Logo BeritaSatu

Pelindo IV Jamin Bongkar Muat Berjalan Normal Saat Libur Lebaran

Jumat, 14 Mei 2021 | 19:27 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Makassar, Beritasatu.com - Pelindo IV menjamin layanan bongkar muat di semua pelabuhan pada masa libur lebaran tetap berjalan normal. "Selama masa libur Hari Raya Idulfitri 1442 H, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menjamin pelayanan operasional utamanya bongkar muat barang di semua pelabuhan kelolaan tetap berjalan dengan normal," kata Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto di Makassar, Jumat (14/5/2021).

Dia mengatakan sebagai bagian dari mata rantai logistik, pihaknya memastikan arus keluar masuk barang di semua pelabuhan yang dikelola tidak akan terganggu selama libur Lebaran tahun ini.

Karena itu, lanjut dia, semuanya sudah diantisipasi, sehingga kegiatan operasional di lapangan tidak akan terpengaruh pada masa libur lebaran, karena operasional di hampir semua pelabuhan yang dikelola Pelindo IV sudah memadukan aktivitas tenaga manusia dengan perangkat digital.

Dia menjelaskan, peningkatan transformasi digital yang dilakukan Pelindo IV selama era normal baru telah menghadirkan sistem aplikasi berbasis Information Technology, VessP4 PLUS, yang tentunya juga memudahkan bagi pengguna jasa.

VessP4 ini digunakan untuk mengelola kegiatan pelayanan kapal di lingkungan Perseroan. Sedangkan PLUS adalah sebuah sistem aplikasi yang dibuat untuk mengelola kegiatan pelayanan bongkar muat dan aneka usaha di lingkungan Pelindo IV.

Sistem aplikasi ini terintegrasi yaitu InaPortnet, VessP4, IBS Pelindo IV dan SAP. Sementara PLUS integrasinya dengan VessP4 dan IBS Pelindo IV.

Sejauh ini, lanjut Toto, cabang di wilayah Kalimantan yang sudah menggunakan aplikasi VessP4 yaitu Cabang Samarinda, Tanjung Redeb, Bontang, Strategic Business Unit (SBU) Marine Unit Bontang, SBU Marine Unit Sangkulirang dan SBU Marine Unit Grogot.

Di wilayah Sulawesi yakni Cabang Manado, Kendari, Pantoloan, Gorontalo dan SBU Marine Unit Luwuk. Sedangkan di wilayah Maluku, yaitu Cabang Ternate dan di wilayah Papua, yakni Cabang Jayapura dan Biak.

Sedangkan cabang yang telah menggunakan PLUS, yaitu Cabang Pantoloan, Gorontalo dan Cabang Biak.

Dalam sistem aplikasi VessP4 terdapat beberapa fitur di antaranya real time, di mana pencatatan realisasi pelayanan kapal dilakukan secara real time. Juga online user registration, yaitu pengguna VessP4 dapat melakukan registrarsi di mana saja secara online. Juga digital document, yaitu digitalisasi dokumen pelayanan dan terarsip secara elektronik.

VessP4 juga telah dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk petugas pandu, sehingga realisasi pelayanan kapal langsung terkirim ke pengguna jasa sesaat setelah kegiatan pelayanan selesai dilaksanakan.

Aplikasi ini juga anytime dan anywhere. Artinya, permohonan pelayanan kapal dapat dilakukan kapanpun dan di manapun.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PTPP Gaet LG CNS Kembangkan Proyek Smart City di IKN

PTPP menjalin kolaborasi dengan LG CNS Company Limited (LG CNS), untuk mengembangkan proyek smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Grab Bantah Klaim Yusuf Mansur Jabat Posisi Komisaris

Grab Indonesia membantah pernyataan Ustaz Yusuf Mansur yang mengatakan dirinya merupakan salah satu Dewan Komisaris Grab Holdings Limited.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Transaksi Kripto di Indonesia Menurun, Apa yang Terjadi?

Total nilai transaksi kripto pada Januari-Agustus 2022 tercatat sebesar Rp 249,3 triliun atau turun 56,35% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Kehadiran Bendungan Tapin Dongkrak Panen Petani Jadi 8 Ton

Bendungan Tapin selain berfungsi memperkuat ketahanan pangan dan mereduksi banjir, juga menjadi sumber air untuk pembangkit listrik serta obyek wisata.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Mungkinkah Oktober Jadi Bulan yang Baik untuk Pasar Kripto?

Pergerakan pasar kripto, terutama aset kripto berkapitalisasi besar seperti Bitcoin, kembali turun, membuat kalangan investor kripto sedikit muram.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Asuransi Aspan dan Pelni Kolaborasi Pengembangan Bisnis

Asuransi Aspan dan PT Pelni (Persero) menjalin kerja sama pemanfaatan jasa dan pengembangan potensi bisnis di antara kedua perusahan.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Tips Membuat Unit Apartemen Tampak Luas, Simak Langkahnya

Ukuran unit apartemen yang minimalis terkadang menjadi batu sandungan bagi mereka yang ingin membeli apartemen.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

OJK Optimistis Capai Target Inklusi Keuangan 90% di 2024

Friderica menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memasang target inklusi keuangan sebesar 90% di akhir 2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Ingatkan Dewan Direksi BPJS TK Hati-hati Kelola Dana

Presiden Jokowi mengingatkan Dewan Direksi BPJS Ketenagakerjaan untuk berhati-hati dalam mengelola dana.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

PTBA Bangun PLTS Irigasi Sawah di Lampung Tengah

PTBA memulai pembangunan PLTS berkapasitas 42 kWp yang akan menyuplai listrik untuk 2 pompa irigasi yang mengairi sawah seluas 150 hektar.

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Lukas Enembe, Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi

Kasus Lukas Enembe, Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings