Logo BeritaSatu

Airlangga Yakin Ekonomi di Kuartal II Tumbuh 7%

Minggu, 16 Mei 2021 | 12:17 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Pemerintah optimistis pemulihan ekonomi nasional akan terus berlanjut dan tren pertumbuhan juga menunjukkan kenaikan hingga kuartal II 2021. Optimisme itu diungkapkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet, pada Minggu (16/5/2021).

“Perekonomian kita tumbuh V-curve. Kita berharap bahwa pertumbuhan ekonomi di kuartal II akan masuk ke jalur positif dan diperkirakan bisa mencapai 7%,” kata Airlangga.

Ia mengatakan, pemulihan ekonomi nasional tercermin pada sejumlah indikator, di antaranya purchasing manager index (PMI) Manufaktur dan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). “PMI sudah mencapai 54,6. Indeks Keyakinan Konsumen juga sudah mendekati ke angka normal, indeksnya di angka 90-an menuju 100,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, perkembangan ekspor dan impor yang sudah mulai kembali normal, termasuk belanja pemerintah yang telah berada di jalur positif. “Beberapa sektor, apakah itu informasi dan komunikasi, jasa kesehatan, kemudian pertanian, dan sektor properti maupun industri dengan adanya pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM) (ditanggung pemerintah) dan PPN ditanggung pemerintah ini sudah ke arah yang positif dan terjadi kenaikan yang cukup tinggi,” katanya.

Menurut Airlangga, indikator positif lainnya adalah Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) pada kuartal I 2021 juga hanya terkontraksi minus 0,23%. “Kita melihat bahwa PMTB kita sudah masuk mendekati nol atau minus 0,23%, ekspornya 6,74%, bahkan ini lebih tinggi dari pra-Covid-19. Demikian pula dengan impor barang modal dan barang konsumsi 5,27%,” kata Airlangga.

Diterangkan Airlangga, pertumbuhan ekonomi secara spasial juga telah mengalami perbaikan sejalan dengan membaiknya perekonomian domestik. Pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera telah mendekati arah positif yaitu minus 0,86%, Pulau Jawa minus 0,83%, dan Pulau Kalimantan minus 2,23%. Sementara itu, di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang positif, yaitu pertumbuhan ekonomi di Pulau Sulawesi sebesar 1,2%, Maluku dan Papua 8,97%. “Tentunya, ini didorong oleh harga-harga komoditas baik itu sawit, karet, nikel, copper, dan batu bara,” kata Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, DPR: Kompetisi Sepak Bola Jangan Hanya Pentingkan Bisnis

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Kompetisi Sepak Bola Jangan Hanya Pentingkan Bisnis

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings