Logo BeritaSatu

Pelindo IV Jamin Bongkar Muat Berjalan Normal Saat Libur Lebaran

Jumat, 14 Mei 2021 | 19:27 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Makassar, Beritasatu.com - Pelindo IV menjamin layanan bongkar muat di semua pelabuhan pada masa libur lebaran tetap berjalan normal. "Selama masa libur Hari Raya Idulfitri 1442 H, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menjamin pelayanan operasional utamanya bongkar muat barang di semua pelabuhan kelolaan tetap berjalan dengan normal," kata Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto di Makassar, Jumat (14/5/2021).

Dia mengatakan sebagai bagian dari mata rantai logistik, pihaknya memastikan arus keluar masuk barang di semua pelabuhan yang dikelola tidak akan terganggu selama libur Lebaran tahun ini.

Advertisement

Karena itu, lanjut dia, semuanya sudah diantisipasi, sehingga kegiatan operasional di lapangan tidak akan terpengaruh pada masa libur lebaran, karena operasional di hampir semua pelabuhan yang dikelola Pelindo IV sudah memadukan aktivitas tenaga manusia dengan perangkat digital.

Dia menjelaskan, peningkatan transformasi digital yang dilakukan Pelindo IV selama era normal baru telah menghadirkan sistem aplikasi berbasis Information Technology, VessP4 PLUS, yang tentunya juga memudahkan bagi pengguna jasa.

VessP4 ini digunakan untuk mengelola kegiatan pelayanan kapal di lingkungan Perseroan. Sedangkan PLUS adalah sebuah sistem aplikasi yang dibuat untuk mengelola kegiatan pelayanan bongkar muat dan aneka usaha di lingkungan Pelindo IV.

Sistem aplikasi ini terintegrasi yaitu InaPortnet, VessP4, IBS Pelindo IV dan SAP. Sementara PLUS integrasinya dengan VessP4 dan IBS Pelindo IV.

Sejauh ini, lanjut Toto, cabang di wilayah Kalimantan yang sudah menggunakan aplikasi VessP4 yaitu Cabang Samarinda, Tanjung Redeb, Bontang, Strategic Business Unit (SBU) Marine Unit Bontang, SBU Marine Unit Sangkulirang dan SBU Marine Unit Grogot.

Di wilayah Sulawesi yakni Cabang Manado, Kendari, Pantoloan, Gorontalo dan SBU Marine Unit Luwuk. Sedangkan di wilayah Maluku, yaitu Cabang Ternate dan di wilayah Papua, yakni Cabang Jayapura dan Biak.

Sedangkan cabang yang telah menggunakan PLUS, yaitu Cabang Pantoloan, Gorontalo dan Cabang Biak.

Dalam sistem aplikasi VessP4 terdapat beberapa fitur di antaranya real time, di mana pencatatan realisasi pelayanan kapal dilakukan secara real time. Juga online user registration, yaitu pengguna VessP4 dapat melakukan registrarsi di mana saja secara online. Juga digital document, yaitu digitalisasi dokumen pelayanan dan terarsip secara elektronik.

VessP4 juga telah dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk petugas pandu, sehingga realisasi pelayanan kapal langsung terkirim ke pengguna jasa sesaat setelah kegiatan pelayanan selesai dilaksanakan.

Aplikasi ini juga anytime dan anywhere. Artinya, permohonan pelayanan kapal dapat dilakukan kapanpun dan di manapun.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Simak, Tips Main Aman Investasi Kripto

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif di sepanjang Januari 2023 ini, setelah sempat turun beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita Langka, Mendag Janji Perbaiki Jalur Distribusi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berjanji akan memperbaiki sistem distribusi sehingga Minyakita tidak mahal.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mendag: Minyakita Tak Stop Produksi, tetapi Laris di Pasar

Zulkifli Hasan menepis isu yang beredar soal kelangkaan pasokan dan berhentinya minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Volatilitas Tinggi, Dana Kelolaan Ashmore AM Merosot 5%

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) mencatat dana kelolaan investasi (asset under management/AUM) turun 5%.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Ayooservis Tawarkan Perbaikan Produk Teknologi Informasi

Ayooservis bagian dari Airmas Group menyasar pelanggan pemerintah dan korporasi untuk jasa perbaikan produk teknologi informasi

EKONOMI | 28 Januari 2023

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita yang dirilis pemerintah beberapa waktu lalu kian langka di Purwakarta.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Percepat Pemulihan Ekonomi, SBN Ritel Pilihan Tepat saat Suku Bunga Naik

Surat Berharga Negara (SBN) Ritel menjadi pilihan tepat investasi saat suku bunga terus menaik atau menanjak seperti sekarang.

EKONOMI | 28 Januari 2023

BEI Akan Rilis Papan Pemantauan Khusus Saham Tidak Likuid

BEI segera meluncurkan papan pemantauan khusus khusus hybrid untuk saham-saham tidak likuid dengan metode periodik call auction.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cek Harga Kebutuhan Pokok, Mendag Zulkifli Hasan Traktir Warga Berbelanja

Mendag Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KebakaranSwalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

KebakaranSwalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE