Logo BeritaSatu

Modern Halal Valley Siap Jadi Epicentrum Industri Halal Dunia

Senin, 10 Mei 2021 | 23:09 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Serang, Beritasatu.com - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Modern Halal Valley seluas 500 hektare yang berlokasi di dalam kawasan industri ModernCikande Industrial Estate (MCIE), Serang, Banten, Senin (10/5/2021). Kawasan industri ini, dikembangkan PT Modern Industrial Estat yang merupakan anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk.

Kunjungan ini untuk melihat secara dekat progres pembangunan Modern Halal Valley yang telah dinyatakan sebagai kawasan halal pertama di Indonesia dan lolos verifikasi Kementerian Perindustrian (Kemperin) dan sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 17 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Surat Keterangan dalam Rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal.

"Pemerintah berkomitmen untuk mempercepat pembangunan kawasan industri halal di Indonesia, salah satunya Modern Halal Valley. Pemerintah juga mendorong industri besar dan industri kecil menengah bersinergi dengan baik di Modern Halal Valley. Salah satunya dengan menyiapkan platform e-commerce untuk ekosistem yang terbentuk di Modern Halal Valley bekerjasama dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI),” ujar Menperin.

Managing Director Industrial PT Modernland Realty Tbk yang juga Direktur Utama PT Modern Industrial Estat, Pascall Wilson, mengatakan, perseroan berkomitmen menjadikan Modern Halal Valley sebagai halal hub global yang akan mengedepankan integrasi rantai pasok.

Rencananya, pembangunan Modern Halal Valley akan berjalan dalam waktu lima tahun yang terbagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama 150 hektare (ha), kedua 150 ha, dan ketiga 200 ha. Untuk menjangkau pasar global, Modern Halal Valley telah menjangkau jaringan kawasan industri halal internasional seperti Cordoba Halal Park Spanyol, Johor Iskandar Halal Park, dan Penang International Halal Hub.

"Pengembangan kawasan industri halal masih memerlukan intervensi pemerintah dalam hal pemberian insentif khusus produk halal dan penyederhanaan proses sistem sertifikasi. Apalagi, kawasan industri halal berpotensi mengembangkan produk IKM yang berorientasi ekspor,” ujarnya.

Pascall Woptimis jika kawasan Modern Halal Valley akan menjadi epicentrum global bagi industri halal dunia. Hal ini tentunya sesuai dengan harapan Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia.

"Di Indonesia, industri halal belum diterapkan secara maksimal. Padahal Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar untuk produk halal dunia. Ironisnya, Indonesia sendiri masih berada di peringkat 5 besar dalam pasar industri halal dunia, dimana, posisi pertama masih dipegang oleh Malaysia yang sekarang ini sedang mengembangkan industri halalnya secara masif," tegasnya.

Lebih lanjut, Pascall Wilson mengatakan, kondisi tersebut yang menjadi latar belakang pihaknya dalam mengembangkan klaster industri halal pertama di Indonesia bernama Modern Halal Valley di dalam kawasan ModernCikande Industrial Estate (MICE).

"Melalui Modern Halal Valley, ModernCikande siap memfasilitasi investor industri halal baik itu lokal maupun mancanegara yang ingin berinvestasi dan mengembangkan produk-produk bersertifikasi halal di Indonesia," tegasnya.

Karena itu, Pascall Wilson berharap, ke depannya semakin banyak lagi kawasan industri halal yang tumbuh dan berkembang di Indonesia seperti halnya Modern Halal Valley.

"Dengan demikian, upaya untuk dapat menarik perhatian para investor asing ke tanah air sekaligus rencana meningkatkan produksi produk halal di dalam negeri dapat segera terealisasi," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Dorong Pemerintah Optimalkan Peran 8 Juta Diaspora

Ketua VII Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan, besarnya jumlah diaspora harus dioptimalkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 24 September 2022

Citi Dinobatkan sebagai Bank Manajemen Kas Global Terbaik

Citi Global Instant Payments menyediakan konektivitas ke lebih dari 30 skema pembayaran instan, menjangkau lebih dari 60 negara pada kuartal II-2022.

EKONOMI | 24 September 2022

Jaga Stabilitas Harga, NFA Perkuat Distribusi Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menegaskan, pemerataan distribusi pangan menjadi faktor penentu stabilitas harga dan pasokan.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings