Logo BeritaSatu

Hutama Karya Siapkan 2 Rest Area di Tol Bakauheni untuk Periksa Dokumen Kesehatan

Sabtu, 15 Mei 2021 | 12:33 WIB
Oleh : LES

Bandarlampung, Beritasatu.com - PT Hutama Karya (HK) ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar menyiapkan dua rest area untuk pemeriksaan dokumen kesehatan oleh petugas kesehatan.

"Kami hanya menyediakan tempatnya saja di rest area Km 87 B dan Km 20 B. Sedangkan untuk penyediaan rapid testantigen disiapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung," kata Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Sabtu (15/5/2021).

Menurutnya, dengan adanya pengetatan pada arus balik mudik Idulfitri 1442 Hijriah tahun 2021 dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa yang melewati Provinsi Lampung akan dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan dokter Polda Lampung di rest area Km 87 B dan Rest Area Km 20 B.

Ia mengatakan, kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan wajib membawa dokumen sesuai surat edaran (SE) dari satgas Covid-19 yaitu Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), surat tugas bagi ASN, TNI-Polri, dan surat keterangan hasil rapid test Covid-19 yang berlaku 1x24 jam.

Hanung menjelaskan, pemeriksaan dokumen kesehatan di dalam area tol rencananya mulai hari Sabtu, 15 Mei 2021 sampai dengan selesai.

"Kami hanya menyiapkan prasarananya. Keputusan jam berapa akan dimulai, polda yang memutuskan. Seluruh alat pemeriksaan antigen disediakan oleh dinas kesehatan, kami menyediakan rest area sebagai tempatnya," katanya.

Dia menjelaskan, bagi mereka yang tidak punya dokumen kesehatan akan dilakukan tes di tempat atau pos pemeriksaan.

"Seluruh kendaraan dimasukkan ke rest area, lalu ditanya dokumen kesehatannya, jika ada, dikasih stiker dan lolos. Jika tidak, akan diperiksa di tempat.

Jika ketahuan positif akan dikarantina ke rumah sakit," ujarnya pula.

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno sebelumnya mengatakan ada tiga pos pengetatan pemeriksaan di Provinsi Lampung pada arus balik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa.

"Pengetatan pemeriksaan di tiga pos itu yakni di tol rest area KM 172 B, rest area KM 87 B dan rest area KM 20 B dan di Jalan Soekarno-Hatta," katanya pada rapat koordinasi terbatas dengan instansi terkait dalam rangka kesiapan pencegahan penyebaran Covid-19 pada arus balik Idulfitri 1442 Hijriah, di Bandarlampung, Jumat (14/5/2021).

Hendro menjelaskan kegiatan pengetatan arus mudik Lebaran akan berlangsung Sabtu.

Ia mengatakan, kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan wajib melengkapi dokumen sesuai surat edaran (SE) dari Satgas Covid-19 yaitu Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), surat tugas bagi ASN, TNI-Polri, karyawan perusahaan/BUMN dan surat keterangan resmi hasil rapid test Covid-19 yang berlaku 1x24 jam.

Menurutnya, apabila tidak dilengkapi surat keterangan resmi hasil rapid test maka akan dilaksanakan rapid test antigen di lokasi pos pemeriksaan, bila hasilnya positif, satgas penanganan Covid-19 akan membawa ke rumah sakit rujukan.

Hendro dalam kesempatan itu, mengingatkan kapolres dan dandim agar menindaklanjuti dan mengecek pos-pos di wilayahnya.

Kapolda juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan operasi kemanusiaan, operasi bersifat simpatik maka jauhkan tindakan-tindakan kesewenang-wenangan di lapangan oleh personel yang terlibat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa AS Turun karena Suku Bunga Setelah Laporan Pekerjaan

Bursa AS Wall Street jatuh pada Jumat (7/10/2022) karena para trader merespons laporan pekerjaan September.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa berakhir turun 1,1%, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Gandeng Influencer, Hermesien Closet Perluas Jangkauan Market Digital

Hermesien Closet memperluas jangkauan market digital dengan menggandeng influencer. Hal itu seiring dengan majunya era digital.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Kemenhub Tetapkan BPLJSKB sebagai Badan Layanan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) sebagai Badan Layanan Umum (BLU).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dolan-dolan, Cara Springhill Group Bangkitkan Semangat Kerja

Perusahaan pengembang properti, Springhill Group bersiap kembali bangkit untuk melanjutkan berbagai aktivitas bisnis.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Airlangga: Delapan Investor Tanamkan Investasi Pusat Data di Batam

Airlangga Hartarto mengatakan, sudah lebih dari delapan investor yang berinvestasi dalam pengembangan pembangunan pusat data di Batam.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi UMKM Bali yang Menembus Pasar Luar Negeri

Presiden Jokowi mengapresiasi UMKM Bali yang dapat menembus pasar luar negeri usai membuka Konferensi ke-3 WCCE Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Emil Dardak Terpilih sebagai Presiden EAROPH 2022-2024

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak dipercaya sebagai Presiden Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) periode 2022-2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi Pengembangan Industri Bioteknologi

Presiden Jokowi mengapresiasi pengembangan industri bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di tanah air.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Lintasarta dan PPA Dukung Artajasa untuk Perkuat Layanan Transaksi Digital

Lintasarta melakukan kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mendukung Artajasa untuk memperkuat layanan transaksi digital

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

BOLA | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings