Logo BeritaSatu

Industri Galangan di Batam Bangun Kapal Angkut Semen

Senin, 10 Mei 2021 | 15:54 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Galangan kapal nasional di Batam, Kepulauan Riau, PT Sumber Marine Shipyard membangun dua unit kapal angkut semen (PB Cement Carrier) berkapasitas 4.500 dead weight tonnage (DWT) pesanan perusahaan pelayaran nasional PT Andalas Bahtera Baruna. Pembangunan ini menunjukkan kemampuan galangan nasional dalam memenuhi kebutuhan kapal angkutan semen dalam negeri, khususnya berkapasitas di bawah 10.000 DWT sehingga mampu mengurangi ketergantungan impor.

Direktur PT Sumber Marine Shipyard Ronnie Kristanto menjelaskan perseroan membangun dua unit kapal cement carrier yakni MV Iriana berkapasitas 9.500 DWT dengan teknologi electric propulsion pertama yang dibangun di Indonesia, serta MV Camilla berkapasitas 9.000 DWT. "Kedua kapal yang dibangun adalah sister ship, spesifikasi kapal adalah panjang 98 meter, lebar 18,20 meter dan draf 4,80 meter," kata dia dalam keterangan tertulisnya Senin (10/5/2021).

Ronnie mengatakan kapal didesain dengan mengandalkan 100% sumber daya manusia (SDM) Indonesia dan dengan mempertimbangkan secara detail rencana dan kebutuhan operasi sesuai regulasi internasional dan pemerintah. pembangunan diharapkan rampung dalam 12 bulan hingga 15 bulan dengan menggunakan kandungan lokal sebesar-besarnya. “Seyogyanya kapal dengan tipe dan ukuran tertentu ini, dapat diprioritaskan pengadaannya pada galangan dalam negeri dan membatasi impor,” ujar Ronnie.

Pembangunan kedua kapal tersebut ditandai pelaksanaan keel laying di galangan di Batam, Senin (10/5). Keel laying dihadiri Direktur Perkapalan dan Kepalautan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub) Capt. Hermanta beserta Senior Manager PT Andalas Bahtera Baruna Capt Adrie S. Supit.

Dalam sambutannya Capt Hermanta menjelaskan Kementerian Perhubungan terus mendorong terciptanya kolaborasi antara perusahaan pelayaran nasional dan perusahaan galangan dalam rangka memperbesar kegiatan pembangunan kapal baru di dalam negeri. “Dengan cara ini, sektor maritim Indonesia dapat lebih cepat berkembang dan mendukung terwujudnya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” katanya.

Capt Hermanta menambahkan hingga saat ini, Indonesia masih memerlukan pasokan kapal dengan berbagai tipe dan ukuran. “Apalagi, sebagian kapal berbendera Merah Putih sudah waktunya untuk diremajakan sehingga kebutuhan akan kapal selalu meningkat dimana hal ini dapat dipenuhi dari dalam negeri," ujarnya.

Dia menjelaskan di tengah suasana pandemi Covid-19, pembangunan kapal angkut semen ini, memiliki makna yang berarti bagi Indonesia mengingat proyek menyerap tenaga kerja lokal tidak sedikit. “Pembangunan kapal ini akan menggunakan kandungan lokal yang sebesar-besarnya sehingga industri penunjangnya seperti pelat, kabel, lampu akan ikut menerima dampak positif,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas Banyak Didukung

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan Presiden Jokowi mendapat dukungan dari Kadin dan Sinar Mas Group.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ekonom Apresiasi Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Pemerintah pada 2023

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada 2023.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

Komitmen aplikasi Majoo mewujudkan transformasi digital UMKM Indonesia diwujudkan dengan kolaborasi bersama BRI.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Adopsi kripto terus berkembang di Kerajaan Bahrain dan ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan lokal memfasilitasi pembayaran dalam kripto seperti Bitcoin.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Holding PTPN Bangun Pengolahan Kelapa Sawit Mini di Bogor

Rektor IPB, Prof Arif Satria, memberikan apresiasi kepada PTPN Group yang telah mendukung pembangunan unit Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Mini.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Fintech</em> Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

EKONOMI | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings