Logo BeritaSatu

Startup Jadi Pilihan Karier Milenial dan Generasi Z

Senin, 10 Mei 2021 | 23:28 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Bekerja di perusahaan rintisan atau startup kini menjadi pilihan karier bagi mahasiswa tingkat akhir atau yang baru lulus kuliah.

Startup, yang dapat diartikan sebagai perusahaan modern yang melibatkan teknologi dan inovasi, dinilai cocok dengan karakteristik milenial dan generasi Z yang melek teknologi alias tech savvy. Startup bahkan dianggap sebagai tempat kerja yang bebas, seru sekaligus menantang.

Namun, seperti apa sebenarnya kultur di dunia startup? Pertanyaan ini dijawab oleh Prisca Niken, Senior Public Relation Manager di Qoala, startup yang bergerak di bidang teknologi asuransi atau insurance technology (insurtech).

Menurut Niken, startup menawarkan kesempatan besar untuk mengeksplorasi kualitas diri. Startup membuat seseorang menjadi lebih mandiri dalam mengelola pekerjaan. Pasalnya, tanggung jawab pekerjaan terletak di diri masing-masing individu, bukan pada diri atasan saja. Hal ini justru harus disikapi positif, karena kualitas diri karyawan akan berkembang sekaligus memberikan dampak yang besar bagi perusahaan.

"Ada banyak tanggung jawab yang cukup besar yang diberikan perusahaan ke kita. Startup memang merekrut kita karena skill yang kita punya, tapi ketika sudah masuk di dunia startup, kita dituntut lebih kreatif dan memiliki inisiatif. Kita dituntut untuk berlari cepat mengikuti inovasi yang dilakukan oleh perusahaan demi meraih tujuan yang dipatok perusahaan sejak awal," ujar Niken, Senin (10/5/2021).

Niken menambahkan, bekerja di startup mampu meningkatkan karier seseorang secara lebih cepat. Startup menyediakan ruang seluas-luasnya untuk berkreativitas, menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan mengedepankan kenyamanan dalam bekerja. Lingkungan kerja di startup juga sangat suportif, karena diisi oleh orang-orang yang memiliki semangat kerja yang sama.

"Hal ini saya temui di Qoala. Kultur Qoala yang mengedepankan antusiasme dan kedinamisan. Di Qoala, karyawan dituntut untuk mengambil inisiatif untuk melakukan hal-hal yang benar bagi diri sendiri dan perusahaan. Qoala juga mengajarkan untuk menikmati setiap proses dan menjunjung tinggi integritas," ujarnya.

Wanita kelahiran Surabaya, 9 Maret 1988 ini menambahkan, karyawan yang bekerja di startup dituntut untuk bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan. Karena itu, penting untuk membekali diri dengan pengetahuan tambahan yang akhirnya bisa membantu karyawan dalam bekerja.

"Generasi milenial dan generasi Z dianggap punya ide brilian, punya kekuatan lebih dibanding generasi sebelumnya. Apabila ingin bekerja di startup, bekali diri dengan benar. Jangan pernah bosan untuk ikut pelatihan-pelatihan yang bisa mengembangkan soft skill. Percayalah, startup bisa menjadi tempat yang akan membekali kita menjadi calon entrepreneur tangguh," tutup Niken.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings