dan masih banyak lagi bisnis perusahaan yang akan berkontribusi nantinyanya terhadap kinerja Zebra,” jelas dia.

Sementara itu, dalam RUPST dan RUPSLB diputuskan bahwa mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan ditunjuk menjadi Komisaris Utama dan Independen Zebra Nusantara.Selain itu pada dua kursi komisaris diisi oleh Julie Tanoesoedibjo dan Komjen Pol (Purn) Dwi Priyatno.

Sementara itu, posisi Presiden Direktur diisi oleh Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo atau Rudy Tanoe yang merupakan kakak Harry Tanoesoedibjo. Selanjutnya, Gary Tanoesoedibjo dan Paulus Lo melengkapi susunan direksi emiten yang sempat merambah di sektor taksi tersebut.

Selain itu, rapat kali ini juga membahas persetujuan atas rencana penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue kepada pemegang saham yang akan dilakukan oleh perseroan (PMHETD).

Untuk diketahui, dalam rights issue atau PMHETD II itu, PT Trinity Healthcare (THC), PT European Hospital Development (EHD), PT Jadegreen Equities (JGE), dan PT Holistic Ventures (HV) akan mengambil bagian atas saham baru Zebra Nusantara.

Sebelumnya, THC, EHD, JGE, dan HV merupakan pemegang saham PT Dos Ni Roha. Berdasarkan prospektus perusahaan, ZBRA akan melakukan rights issue dengan melepas 3,42 miliar saham baru dengan asumsi harga pelaksanaan Rp 406 per saham.

Oleh karena itu, perseroan akan mengantongi dana sekitar Rp 1,39 triliun. Sejumlah 77,7% dana dari rights issue digunakan untuk mengakuisisi 99% saham DNR Corporation senilai Rp 1,08 triliun.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa Eropa Turun, Sterling ke Level Terendah Bersejarah

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,4%, setelah sebelumnya jatuh lebih dari 0,8%.

EKONOMI | 27 September 2022

Hingga Agustus, Belanja Kompensasi dan Subsidi Rp 244,6 T

Kemenkeu mengungkapkan realisasi belanja kompensasi dan subsidi hingga akhir Agustus 2022 mencapai Rp 244,6 triliun.

EKONOMI | 27 September 2022

Harga Right Issue Garuda Indonesia Rp 50-Rp 150 Per Saham

Garuda Indonesia siap melepas sebanyak 225 miliar saham baru atau setara 871,44% dengan harga pelaksanaan antara Rp 50-Rp 150 per saham.

EKONOMI | 27 September 2022

Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Kompor Listrik Induksi

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah memasifkan uji coba kompor listrik.

EKONOMI | 26 September 2022

Karabha Digdaya Komitmen Fasilitasi Kemajuan Pelaku UMKM

PT Karabha Digdaya bersama-sama stakeholders meresmikan gerai UMKM di wilayah Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok.

EKONOMI | 26 September 2022

Green Pramuka City Optimistis Pemerintah Mampu Atasi Pandemi

Green Pramuka City turut merasakan pandemi Covid-19 telah membentuk suatu ketidakpastian dan mendorong turunnya indeks demand properti.

EKONOMI | 26 September 2022

Multifinance Bidik Peluang Pembiayaan Kendaraan Listrik

Inpres 7/2022 terkait Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, menjadi angin segar untuk industri multifinance.

EKONOMI | 26 September 2022

Anson Company dan Mayekawa Perkuat Bisnis Rantai Pendingin

Kerja sama strategis Anson Company dan Mayekawa selama 49 tahun pecahkan rekor pembelian produk dengan 29 unit kompresor rantai pendingin industri.

EKONOMI | 26 September 2022

Proshop Card, Strategi Daikin Perkuat Layanan Konsumen

Ketatnya persaingan bisnis AC di Indonesia memacu PT Daikin Airconditioning Indonesia untuk memperkenalkan Daikin Proshop Card.

EKONOMI | 26 September 2022

Konversi Kompor LPG ke Listrik Dinilai Bisa Sia-sia Jika...

Program konversi kompor LPG ke listrik dengan membagikan kompor induksi gratis tanpa melakukan penarikan tabung LPG 3 kg akan sia-sia.

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Eropa Turun, Sterling ke Level Terendah Bersejarah

Bursa Eropa Turun, Sterling ke Level Terendah Bersejarah

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings