Logo BeritaSatu

Tren Cashless Makin Populer, Pentingnya Pelaku Usaha Sediakan QRIS

Kamis, 20 Mei 2021 | 10:28 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Seiring dengan berkembangnya teknologi, inovasi metode pembayaran berupa dompet digital hingga scan QR mulai bermunculan. Masyarakat pun dengan cepat beralih ke metode pembayaran non tunai (cashless) ini lantaran lebih praktis. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, transaksi non tunai menjadi primadona karena alasan higienitas.

Menariknya lagi, seseorang bahkan bisa memiliki lebih dari dua dompet digital (e-wallet). Hal ini berdasarkan hasil riset perusahaan teknologi Youtap Indonesia. Beberapa waktu lalu, Youtap menggelar survei daring untuk melihat metode pembayaran pilihan konsumen untuk berbelanja kebutuhan Ramadan yang diikuti oleh 1.980 responden.

“Dari penelitian internal serta hasil survei yang kami lakukan, terlihat lebih banyak responden yang memiliki dompet digital dibandingkan memiliki rekening bank. Satu responden bahkan bisa mempunyai lebih dari dua dompet digital yang ter-install di handphone-nya namun hanya memiliki satu mobile banking,” kata Herman Suharto selaku CEO Youtap Indonesia.

Youtap memperkirakan tren ini mungkin disebabkan kemudahan registrasi untuk membuka akun dompet digital. Sebagaimana diketahui, pendaftaran dompet digital bisa langsung dilakukan dari handphone. Data-data pribadi yang dibutuhkan juga umumnya berupa nomor telepon dan e-mail.

Lebih lanjut, survei yang sama menunjukkan 47% responden memilih untuk menggunakan dompet digital atau QRIS meskipun terdapat berbagai jenis pilihan metode pembayaran lainnya. Sementara itu, hanya 14% memilih untuk menggunakan kartu debit.

Maraknya tren cashless ini mengharuskan pelaku usaha untuk melayani berbagai metode pembayaran, khususnya non tunai. Apalagi saat ini banyak dompet digital maupun m-banking yang tersedia di pasaran. Memastikan kenyamanan berbelanja juga menjadi salah satu cara bagi pelaku usaha untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Dalam hal ini, pelaku usaha dapat menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Hanya dengan satu kode QR saja, pelaku usaha dapat menerima berbagai jenis pembayaran cashless. Transaksi akan berlangsung lebih cepat, aman, dan nyaman.

“Penting bagi para pemilik usaha untuk dapat menyediakan semua jenis metode pembayaran yang dapat memfasilitasi kebutuhan pembeli,” kata Herman.

Diketahui Youtap menyediakan layanan pembayaran dengan fasilitas QRIS, sehingga para pelaku usaha dapat memberikan pilihan metode pembayaran beragam bagi konsumen mereka. Dengan QRIS yang difasilitasi oleh Youtap, pelaku usaha dapat melayani berbagai metode pembayaran e-wallet dan mobile banking, termasuk Link Aja, Shopee Pay, OVO, GoPay, BCA Mobile, DANA, Mandiri Online, Permata Mobile X, Octo Mobile. Semuanya cukup dengan satu kode QR.

Selain layanan kasir dan laporan keuangan, Youtap menyediakan berbagai solusi digital bagi pelaku usaha untuk mengelola usahanya lewat Aplikasi Usaha Youtap dan Tablet Usaha Youtap, dengan fitur-fitur lengkap lainnya untuk membantu kebutuhan usaha. Semua solusi tersebut terintegrasi dengan Portal Usaha Youtap, portal khusus dengan tampilan yang lebih profesional sehingga membantu para pemilik usaha lebih mudah menangkap peluang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Identitas Korban Tewas dan Luka MTsN 19 Jakarta

Ada tiga korban meninggal dan tiga korban luka-luka pada insiden robohnya tembok pembatas MTsN 19 Jakarta.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Indonesia-Jepang Perkuat Ekosistem Startup Indonesia

Japan Indonesia Innovation Meetup 2022 akan mempertemukan perusahaan rintisan Jepang dan Indonesia guna memperkuat ekosistem startup.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Data Pekerjaan AS Jadi Fokus Investor, Harga Emas Melemah

Harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi US$ 1.714,29 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS datar (flat) di US$ 1.720,8.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Harga Minyak Naik karena Pemotongan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 69 sen, atau 0,8% menjadi US$ 88,45 barel, setelah ditutup naik 1,4% pada Rabu.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jayamas Medica Lepas 15% Saham ke Publik, Cek Jadwalnya

PT Jayamas Medica Industri Tbk (OneMed), pemimpin pasar alat kesehatan Indonesia akan melaksanakan penawaran umum saham perdana (IPO).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dow Jones Hilang 350 Poin, Investor Tunggu Data Pekerjaan

Dow Jones Industrial Average turun 346,93 poin, atau 1,15%, menjadi 29.926,94 dan S&P 500 kehilangan 1,02% menjadi 3.744,52.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Bursa Eropa Melemah karena Gagal Manfaatkan Momentum Positif

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,5% Kamis setelah sebelumnya sempat naik lebih 0,8%.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Selain Anies, Wagub DKI Kunjungi Korban Tembok Roboh MTsN 19

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengunjungi rumah duka korban runtuhnya tembok pembatas di sekitar Gedung MTsN 19 Jakarta Kamis malam.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Hey Coco Ajak Pelanggan Jadi Mitra

Hey Coco, produsen air minum dengan bahan dasar air kelapa dari Thailand, mengajak pelanggan menjadi mitra bisnis.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit usaha rakyat (KUR) diharapkan menyentuh petani kecil. Pasalnya, selama ini KUR dinilai tidak menyentuh petani kecil.

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden Ampuni Warga AS yang Dihukum karena Miliki Ganja Jumlah Kecil

Biden Ampuni Warga AS yang Dihukum karena Miliki Ganja Jumlah Kecil

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings